Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Games Edukatif Dijamin Tak Akan Membosankan

Sekarang ini kamu pasti sering sekali melihat anak-anak atau mungkin anakmu sendiri main HP terus? Tak bisa dimungkiri kalau ada sedikit kekhawatiran anak-anak itu cuma dapat dampak buruk dari main gadget seperti kecanduan games atau sejenisnya.

Nah, ketimbang kita larang-larang si anak buat main games, mengapa tidak kita kasih saja games yang edukatif? Selain menyenangkan, games edukatif juga bisa meningkatkan keterampilan berpikir anak, dan memunculkan rasa senang belajar pada anak kita. 

games edukatif
Tangkapan layar dari situs web Mortgage Calculator
Games Build and Protect
Sumber foto: dokumentasi pribadi


Games Edukatif Menarik

Ngomong-ngomong tentang games edukasi, aku punya rekomendasi nih. Games yang bisa ngajarin kecerdasan finansial anak dengan cara yang asyik banget! Pasti penasaran kan, langsung aja nih!

Namanya Mortgage calculator: Money Games!

Dari namanya aja udah bikin kita excited, ya nggak? Jadi, Mortgage calculator: money games itu yang gimana sih?

Buat yang belum tahu, Mortgage itu kalkulator pinjaman jangka panjang baik benda tidak bergerak seperti bangunan ataupun kendaraan. Sekarang mereka juga menyediakan money games buat anak-anak di website milik mereka. Pssst, games ini tak ada hubungannya dengan perjudian ya atau segala bentuk judi online yang berkedok games.

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, permainan daring milik Money Games juga membuat anak-anak lebih peduli akan pentingnya pengetahuan keuangan untuk masa depan sejak mereka masih kecil. Game-nya dijamin tidak bikin bosan deh soalnya banyak karakter kartun populer di banyak gim daring milik mereka.

Seperti Powerpuff girls, The Amazing World of Gumball, The Loud house, Build and Protect, dan masih banyak lagi. Wah, anak-anak pasti tahu dong itu kartun apa aja. Di samping kartun-kartun lucu yang menjadi daya tariknya, warna-warni tampilan game yang dimiliki Money Games juga bikin gamenya menarik banget dan tak sabar untuk memainkannya! 

Berikut ini permainan daring favorit rekomendasi aku dan keluargaku mainkan dan ini merupakan ulasan jujur ya. Sangat seru!

1. The Powerpuff Girls Panic In Townsville

Asyik, kamu harus pintar mainnya karena mesti cekatan menghancurkan meteor biasa atau esnya. Kamu juga harus mengambilkan acar buat walikota. Di sini juga ada tanda panah yang menunjukkan arah masalah (kayak WiFi, acar, meteor, dan lain-lain). 

Mortgage Calculator Money Games Powerpuff Girls


Games edukatif dari Mortgage Calculator
Ririn sedang asyik memainkan games Powerpuff Girls

Kenapa harus cekatan mainnya? Karena makin lama, meteornya bisa makin banyak, kalau dibiarkan maka perlahan-lahan meteornya bisa merusak gedung. Nah, Kalau gedungnya rusak semua kita bisa kalah! Sangat seru, karena game ini memacu adrenalin dan melatih ketangkasan kita. Walaupun begitu, game ini tetap opsi paling oke di saat senggang. Kerjakan dulu PR-mu ya, begitu nasihat saya pada anak.

Waktunya cukup yang singkat, kamu bisa latihan menghemat waktu. Grafis yang ditawarkan juga menarik, penuh warna persis di tayangan televisi seri kartun "Powerpuff Girls" -nya. Jadi cocok banget buat dimainkan anak-anak.

Cara memainkannya:

- Untuk meteor biasa, tekan lama agar mengeluarkan laser dari mata. Tunggu sampe meteor itu hancur sendiri (biasanya cuma memakan waktu 1-3 detik saja).

- Cara menggerakkan karakter adalah menggerakkan kursor ke arah yang ingin dituju.

- Untuk meteor es, tekan berkali-kali untuk memukul.

- Kalo ada acar, gerakkan karakter ke arah acar lalu tekan (nanti keambil otomatis).

- Kalo walikota manggil dengan simbol WiFi, turun ke bawah (lebih tepatnya ke kotak kecil di bawah) lalu pilih gambar-gambar yang tertera, (misalnya gambar meja, beri tanda silang. Kalo gambar karakter Powerpuff Girls, beri tanda centang).

 2. The Amazing World of Gumball Tidy Up

Game ini mengajak kamu bareng Darwin memperbaiki kerusakan yang dibuat Gumball. Harus cepat soalnya ada batasan waktunya, kamu juga harus memperhatikan kerusakan kecil yang mungkin saja terlewatkan karena dikejar-kejar waktu. Tetapi tenanglah, kamu bisa memperoleh tambahan waktu misalnya dengan menekan simbol jam yang bisa tiba-tiba muncul waktu kamu sedang membereskan kerusakan.

