Staycation At Madani Hotel Medan

Staycation bisa dikategorikan liburan yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Staycation berarti liburan di dekat rumah, dengan budget liburan yang lebih efisien karena berada di dalam kota, tidak memerlukan tiket pesawat, sewa kendaraan, ada pula yang mengistilahkannya, holistay.

Kali ini keluarga kami staycation di Madani Hotel Medan, yang tepat berseberangan dengan land mark kota Medan, Taman Sri Deli (kolam raja/Sultan Istana Maimun) dan Masjid Raya Al Mashun, Medan. Madani Hotel ini cukup terkenal di kota Medan, selain lokasinya yang strategis, juga mengusung konsep manajemen syariah, bernuansa ketimuran.

staycation-di-madani-hotel

 

Terakhir kali staycation di Madani Hotel pada tahun 2013 lalu (wah sudah lama ya), dapat kamar executive suite yang view jendelanya langsung menghadap ke arah Masjid Raya Al Mahsun, nun tak begitu jauh tampak Istana Maimun.

Setelah itu berturut-turut hampir setiap tahun mengikuti pertemuan kerjasama dua universitas di Madani Hotel, yaitu dalam forum internasional, Centre of Islamic Development Management Studies Universiti Sains Malaysia (ISDEV-USM) dari Pulau Pinang, dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan.

Sekilas tentang Madani Hotel

Madani Hotel adalah hotel bintang empat yang terletak di Jalan Sisingamangaraja/Jalan Amaliun No, 1 Medan, Sumatera Utara. Memiliki 174 kamar dengan berbagai tipe kamar seperti kamar superior, deluxe, executive deluxe, executive suite, family suite, madani suite dan royal suite.

Fasilitas free wifi di seluruh area, termasuk di kafe beranda hotel di lantai dua. Terdapat musala, toko cenderamata, salon kecantikan, binatu, layanan persewaan mobil, basement parkir yang cukup luas dan keamanan 24 jam dengan CCTV di berbagai titik.

peta-madani-hotel
 

Kebetulan kami kebagian area parkir di halaman pintu utama hotel sehingga tak perlu masuk area parkir ruang bawah tanah. Sebelum pandemi Covid-19 merebak, saya beberapa kali juga menghadiri resepsi pernikahan di Madani Hotel dan sering tidak dapat parkir di halaman depan.

Oya, Madani Hotel ini juga familier sebagai tempat pesta pernikahan karena lokasinya yang sangat mudah dijangkau dari kawasan mana saja bahkan dari luar kota, Madani Hotel kurang lebih hanya 15 menit dari Terminal Amplas.

Fasilitas Kamar 

Berbeda dengan staycation beberapa tahun lalu di Madani Hotel ini juga, kali ini kami memilih kamar deluxe dengan 1 king bed saja. Dua anak yang sudah remaja sedang mondok di pesantrennya sehingga kami staycation dengan si nomor 3 dan 4 saja.
 
Untuk harga sewa kamar per malamnya bisa ditelusuri di situs resmi madani hotel dan situs-situs booking hotel lainnya. Harganya pun tidak berbeda jauh dengan daftar harga yang bisa diakses langsung ke resepsionis hotel.

Begitu keluar dari elevator, sepasang kursi ala singgasana raja menyambut kami, persis sama letaknya saat kami staycation dulu.

kursi-di-depan-elevator


Memasuki kamar, aroma kenyamanan menyeruak, sebuah ranjang besar dengan selimut tebal yang lembut menyambut. Kamar tidur yang bersih, meski desain interior cukup standar. Bedsides console di sisi kanan dan kiri tempat tidur, sepasang kursi dan meja kecil di sisi kiri bed, kaca rias beserta kursi.

isi-kamar-madani-hotel

 
Duduk-santai-berdua-Fadli-dan-Mia

TV flat 42 inchi, meja berukiran untuk meletakkan barang seperti tas dan belanjaan. Satu lemari ukuran sedang yang built in dengan rak kaca tempat menaruh 4 gelas satu set dengan teko listriknya. Kulkas mini, dan safe deposit box di bagian bawah lemari.

Menginap-satu-malam-di-Madani-Hotel

Kamar dilengkapi dengan AC sentral yang dingin, wifi yang kencang dan toilet yang bersih, memberikan kesan betah berada di dalam kamar apalagi kalau sambil kerja di depan laptop. 

