Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mainan Edukasi Untuk Anak

"Umi... lihat tuh, mainan helikopternya dibuang ke halaman sama Ocean!" Ririn putri saya mengadukan perihal adiknya.

"Oya? Kenapa dibuang ya?" Selidik saya sambil menghampiri Ocean, balita yang sedang aktif-aktifnya mengeksplorasi sekeliling rumah.

Sembari memeluk tubuh mungil yang harum minyak telon ini, saya mendengarkan curahan hati sang jagoan cilik. "Osyan mau mainan yang lain aja, helikopter yang itu udah patah sayapnya" cara menjawab yang menggemaskan.

"Sayapnya udah gak bisa dipasang lagi, Mi... udah patah." Jelas Ririn.

"Oo... kalau gitu yuk kita lihat-lihat di HP Umi yuk, mana tahu ada yang cocok buat Ocean, dan buat Kak Ririn juga." bujuk saya seraya merengkuh Ocean ke pangkuan, dan Ririn pun duduk di sebelah kami. 

Saya membuka akun Shopee dan mengetikkan kata kunci "mainan edukasi untuk anak 3 tahun" di kolom pencarian. Taraa... ketemu banyak sekali pilihan mainan edukasi yang menarik. Kami memilih Push Pop Bubble Sensory Fidget Pop It Toy. Bisa dimainkan berdua pula dengan kakaknya. 

mainan sensory play untuk anak 3 tahun
Shopee Moms Club

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak

Mainan tentu saja memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Kalau orang dewasa disibukkan dengan bekerja, maka bekerjanya anak adalah bermain. Bagi ayah bunda bekerja itu penting, maka demikian pula bagi anak, bermain itu penting bagi mereka. Tidak hanya untuk kesenangan semata namun dalam bermain itulah mereka sebenarnya sedang belajar banyak hal.

Apa saja manfaat sensory play untuk anak?

Salah satu dari sekian banyak mainan edukasi untuk anak adalah sensory play. Permainan yang melibatkan 1 dari 5 panca indera. 

Contoh-contoh permainan sensory play antara lain, melihat gelembung sabun di udara dan mendarat di kulit anak, mendengarkan bunyi gesekan kertas, melihat perubahan bentuk kertas dari licin menjadi remuk, melihat cahaya senter yang menyinari benda-benda, mencampur warna pada finger painting, bermain dengan alat musik, meniup peluit, dan menciptakan berbagai bentuk dari pasir.

Permainan sensory play juga bisa diperoleh pada mainan edukasi untuk anak seperti yang banyak ditemukan di Shopee. Berikut manfaat mainan edukasi sensory play untuk anak:

1. Membantu membangun koneksi saraf dalam otak

Pada usia anak 3-6 tahun koneksi saraf otak paling cepat terjadi di area lobus frontal yang berperan dalam perencanaan dan pengaturan respons baru. Konsentrasi hormon Dophamin dalam otak anak biasanya juga meningkat secara signifikan di rentang usia ini. Maka seringkali dikaitkan dengan keterampilan kognitif anak yang sedang berkembang, termasuk dalam mengeksplorasi lingkungan melalui mainan.

2. Mendorong perkembangan kemampuan motorik

Kemampuan motorik dibedakan menjadi dua yaitu kemampuan motorik halus dan kemampuan motorik kasar. Pada anak usia 3 tahun sudah mempunyai kemampuan motorik yang jauh lebih halus dan lebih terorganisasi ketimbang anak-anak berusia di bawahnya. 

Contoh kegiatan yang mendorong perkembangan kemampuan motorik halusnya adalah menggambar, mengerjakan kegiatan yang ada dalam busy book, menghubungkan titik-titik,  dan mengajaknya membaca buku cerita. 

Contoh kegiatan yang mendorong perkembangan kemampuan motorik kasarnya adalah bermain di taman, main perosotan, melompat-lompat di trampolin kecil, panjatan, bersepeda dan bermain bola. Termasuk memainkan mainan edukasi untuk anak.

3. Menstimulasi perkembangan bahasa

Usia 3-4 tahun si kecil sudah mulai tertarik memikirkan lingkungan sekitarnya dan sudah punya keinginan untuk bersosialisasi. Hal ini didukung pula dengan kemampuan berbahasa anak yang semakin meningkat dan terus bertambahnya kosa kata beserta pemahamannya.

Anak akan sering menanyakan pada bunda hal apa saja yang ditemuinya setiap hari. Keingintahuan yang sangat besar ini lambat laun akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia anak. Maka mengoptimalkan ngobrol dengan anak di usia ini sangat dianjurkan, untuk menstimulasi perkembangan bahasanya. Membicarakan mainan yang menarik perhatiannya adalah topik yang disukai anak-anak.