The Amazing World of Gumball Tidy Up


Games Gumball seru
Anak saya tengah memainkan games The Amazing World of Gumball Tidy Up

Game ini bagus banget untuk melatih ketelitian dan ketangkasan kamu di waktu yang singkat. Buat yang merasa panik dikejar-kejar waktu tenang saja! Game ini tidak ada menang kalahnya kok! Game ini bisa diulang-ulang sepuasnya. Makin sering mainin game ini pasti poinnya makin bertambah, senang aja gitu lihat poinnya nambah karena kamu sendiri yang makin jago.

Cara memainkannya:

Cara mainnya gampang banget, tinggal arahkan kursor ke arah benda-benda yang berantakan trus klik 3 kali trus beres. Kalo mau pindah ruangan, tinggal tekan panah yang mengarahkan ke ruangan lain. Oiya, kalo ada icon jam harus cepat-cepat di-klik ya, karena iconnya bisa saja hilang dan kamu bisa kehilangan waktu tambahan, sayang banget kan.

3. Hero Elementary Treehouse Trouble

Game ini yang paling aku suka dari semua game yang sudah aku bahas di atas. Kamu diminta membantu memperbaiki rumah pohon menggunakan balok kayu yang sudah disediakan. 

Ada yang bentuknya kubus, persegi panjang, tanda silang, dan masih banyak bentuk lainnya. Lalu kamu harus menyusun balok-balok tersebut sampai dapat mengisi bagian kosong dari rumah pohonnya. 

Mortgage Calculator


Sebelum atap rumah pohonnya dijatuhkan, susunan kita akan dites lebih dulu seimbang atau tidak. Kalau ada satu saja balok yang jatuh, yahh... artinya susunan kita belum kokoh dan seimbang, harus diulang lagi dari awal. 

Cara memainkannya:

Kamu harus memakai semua balok yang disediakan, berarti harus memanfaatkan tempatnya sebaik mungkin, kan sayang banget kalau gara-gara balok kecil yang jatuh semuanya jadi terulang dari mula.

Buat kamu yang baru pertama kalinya main game ini jangan khawatir kamu bakal dipandu dan dikasih tahu cara main yang benar, jadi kamu tidak buta arah dan bingung cara menyelesaikan game-nya gimana. Selain memperbaiki rumah pohon, kamu juga bisa mendaur ulang balok-balok yang tidak digunakan di rumah pohon. 

Setiap kamu bisa melewati 1 level kamu bakal dapat medali dan diperbolehkan lanjut ke level selanjutnya. Level benerin rumah itu icon-nya palu trus kalau level daur ulang balok itu icon-nya daur ulang.

Makin naik level makin penuh tantangan. Memang sih persediaan baloknya makin banyak, tapi kadang-kadang kamu juga harus memutar otak buat meletakkan di mana tempat yang cocok buat balok yang tidak terpakai dan tidak jatuh saat atapnya dipasangkan.

Buat yang daur ulang, kadang letak balok yang tidak dipakai tidak selalu di tengah. Bisa saja yang di tengah itu digunakan untuk menopang keseluruhan rumah pohon, jadi yang tersisa bisa saja ada di pinggir kanan atau kiri.

Nah, dari ketiga game yang aku ulas, kamu sadar tidak bahwa semuanya memberikan pesan tentang menjaga bangunan dari kerusakan. Termasuk game Build and Protect yang menjadi foto utama artikel ini. 

Bangunan merupakan aset yang harus dijaga, dan diperbaiki. Secara tidak langsung kamu sudah belajar tentang cara menjaga aset sendiri, itu termasuk kecerdasan keuangan, lho. Yuk, buruan selancari situs web mortgage calculator dan dapatkan pengalaman menyenangkan memainkan games edukatif dijamin tak akan membosankan.

Sekian, rekomendasi dari aku. Sampai jumpa di ulasan lainnya. Selamat bermain!

Salam,

Fadlmia for Mortgage Calculator: Money Games


30 komentar untuk "Games Edukatif Dijamin Tak Akan Membosankan"

  1. Aku sudah nyobain website game ini. Asyik banget gamenya. Enaknya tuh, kita nggak perlu install di laptop atau HP. Jadi nggak ngabis-ngabisin memory dan kita tetap bisa main.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak saya terus mainin ini sampai sekarang, Mba... gak berhenti di nyobain aja. Kangen sama Gumball katanya, hehe

      Hapus
  2. Seru juga games nya tentang renovasi rumah, jadi sekaligus mempelajari juga ya soal properti rumah.
    Jadi mau mampir ke webnya buat mainnya

    BalasHapus
  3. Aku main yang coffeeshop itu kak wkwkwkw eh ini juga keknya seru yah. kirain cuma bisa di laptop lho, ternyata di handphone juga bisa loh yaa asyik bangett <3

    BalasHapus
  4. Wah seru banget kayaknya nih. Mau ikut ngegame juga ahh. Pasti asyik buat ngisi waktu luang

    BalasHapus
  5. Gamenya banyak yg menarik nih. Jadi pengin nyobain juga nih, apalagi nggak perlu instal dulu, jadi ga bikin penuh memori laptop atau hp.