Toilet-di Madani-Hotel
 

Adaptasi Kebiasaan Baru di Hotel

Hotel, penginapan, homestay, asrama dan sejenisnya adalah fasilitas umum yang diatur dalam penerapan protokol kesehatan, sesuai dengan Keputusan Menkes RI No. HK.01.01/MENKES/382/2020. 

Pelaksanaan aturan ini pula yang terlihat di Madani Hotel. Di bawah tangga gerbang masuk hotel telah tersedia tempat mencuci tangan yang dilengkapi dengan sebotol besar sabun cair dan tisu untuk mengeringkan tangan.
 
Begitu tamu hotel masuk dari pintu utama, seorang petugas menyambut dengan ramah sembari meminta izin untuk memeriksa suhu tubuh. Pada saat check in, di meja resepsionis terdapat sebotol hand sanitizer yang bebas digunakan tamu. Semua petugas hotel, room boy, resepsionis dan yang tampak hilir-mudik di dalam hotel memakai masker dan faceshield.

Untuk tamu hotel, dianjurkan memperhatikan hal-hal berikut ini selama staycation atau berada di dalam dan sekitar hotel:
  1. Pastikan diri dalam kondisi sehat sebelum staycation di hotel. Jika demam, batuk, pilek, dan  nyeri tenggorokan, atau sesak napas, tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas kesehatan.
  2. Selalu menggunakan masker selama perjalanan dan saat berada di area publik (lobby hotel, dan lain-lain).
  3. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau jika jauh dari sumber air mengalir, gunakan hand sanitizer.
  4. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan mulut.
  5. Tetap jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.
  6. Membawa peralatan pribadi seperti mukena, sajadah untuk dikenakan di kamar hotel.
Selalu terapkan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru ini agar tetap aman staycation di hotel dalam kota.

tetap-jalankan-protokol-kesehatan-di-hotel

Kesimpulan

Staycation di Madani hotel cukup direkomendasikan mengingat lokasinya yang tidak begitu jauh dari mana-mana, di dalam kota dan dekat dengan objek wisata sekaligus landmark kota Medan, Masjid Raya Al Mashun, Istana Maimun dan Taman Sri Deli, Medan.

Meski sudah bisa staycation di hotel, jangan lalai untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan, agar staycation tetap aman, nyaman dan liburan singkat dan dekat dapat berjalan sesuai harapan.

Kalau kamu... gimana pengalaman staycation-mu di era adaptasi kebiasaan baru ini? Share di kolom komentar ya. Makasih.


Salam,








Berlangganan update artikel terbaru via email:

27 Komentar untuk "Staycation At Madani Hotel Medan"

  1. selama era aturan new normal elum coba staycation lagi, padahal pengen banget, udah lama juga
    untuk rate harganya ini nggak terlalu mahal juga ya, apalagi lokasi di pusat kotanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener Mbak,, lumayan pagi²nya bs jalan kaki ke landmark² kota ^^

      Hapus
  2. Mbak, kursi singgasana rajanya jadi mengingatkan saya kursi serupa di Istana Maimun...
    Dan setuju, jika protokol kesehatan tetap dijalankan termasuk saat staycation
    Membayangkan lokasinya strategis sekali ini Madani Hotel Medan, pas buat wisata karena dekat dengan masjid juga istana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dian... sekilas mirip tp singgasana yg di Istana Maimun lebih banyak ukirannya dan berwarna kuning.

      Hapus
  3. Wih keceh nih, hotel Madani, Mbak Mia. Rekomended kalau saya berkunjung ke Medan. Selain dekat land mark kota Medan yaitu Taman Sri Deli, juga letaknya sangat strategis di pusat kota. jadi enak ke mana-mana. Mau Staycation juga seru ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha iya mana tau Mas Bams dpt job influencer ke Medan to,, hehehe

      Hapus
  4. Berkunjung ke Medan Baru 2x, sisanya hanya transit. Baca ulasan tentang hotel ini jadi pingin segera staycation dan menjelajah lagi :)

    BalasHapus
  5. Selama masa pandemi ini saya belum pernah staycation, euy..tapi pengen. Huhuhuhu..dilema bener, mana rate kamar hotel di sini lagi pake diskon besar-besaran pula.