4. Membiasakan berpikir ilmiah dan memecahkan masalah

Pendekatan ilmiah dapat menumbuhkembangkan kreativitas, imajinasi, dan gagasan pada anak usia golden age. Pendekatan tersebut meliputi nilai agama dan moral, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan anak.

Apa saja hal-hal yang membantu anak untuk terbiasa berpikir ilmiah dan mampu memecahkan masalah? Mengamati (observing), menanyakan (questioning), mencoba mengumpulkan informasi (trying/collecting), menalar/asosiasi (associating), mengomunikasikan (communicating). 

Langkah-langkah dalam pendekatan ilmiah inilah yang melahirkan sejumlah model pembelajaran seperti problem based learning yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.

Shopee Moms Club

Untuk mendukung terciptanya lingkungan yang kondusif bagi belajar dan bermain buah hati, ada promo spesial Shopee Moms Club 1st Birthday bagi anggota baru mulai dari tanggal 25 Februari sampai dengan 3 Maret 2021. 

ulang tahun perdana Shopee Moms Club

Shopee Moms Club adalah online platform yang bertujuan untuk memfasilitasi ibu dalam memenuhi kebutuhan ibu & anak. Shopee Moms Club sendiri memiliki visi untuk memberikan dukungan kepada Moms di Indonesia melalui promosi-promosi menarik dan program parenting yang ditawarkan. 

Shopee Moms Club telah berdiri sejak Februari 2020 dan bulan ini Shopee merayakan ulang tahun pertama Shopee Moms Club. 

Selain itu, Shopee Moms Club juga telah mencapai lebih dari 1 juta member, yang menjadikan Shopee Moms Club sebagai platform ibu dan anak dengan membership terbanyak di kalangannya. Terlebih lagi, Shopee Moms Club juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 35 brand ternama di Indonesia.

Di Shopee Moms Club 1st Birthday ini bunda-bunda yang bergabung akan memperoleh Free Gifts atau hadiah gratis untuk member baru, Promo Terbatas Rp 1, dan cashback sampai dengan 1 juta Rupiah, serta menghadirkan promo-promo dari brand seperti Enfa, Abbott, Mamaschoice, Zwitsal, Mamypoko, Cussons, dan sebagainya. Menarik ya.

Apa keuntungan menjadi member Shopee Moms Club? 

Dengan bergabung menjadi member Shopee Moms Club, bunda bisa mendapatkan hadiah gratis, voucher cashback hingga Rp. 200 ribu, harga eksklusif member, dan promo menarik lainnya.

Promosi apa saja yang terdapat di Moms Club 1st Birthday?

Program dan promosi menarik untuk merayakan ulang tahun pertama, Mulai dari hadiah gratis, Promo Terbatas Rp 1 setiap hari, Voucher cashback hingga Rp 1 juta Koleksi harga eksklusif, dan Live Streaming bersama KOL ternama & pakar kesehatan. Tunggu apa lagi? Ayo cek promonya sekarang!

Kesimpulan

Mainan edukasi untuk anak khususnya sensory play untuk anak usia 3 tahun sangat penting dalam membantu tumbuh kembangnya. Manfaatnya antara lain, membantu membangun koneksi saraf dalam otak, mendorong perkembangan kemampuan motorik, menstimulasi perkembangan bahasa, dan membiasakan berpikir ilmiah dalam memecahkan masalah.

Informasi membeli aneka mainan edukasi untuk anak dapat bunda peroleh di Shopee Moms Club. Bagi member baru ada promo spesial dalam rangka ulang tahun perdana mulai tanggal 24 Februari sampai 3 Maret 2021. Yuk, jangan sampai ketinggalan ya.

Salam,
Fadlimia for Shopee



22 komentar untuk "Mainan Edukasi Untuk Anak"

  1. Jadi ingat waktu anak-anak kecil. Budgetku cukup banyak nih buat urusan mainan anak-anak. Karena saya tu percaya banget, anak-anak lebih terstimulus kecerdasannya dengan mainan yang menyenangkan daripada hal lain. Kalau anaknya seneng main, mamanya juga lebih tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Teh Shanty... hasilnya anak2 teteh pinter2 ya remajanya masyaallah

      Hapus
  2. Sepakat banget sih mbak Mia. Kl mainan edukasi anak byk manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. Btw aku baru tahu ada Shopee Moms Club nih, sepertinya menarik jd membernya yak. Siap2 ikutan gabung ah, biar nnti pas punya anak ga bingung lg untuk memenuhi kebutuhan anak :D

    BalasHapus
  3. Wah siap nih. Langsung cek Shopee Mom. Siapa tau ada mainan yang disukain sama Maryam. Apalagi kan usia-usia perkembangan anak itu penting banget buat dikasih stimulus motorik.