    BalasHapus
  6. Wah game nya banyak yang menarik nih! Bisa jadi rekomendasi nanti kalau anakku tanya soal game yang asik untuk dimainin hehe

    BalasHapus
  7. belajar sekarang bisa dimana aja, ya, termasuk dari game. Pastinya ga bakal membosankan. Fun-nya dapat, ilmunya dapat

    BalasHapus
  8. Dunia anak memang tidak lepas dari yang namanya game atau permainan. Seiring perkembangan zaman, secara perlahan game tradisional mulai terasingkan. Berganti dengan game dari gadget. Nggak ada yang salah sih dengan perubahan ini. Namun sebagai orang tua, perlu banget untuk mengawasi anak-anak selama menggunakan gadget, termasuk bermain game. Bagus banget kalao bisa ngasih game jenis edukasi biar bisa melatih otaknya. Makasih game rekomendasinya, jadi punya referensi game edukasi yang baru.

    BalasHapus
  9. yaampun The Powerpuff Girls! ini tontonan jaman dulu banget. baru tahu kalo ada gamenya. boleh lah ya main sekalian nostalgia hihi

    BalasHapus
  10. Saat ini, salah satu kekhawatiran orang tua itu kalau anak keasyikan atau kelamaan main game ya, Mbak. Padahal game itu banyak juga manfaatnya. Asalkan, gamenya disesuaikan untuk anak dan edukatif. Terus wajib dipantau juga, dan dibatasi batas waktunya.

    BalasHapus
  11. Kadang meski direkomendasikan mamanya anak sering punya pilihan sendiri. Kalau anak saya dulu suka Roblox.

    BalasHapus
  12. Belum familiar semua sih nama gamenya. Si kecil juga blm tahu. Tapi penasaran sih ntar mau cobain buat si kecil. Soalnya dia lagi keranjingan main game di tabletnya. Smg ntr dia suka ya rekomendasi gamenya.

    BalasHapus
  13. Games nya menarik ya, Kak. Tidakhanya edukasi, namun juga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Games seperti ini pastinya memang tidak akan membosankan bagi siapapun

    BalasHapus
  14. Wah baru tau tentang website game ini, kayanya buat anak TK juga bisa yaa? Apalagi game tentang bangunan kokoh, mengajarkan anak tau keseimbangan

    BalasHapus
  15. Wah rekomended banget gamesnya buat anak-anakku supaya makin cerdas. Nanti deh aku kasih tau games-games ini ke anak-anakku supaya mereka bisa main games yang bermanfaat.

    BalasHapus
  16. Namanya anak pastinya ingin main terus yaa...
    Jadi kudu diarahin main games edukatif supaya bisa meningkatkan keterampilan berpikir anak, dan memunculkan rasa senang belajar pada anak kita.

    BalasHapus
  17. Wah, banyak juga ya jenis permainannya. Anak-anak pasti seneng nih, tanpa disadari dia bermain sambil belajar.

    BalasHapus
  18. Menariiik. Jadi pengen nyoba main games edukatif ini. Anak-anak juga pasti seneng.

    BalasHapus
  19. Di sini gak perlu dowload gamenya ya. Tinggal buka websitenya aja, tinggal pilih game yang disukai.

    BalasHapus
  20. Iya, anak sekarang akan suka kalau belajar dengan game
    Belajar jadi lebih menyenangkan ya kak
    Aku juga kasih anakku game game edukatif seperti ini

    BalasHapus
  21. The World og Gumbal baru liat kartunnya aja ternyata ada game nya ya

    BalasHapus
  22. wah website mortgage calculator money games ini bisa jadi pilihan ya buat kita main game secara gratis dan nggak perlu langganan. buat anak-anak juga bisa nih gamenya dimainkan

    BalasHapus
  23. Wah games nya edukatif banget sih ini. Ada tidy up games nya juga. Bisa ngajarin anak buat bersih2 hihi

    BalasHapus
  24. Siap meluncur web mortgage calculator, jadi penasaran gmna feel disaat main.

    BalasHapus
  25. Aku malah pengen nyobain main juga. Enak ya kalau main game di website gini, bisa lewat smartphone ataupun laptop dan tentunya enggak pakai install.

    BalasHapus
  26. loh bisa dimainkan di hp jug atoh Kak. Kukira kalau game online begini hanya bisa dimainkan di laptop, hehe.Hmm, menarik nih

    BalasHapus
  27. Gamesnya ga monoton dan bisa dimainkan tanpa menginstal aplikasi. Jadi nyaman banget karena bisa bermain Mortgage calculator: money games seperlunya pas lagi cape kerja gitu ya, kak Mia.

    BalasHapus
  28. Liat ponakan suka download game gak jelas yang ia lihat dr iklan2 di game, makasih banget rekomendasi game edukasi nya kak

    BalasHapus
  29. Wah, seru nih buat anak-anak Mbak.
    Selain bikin happy, juga bisa mengedukasi anak-anak tentang literasi keuangan dan skill lain.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.