    BalasHapus
  6. Salah satu fasilitas hotel yang saya sukai itu adalah kolam renang. Kalau sekarang penggunaan kolam renang ini gimana ya? apakah ada persyaratan/protokol khusus nggak?

    BalasHapus
  7. Hotelnya terlihat nyaman ya, bisa jadi rekomendasi penginapan yang aman dan nyaman. Apalagi mengikuti protokol kesehatan, jadi lebih aman menginap disini dan aman juga bawa anak-anak ya.

    BalasHapus
  8. Hotelnya hommy banget ya, Kak. Kayaknya betah kalau nginep di sana. Kapan-kapan kalau ke Medan tak cobain ah, nginep di sini.

    BalasHapus
  9. Wah, hote Madani sering banget saya lewatin di Medan. Beberapa kali sering masuk ketika ada acara. Recommended banget nih, apalagi letaknya pas di depan situs bersejarah MAsjid Raya Medan. Cakep banget viewnya. Selain itu nuansanya juga Islami. Keren..

    BalasHapus
  10. udah mupeng pengen staycation di hotel ehh malah ada psbb lagi.duh bakal lama nih..jadi baca2 artikel staycation mba Mia dulu ajalah..hihi

    BalasHapus
  11. Ahh aku pernah deh kayaknya pas dines nginep di Madani Hotel ini mba mia, jadi pilihan nyaman banget sih waktu ke Medan. Soalnya dulu dapet referensi juga dari ibu-ibu di kantor yang selesai dines Medan dimana nginepnya, nah referensinya ke Madani Hotel. Bersih dan kamarnya luas, nyaman banget. Aku nomor satu wifi kenceng juga hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, Mba Lidia udah ngasih testi juga nih nginepnya di Madani Hotel,, memang temen2 dr luar kota suka nginep di sini

      Hapus
  12. Jujur, se pengalaman echa staycation cuma hotel inilah yg tak pernah awq datangi, kecuali undangan pesta kawan, pengen jg sesekali nginap situ hehee, makasi infonya kk

    BalasHapus
  13. Selalu lewat hotel ini, tp blm pernah masuk. Pengen juga ke rooftopnya liat masjid raya dari atas (ada ga ya) hehe
    Makasih infonya, boleh juga nih kapan2 staycation ksini 😀🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rooftop ga ada, paling order kamar yg di lantai 7 lah. Trus sambil makan Terras Cafe lantai 2 bagus jg pemandangan ke masjid rayanya

      Hapus
  14. Pernah nginep disini ^^ klo untuk mau jalan-jalan mengunjungi wisata heits kota Medan, Hotel Madani memang penginapan yang tepat sih

    BalasHapus
  15. Staycation di Madani start mulai harga berapa kak per pack? Selama Corona gini menerapkan standar keamanan covid kah kak?

    BalasHapus
  16. hampir tiap hari lewat sini tp masukpun blm pernah :" wah mantep kak mia udh berani staycation diluar, kadang msh takut2 kak walau pengen huhu

    BalasHapus
  17. Dari beberapa saudara atau kenalan yang berkunjung ke kota Medan rata-rata pasti memilih Madani hotel kak.
    Awak pun suka sekali kalo staycation disini dapet breakfast semacam lontong gule pakis dan bubur ayam pake ikan teri atau lupis cenilnya.
    Hehehe

    BalasHapus
  18. Udah buka ya Madani. Bulan lalu masih tutup kayaknya pas lewat sana. Belum pernah nginap Madani hotel, tapi kalo acara-acara sering pake ruang konferensinya dulu. Dekat ama masjid dan mall, jadi akses lumayan enak.

    BalasHapus
  19. Belum berani staycation ke hotel kak. Padahal anak-anak udah ngajakin biar bisa sekalian berenang. Kalo di Madani enaknya karena dekat ama masjid raya dan mall. Jadi mau sekalian jalan-jalan ke tempat lain di sekitarnya juga gampang.

    BalasHapus
  20. Jadi rindu staycation awak bisa rilex dan menikmati suasana baru walau hanya satu malam tapi rada khawatir juga mau staycation saat pandemi ini ya

    BalasHapus
  21. Keren banget Staycation di Hotel Madani, kak. Ajak ajaklah.

    Temen guek kerja disini dulu, ga tau deh kalo sekarang. Pengen juga staycation di sana karena akses kemana pun mudah. Jantungnya kota Medan

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel