Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solitaire Jadi Mood Booster

Kamu pasti pernah nggak sih ngerasa bosen atau nggak tahu mau ngapain? Bisa aja pas hari libur atau sekedar waktu istirahat makan siang. Nah, aku punya rekomendasi nih. Tenang aja, ini gratis, kok! 

Nostalgia dengan Solitaire

Pertama-tama, ayo kita nostalgia dulu sama Solitaire.org 

Pasti familier kan dengan Solitaire? Yup, video games Solitaire sudah ada sejak tahun 1989 diciptakan anak magang Microsoft untuk melenyapkan kebosanan yang melanda di saat jam kerja. Keren ya, gabutnya aja bikin game ya, ckck.

Solitaire adalah laman game online yang punya banyak permainan variatif, gratis, dan asyik banget  Kamu tinggal memilih saja game mana yang kamu banget. Dijamin tak akan menjemukan.

Microsoft Solitaire
Serunya bermain Solitaire / sumber gambar: Dokumen pribadi


Macam-Macam Game Solitaire

Di dalamnya ada apa aja sih? Ada game kartu, hidden object, three match, puzzle, dan word. Wah, variatif banget ya!

Tunggu, tunggu, tunggu…Sebelumnya, Solitaire itu apa sih?

Yuk, intip dikit tentang sejarah Solitaire!

Solitaire, atau lebih dikenal sebagai Microsoft Solitaire, adalah sebuah game komputer yang disertakan bareng Microsoft Windows. Pasti nggak asing dong ya, karena Solitaire udah jadi komponen inti dari setiap operasi yang dirilis Microsoft sejak Windows 3.0. Yang artinya, tiap kamu buka Windows versi apa aja, pasti kamu bakalan ketemu sama game bawaan ini.

FYI, Solitaire udah ada sejak lamaaa banget. Solitaire tuh diciptakan tahun 90-an. Lama juga tuh, kira-kira tahun segitu kamu udah ada belum ya? 

Kamu juga harus tahu nih, kalau penciptanya Solitaire itu bukan karyawan tetap Microsoft. Jadi siapa? Perkenalkan, Wes Cherry! Wes Cherry inilah anak magang yang berhasil menciptakan Solitaire di waktu senggangnya.

Waktu itu, Wes Cherry magang di Microsoft karena Microsoft sangat menarik dan pekerjaannya tuh nggak itu-itu aja. Walaupun begitu, tetap aja Wes Cherry punya waktu senggang, waktu senggang inilah yang dimanfaatkannya untuk menumpahkan seluruh idenya.

Waktu itu keberadaan game waktu itu masih terbilang jarang, tentu aja Bill Gates yang kita ketahui sebagai bos besar Microsoft, merestui munculnya Solitaire. Ya meski sebelumnya beliau sempat protes karena game yang diciptakan oleh Wes Cherry ini susah banget dimenangkan.

Manfaat Bermain Solitaire

Cukup tentang sejarahnya ya! Kalo manfaat mainnya, ada nggak? Tidak jarang sebagian dari kita menganggap kalo bermain game itu buang-buang waktu, eits! Baca dulu! Nggak selamanya main game itu nggak bermanfaat, nih aku kasih tahu.

Melatih kesabaran

Bermain game di Solitaire bisa melatih kesabaran dan melatih kamu bagaimana menyusun taktik dengan benar. Inget kan tadi Bill Gates protes karena gamenya sulit? Karena kesulitan yang dimilikinya inilah, kita bakal diuji dengan kalah berkali-kali.

Kalah yang kamu alami ini yang akan melatihmu untuk bersabar dan menyusun taktik atau mengembangkan strategi bagaimana kamu bisa menyelesaikan game tersebut.

Membantu lebih konsentrasi

Berdasarkan dua hal yang disebutkan tadi, kamu bakal lebih mampu berkonsentrasi, berpikir strategis seperti bagaimana cara paling ideal untuk memenangkan game dan mampu mengambil keputusan dengan baik.

Cara berpikir strategis memberi kamu  pengetahuan untuk menyusun langkah apa saja yang kita harus ambil kedepannya, kita jadi nggak perlu ragu-ragu lagi waktu game menantang kita untuk mengambil keputusan karena kita udah susun semua strateginya.

Mungkin Solitaire bukan permainan yang rumit seperti catur, yang akan membuat kamu terus berpikir keras akan bagaimana caranya mempertahankan tiap bidak catur dan membasmi bidak lawan. 

