Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Pukulan dalam Permainan Bulutangkis/Badminton

Kemenangan sebuah permainan bulu tangkis tidak serta merta karena unsur keberuntungan saja. Terdapat beberapa teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis/badminton yang digunakan sehingga bisa memenangkan suatu kompetisi. 

Tanpa adanya teknik permainan yang bagus tentu Liem Swie King, Maria Kristin, Rudy Hartono hingga Susi Susanti tidak bisa mendapatkan kemenangan. Maka dari itu, penting sekali mengetahui apa saja teknik pukulan yang ada dalam permainan bulu tangkis. 

Rudi Hartono
Rudi Hartono, "dewa" badmintonnya Indonesia / Badmintalk


Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis/Badminton


Unsur utama untuk memenangkan pertandingan bulu tangkis ialah teknik pukulan. Tanpa adanya teknik pukulan yang bagus, tentu tidak akan pernah bisa memenangkan pertandingan. Bisa dikatakan bahwa teknik pukulan merupakan hal yang harus dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis.

1. Service


Service merupakan salah satu teknik pukulan yang paling sering dilakukan. Secara singkat service bisa dijelaskan sebagai pukulan untuk permulaan permainan bulu tangkis. Pukulan ini memiliki tujuan tertentu dan bukan secara cuma-cuma dilakukan saja. 

Teknik pukulan service yang ada dalam permainan bulu tangkis bertujuan untuk memasukkan shuttlecock menuju area lawan secara diagonal serta dipakai untuk mengawali permainan bulu tangkis. Teknik pukulan ini terdiri dari sejumlah variasi yaitu service pendek, panjang, mendatar dan cambuk.

Service Pendek

Service pendek seringkali disebut sebagai short service. Jenis service ini bukan hanya sekadar membutuhkan tenaga saja melainkan ada teknik khusus di dalamnya. Shuttlecock harus didorong menggunakan perpindahan berat badan dari belakang menuju depan secara berirama. 

Kemudian, gerak pergelangan tangan hanya digunakan untuk menentukan arah saja. Ketika melakukan service ini, pemain harus mengusahakan agar laju shuttlecock dekat dengan ketinggian net sehingga akan menyulitkan lawan untuk mengambil shuttlecock.

Service Panjang


Service panjang atau lob service dipakai biasanya untuk permainan dengan jenis tunggal. Service ini mengarahkan shuttlecock menuju ke dekat garis bagian belakang area lawan secara menukik dan tajam. Maka dari itu, pukulan ini seringkali membutuhkan banyak tenaga.

Untuk melakukan service panjang, pemain bulu tangkis perlu memasang kaki kiri di bagian depan dan kanan di belakang dengan posisi agak lebar. Kemudian, langsung ayunkan saja lengan dari belakang menuju depan dengan penerusan keras sehingga akhir gerakan menjadi seluruh pukulan yang sempurna.

Service Mendatar


Service mendatar ialah gerakan service yang dilakukan memakai pukulan shuttlecock tangan dan raket secara mendatar. Kemudian, tenaga yang dikeluarkan guna menembak shuttlecock dikendalikan sehemat mungkin. Target sasaran tembak ada di sudut perpotongan garis belakang dan tengah.

Service Cambuk

Service cambuk dibuat sengaja untuk mengecoh lawan. Hal ini karena shuttlecock akan jatuh cepat menggunakan kekuatan yang sangat kuat sehingga menjadikan lawan tidak menyadarinya. Service ini dilakukan seperti halnya service biasa, akan tetapi pukulannya dilakukan dengan cepat mencambuk.

2. Lob


Lob juga merupakan salah satu teknik pukulan yang ada dalam permainan bulu tangkis. Teknik pukulan lob dipukul secara melambung menuju atas dan shuttlecock secara tajam akan menukik ke bawah area milik lawan.

Teknik pukulan mandraguna ini dapat dilakukan melalui dua cara yaitu overhead lob serta underhead lob. Khususnya underhead lob merupakan jenis pukulan sangat penting dalam usaha pertahanan sekaligus melakukan penyerangan dengan musuh. Pukulan lob juga banyak macamnya seperti berikut.