    BalasHapus
  4. Seneng ya mbak ada SHopee moms club seperti ini jadi bisa untuk rekomendasi para ibu untuk membelikan mainan anak tercinta

    BalasHapus
  5. Senang sekarang banyak pilihan mainan yang enggak cuma sekedar mainan ya, Mbak Mia. Tapi ada manfaat edukasinya sehingga bisa menstimulasi kemampuan motorik dan sensorik anak. Apalagi ada Shopee Moms Club yang membuat kita bisa cari info produk mainan yang sesuai dan produk terkait lainnya

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu kalau ada Shopee Moms Club lo. Wah sayangnya aku telat baca, jadi nggak bisa ikut promo birthday nya dong. Tapi Shopee memang satu-satunya aplikasi marketplace yang aku punya sih. Jadi ya kalau beli apa-apa, termasuk mainan anak, ya di Shopee. Paling lengkap dan menurutku paling user friendly.

    BalasHapus
  7. Beli mainan untuk anak anak tercinta benar harus memperhatikan fungsinya hehe, disampinh fungsi juga memperhatikan harga. Iya kali ya kalau kata emak emak hehe

    BalasHapus
  8. Baru tahu banget kalau sekarang ada Shopee Moms Club.

    Hmm kalau saya, mungkin karena anak anak masih kecil, jadi untuk sensory play masih banyak bermain dengan benda yang ada di rumah saja.

    BalasHapus
  9. Baru tau ada Shopee moms club ini auto ingin gabung deh, pastinya banyak diskon dan promo menarik ya, aku udah lama gak beli mainan edukasi untuk anak ini, cus ah ke shopee

    BalasHapus
  10. Wah saya sepakat mbak. Anak memang butuh mainan edukasi ya untuk meningkatkan syaraf motoriknya dan juga mengajarkannya utk memecahkan masalah dengan caranya sendiri.

    BalasHapus
  11. Waaah pas lagi beginiii ada shopee moms club, rasanya godaan banget pasti ya mbaa. Haha. Pengenn 😭😭

    BalasHapus
  12. Betul, mainan edukasi lebih penting tuk anak mengasah syaraf dan indranya. Anak saya dulu waktu balita paling demen main gelembung sama alat musik..

    BalasHapus
  13. Aku sempat lihat-lihat shopee moms club dan promo di harinya. Cukup menggiurkan dealsnya tuh

    BalasHapus
  14. Setuju sekali dengan permainan yang melibatkan sensory maupun motorik pada anak kak mia.
    Dan memang stimulasi secara simultan terutama pada anak berkebutuhan khusus saja membuahkan efek positif untuk perkembangan anak seperti bicara, motor planning dan lain sebagainya. Apalagi buat anak-anak yang tidak memiliki masalah dan hambatan pada reseptor sensorik dan motorik nya.
    Oiya terkait shopee moms club nih kak, bikin penasaran aja. Mana udah setahun juga ternyata usianya.
    Ini tuh kalo mau jadi member gimana caranya

    BalasHapus
  15. Asik juga kalo saya gabung Shopee Moms Club. Kayaknya emak-emak yang masih punya batuta, batita, atau balita gak ada ruginya join. Banyak kemudahan bisa didapatkan. Apalagi kalo beli-beli keperluan anak, khususnya mainan. Bisa dapat diskonan yang gak diduga-duga.

    BalasHapus
  16. Untuk para emak emak bisa ceh pantengin Shopee Moms Club untuk dapat info soal keluarga dan anak. Termasuk cari mainan anak yang memang friendly

    BalasHapus
  17. Nah.. ini yang mamak-mamak suka kak.
    Beli mainan buat anak dengan harga murah, tapi masih bisa dapet cashback pula..
    Jadinya double combo. Anaknya senang, ibunya riang karena dompetnya aman.. wkwkwk
    Mau gabung ah ke shopee Moms club'.

    BalasHapus
  18. wah bagus banget bisa jadi rekomendasi niy kak buat saudara saya yang punya anak kecil, apalagi mainan edukasi gini bermanfaat banget pastinya, dan bsia beli online lagi ya di shopee moms

    BalasHapus
  19. Mainan edukasi yg bukan hanya bermain tapi jg belajar, jadi seru banget sih

    BalasHapus
  20. Nah setuju ini semakin dini anak dikenalkan dengan mainan edukasi semakin terasah motorik dan kepekaannya ya mbak

    BalasHapus
  21. Kalau aku mah suka mainan apa saja ini karena anak anak bebas melakukan aoa saja
    Hanya saja memang kadang kubelikan mainan yang punya pakem tumbuh kembang tertentu

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.