Jadi mood booster

Solitaire bisa menenangkan pikiranmu, dengan menyita fokus dengan menyusun strategi sederhana ketika memainkannya. Solitaire bisa menjadi mood booster atau penambah mood di saat sedang lelah bekerja atau belajar.

Apa saja macam-macam Solitaire?

1. Classic Solitaire

Persis kaya namanya, klasik. Cocok buat kamu yang ingin memainkan game sederhana yang gampang dimainkan. Sama kaya main kartu asli, bedanya kamu hanya perlu sekali mengetuk untuk bergerak. Selanjutnya akan ada sistem kinerja otomatis yang mempermudah kamu bermain.

Kalau kamu bosan bermain sendiri, kamu bisa ikutin kompetisi online dan bermain di sana. Kamu juga nggak perlu khawatir kalo background yang dimiliki game ini terlalu monoton buat kamu, background Classic Solitaire juga bisa kamu ganti sesuka hati, lho! 

2. Solitaire Ocean

Game yang ini tidak jauh berbeda dari Classic Solitaire. Sebagaimana main kartu, versi ikan akuarium. Kalau kamu masih bingung cara mainnya, game ini bakal memberikan petunjuk tidak terbatas. Yang artinya kamu bisa mengulang-ulang terus petunjuknya semisal kamu belum mengerti cara mainnya.

Game ini juga bisa dibilang eye-catching sekali karena dipenuhi warna-warni dari ikan peliharaan. Dan tampilan airnya menambah kesan fresh yang bikin tambah bersemangat main. 

Buat pejuang kuota, tenang aja! Game ini nggak perlu pake kuota sama sekali karena ia nggak butuh internet buat bisa dimainin, alias dapat dimainkan secara luring.

3. Hidden Solitaire

Tujuan game ini beda nih sama dua game yang udah disebutkan sebelumnya. Game ini bertujuan untuk nyari barang-barang yang tersembunyi di dapur. Tiap kamu menemukan satu barang, kamu akan mendapat 500 poin, tiap menemukan angka yang tersembunyi mendapat 200 poin, dan 200 poin lagi tiap kamu menemukan perbedaan.

Game ini punya 10 level yang udah ditentukan waktunya, jika kamu kalah kamu akan ke-refresh dan kembali ke level 1. Semisal kamu terjebak dalam keadaan buntu, kamu bisa menekan icon petunjuk dan mendapatkan petunjuk yang mengatasi kebuntuanmu. Tapi petunjuk tersebut tidak gratis, kamu harus membayar 1 petunjuk dengan 500 poin yang kamu punya.

4.Mahjong: Free Animal

Cara memainkannya terbilang mudah tapi tetap berkesan menantang. Nanti kamu akan diberikan kumpulan balok bermotif hewan yang disusun membentuk persegi. 

Kamu hanya perlu menarik satu gambar ke gambar yang sama. Contohnya, ketika yang kamu pilih bergambarkan gajah, tarik ke motif gajah lainnya. 

Game ini juga memiliki aturan, seperti tidak boleh menarik garis lebih dari 2 putaran 90 derajat. Kamu nggak akan dapet poin dan gambar yang kamu tarik akan kembali ke tempat asalnya. Game ini juga punya waktu yang disediakan, so pastikan kamu nggak ngelanggar aturan biar waktunya nggak diabisin dengan poin kosong.

5. Zuma Ball

Kalau game yang ini pasti kamu tau yang mana. Karena emang game ini sepopuler itu, game ini juga game yang menjadi favorit saya karena asik banget dimainin. Jadi game ini bertujuan untuk memutus rantai bola dengan menembakkan bola dengan warna yang sama dengan bola yang ada di rantai. Rantai akan terus bergerak hingga ujungnya masuk ke lobang yang menandakan kamu kalah.

Semakin sedikit rantai yang putus karena warnanya sama, semakin lambat pulalah rantai itu bergerak. Kalau kamu mendapat bola dengan warna yang tidak punya warna di rantai, lebih baik kamu arahkan ke arah selain rantai. Kalau bola tersebut menempel di rantai, ia bisa jadi menambah laju rantai sehingga rantai bola masuk ke lubang lebih cepat.

Widih, asik-asik banget kan ya? Itu sebabnya game-game milik Solitaire tetap memiliki banyak pengguna hingga sekarang. Kamu kapan nih mau coba?

Salam,

Solitaire org


19 komentar untuk "Solitaire Jadi Mood Booster "

  1. Solitaire, game yang sering menemani saya dulu saat suntuk ngerjain skripsi. Bukannya ngetik malah asyik main solitaire hehehe....
    Iya solitaire ini dulu game bawaan windows ya, dan ternyata yang menciptakan malah anak yang lagi magang di microsoft

    BalasHapus
  2. Dulu saya paling tidak paham dengan game Solitaire ini. Terutama yang klasik berupa kartu. Namun, sekarang jadi tahu. Ada banyak pilihannya juga ya sekarang ini kalau di website solitaire.org.

    BalasHapus
  3. Solitaire satu-satunya game yang aku bisa...haha...Cocok banget kalau bosen nulis-nulis depan komputer. Dan engga tegang. Ada block puzzle yg makin lama makin cepet tuuuh. Nyerah deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa, justru itu serunya kak! Kita sekalian belajar biar makin gesit mainnya

      Hapus
  4. Kalau aku suka spider solitaire kak, seru lo, bisa melepas penat, walaupun mainnya mikir nih tapi ga capek kok wkwkwk

    BalasHapus
  5. Udah pernah coba game ini sih, seru dan gak pake download.

    BalasHapus
  6. Ini game yang selalu mengingatkan awak saya PC jaman dulu kak.
    Selalu lari ke solitaire kala jenuh ngerjain makalah jaman sekolah 🤣

    BalasHapus
  7. Ini deretan game favorit saya Mba Mia. Aneka game Solitaire yang beneran bisa jadi mood booster saya. Asli melatih kesabaran ini yaa, saat menemui kesulitan kita bakal diuji dengan kalah berkali-kali. Belum manfaat lainnya. :)

    BalasHapus
  8. Sejak mahasiswa dulu main solitaire, tahun 90-an tapi masih monoton ... suka sekarang makin banyak variasinya, bisa main online pula.

    BalasHapus
  9. Saat muncul Solitaire, saya masih sekolah SD. Maklum saya kelahiran 70 an akhir. Makanya gak aneh dengan game legendaris ini. Terlebih pas kerja di luar negeri, wah majikan selalu main Solitaire ini. Jadi udah ga asing lagi meski saya juga gak pernah menang. Hahaha

    BalasHapus
  10. Ya Allah baru di paragraf terakhir game. Waktu itu pernah main game ini masih SMP an di komputer sekolah. İtupun mainnya bergantian.

    Tapi seseru itu permain mahjong pada masanya. Kalo sekarang kayaknya anak-anak sudah tidak tertarik hehe

    BalasHapus
  11. Wah baru tau ternyata solitare itu yg bikin anak magang disekitar tahun 90an. Di tahun itu kayaknya bahasa koding dll nya masih sangat terbatas ya. Btw itu si cherry nya sekarang kerja di microsoft apa ga ya?

    BalasHapus
  12. Ya ampun, saya jadi ingat tahun 2011an dimana sering dan kecanduan banget pas main game Solitaire ini. Sekalian untuk mengasah otak juga ya

    BalasHapus
  13. Saya sudah coba...
    Dan suka sekali.
    Tapi yang paling saya suka itu ya Zuma
    Legend lah pokoknya

    BalasHapus
  14. Paling heboh kalau lagi main zuma tuh waktu kecil. Apalagi mainnya tuh bergilir. Semakin lama mainnya karena berhasil naik level gara-gara selalu tepat nembakin bolanya, makin dianggap keren. Receh sekali level keren di jamanku kecil hihihi.

    BalasHapus
  15. Nah jaman saya SMP nih main solitarer asyik banget bisa lupa makan heheh tapi bagus juga bisa asah pikiran dan motorik kalau buat anak-anak asal jangan lupa waktu hehehe

    BalasHapus
  16. Wah, ada Zuma juga. Game kesukaan pas jaman kuliah dulu. Kalau lagi butuh refreshing setelah ngerjakan tugas biasanya aku main Zuma ini

    BalasHapus
  17. Saya pernah main Zuma dan mahjong wkt zaman kuliah dulu, tapi setelahnya sdh gak pernah main game itu lagi. Padahal seru banget sih. Yg sering main skrng game mobil2an 😅

    BalasHapus
  18. Jadi ingat zaman kuliah ni, di sekret hima pasti main solitaire terus di komputer sana. Hahaha. Kayak udah emang mainan yg bikin nostalgia.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.