Lob Serang

Jenis pukulan lob serang merupakan pukulan yang dilakukan baik dari sisi atas maupun bawah. Pukulan lob serang dari bagian atas memiliki aturan shuttlecock diambil dari depan badan bagian atas kepala kemudian dilambungkan secara cepat dan rendah.

Sementara itu, pukulan lob serang dari bawah merupakan pukulan dimana shuttlecock diambil dari bawah sebelum kemudian dilambungkan agak cepat dan rendah. Biasanya kedua pukulan lob ini sering digunakan untuk menyerangan pihak lawan.

Lob Penangkis


Lob penangkis adalah jenis pukulan dimana shuttlecock dipukul dari sisi depan badan atas kepala dan dilambungkan tinggi hingga jatuh ke garis belakang lawan. Lob penangkis juga terdiri atas beberapa variasi yakni lob penangkis bawah dan atas. Lob penangkis atas biasa dipakai untuk mempertahankan serangan.

Sementara itu, lob penangkis bawah dipakai untuk bertahan dengan cara mengecoh lawan. Caranya tentu saja dengan mengambil shuttlecock dari arah bawah lalu dilambungkan meninggi dan jauh hingga garis bagian belakang. Teknik pukulan ini akan membantu memberikan kelonggaran guna perbaikan posisi.

3. Drive


Teknik pukulan lain dari permainan bulu tangkis ini merupakan jenis pukulan mendatar ke arah
shuttlecock. Bukan itu saja, pukulan ini juga berlangsung sangat cepat yang tentunya amat sulit dikembalikan oleh pihak lawan ketika melakukan permainan.

Pukulan ini secara umum mengarah ke samping kiri maupun kanan area lawan. Biasanya dilakukan di dalam pola permainan ganda serta bisa dilakukan melalui cara forehand maupun backhand. Pukulan ini dilakukan dengan sikap awal yang menghadap ke samping kanan sebelum akhirnya dipukul datar.

4. Smash

Siapa tidak mengenal pukulan smash? Smash adalah salah satu pukulan favorit dalam permainan bulutangkis dan selalu ramai menjadi perhatian. Tentu saja sudah banyak pemain bulu tangkis yang memiliki pukulan smash paling cepat seperti halnya Viktor Axelsen.

Smash merupakan pukulan cepat sekaligus keras dan menukik tajam menuju ke area lawan. Sekilas hampir sama dengan teknik pukulan lob. Hanya saja pukulan smash dibuat secara tajam dan menukik untuk melakukan serangan. Bahkan ada latihan khusus untuk melakukan teknik pukulan ini.

5. Drop Shot

Tentu banyak yang sudah melihat teknik pukulan ini. Teknik pukulan dropshot merupakan pukulan yang dipakai untuk menempatkan shuttlecock dengan cepat dan sangat dekat jaring net pada area milik lawan. Teknik ini banyak dipakai oleh pemain bulu tangkis pemula.

Guna melakukan pukulan drop shot, maka pemain bulu tangkis setidaknya harus memiliki keterampilan penting. Pemain harus mengusahakan shuttlecock jatuh tajam menuju bawah. Pukulan ini bisa dilakukan dari atas menuju bawah secara cepat untuk mengalahkan lawan terbaik.

Drop Atas


Jenis pukulan dropshot atas serupa dengan service. Hanya saja pada pukulan ini shuttlecock tidak mengena raket karena memang tidak dipukul dengan keras, namun gerakan tangan tiba-tiba ditahan layaknya berhenti sekejap.

Jenis drop atas terbagi menjadi dua yakni drop penuh dan potong. Drop penuh banyak sekali dipakai dalam permainan tunggal, khususnya ketika lawan sudah tampak lelah. Sementara itu, drop potong hanya akan menyentuhkan shuttlecock ke raket tanpa gerakan apapun.

jasa pembuatan lapangan

Drop Bawah

Teknik ini memungkinkan pengambilan shuttlecock yang hampir jatuh dengan sangat cepat sehingga akan melambung tinggi sampai nyaris menyentuh net. Kemudian akhirnya shuttlecock akan jatuh di area lawan dekat net.

Teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis/badminton memang banyak jenisnya. Mulai dari pukulan service, lob, drive, smash dan dropshot. Semua teknik permainan ini bisa dikolaborasikan sehingga menciptakan permainan bulu tangkis yang hebat dan apik. Syukurnya, bisa menang sempurna.

Tambahan info bagi Anda yang mencari kontraktor lapangan badminton profesional. Kami menyarankan untuk menggunakan jasa www.jasapembuatanlapangan.id. Berpengalaman selama lebih dari 5 tahun dalam bidang perlengkapan olahraga dan jual karpet badminton berkualitas. 

Tunggu apalagi? Bebas konsultasi.

Salam,
fadlimia jasa pembuatan lapangan



21 komentar untuk "Teknik Pukulan dalam Permainan Bulutangkis/Badminton"

  1. Ternyata banyak juga ya teknik pukulan dalam bermain bulu tangkis, kalo aku main taunya yang penting gak jatuh aja bolanya..heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, awalnya saya gitu juga Mbak,, nulis ini jadi makin paham

      Hapus
  2. Pukulan di badminton banyak banget ya kak. Sekarang jadi mengerti arti dan gerakan2nya. Selama ini ya cuma lihat di tv tim badminton kita bermain. Yg di All England, lupakan aja lah ya. Yg penting fokus ke depan.

    BalasHapus
  3. Ilmu baru nih tentang olah raga bulu tangkis, baca dulu deh praktik nya kalo ingat hehhehe

    BalasHapus
  4. Badminton itu dulu kadang suka maen, apalagi saat bulan puasa. Biasanya main setelah subuh atau buat ngabuburit, cuma gitu maennya ngasal, hehehe... Sekarang klu main lg, bisa diperbaiki lg lewat tutorial tulisan di sini... Makasih Ka...

    BalasHapus
  5. Wah.. saya badminton lovers, Mbak Mia. Saya nonton bulutangkus dari era Liem Swie King sampai Ginting. Dari zamannya Ivana Lie sampai Gorjie. Dan saya selalu perhatikan pukulan-pukulan itu.
    Kuncinya ada di service yang berhasil dilakukan dulu. Apalagi sekarang ada aturan service itu harus di bawah pinggang.

    BalasHapus
  6. ternyata ada banyak ya tehnik pukulan badminton, selama ini hanya tau service dan smash aja. Service pun ada macam-macam juga ternyata, ilmu baru nih

    BalasHapus
  7. Paling gemes kalau service nya di bilang fault sama judge 😫. Apalagi kejadian All England kemarin, asli bikin nyesek.. Belum bisa move on 😭

    BalasHapus
  8. Makasih banget sharenya, kemarin ditanyain anak-anak yang lagi belajar tentang pukulan di bulu tangkis, aq kesusahan menjelaskan. Dengan adanya postingan ini jadi tinggal sodorkan buat dibaca mereka

    BalasHapus
  9. Baru tau banyak istilah mengenai teknik pukulan badminton. aku cuman tau service doang dong, mbak. haha T>T

    BalasHapus
  10. Wah ternyata ada banyak ya teknik nya. Selama ini tahunya service sama smash aja hehe. Menarik memang badminton ini. Termasuk olahraga yg banyak peminatnya

    BalasHapus
  11. wuah aku baru tau istilah-istilahnya
    sampai lupa kemarin pas badminton, aku pakai teknik apa aja sih, hahaha
    gak tau namanya sih hahaha

    BalasHapus
  12. wah bu dosen juga penggemar bulutangkis ya
    aku sih suka nonton badminton, tapi cuma tahu smash aja, hahaha

    BalasHapus
  13. Aku taunya servis dan smash doang. Ternyata banyak banget ya jenis n tehnik2 dalam bulu tangkis.

    BalasHapus
  14. Jaman aku masih kecil doyan banget nonton pertandingan bulu tangkis. Pada masaya kan hebh bangetya kak.

    Aku sih nggak jago main bulu tangkis, hanya sekadar bisa aja.

    Karena usia SMA aku ikut olahraga tenis lapangan dan itu tekniknya cukup berbeda dengan bulu tangkis. Hehe

    BalasHapus
  15. Duh, ternyata ada banyak teknik pukulan di olahraga badminton ya. Dulu pas yuni masih kerja di kebun mah suka asal main aja. Asal tepok suttlecock pokoknya lewat aja dari net udah hebatlah menurut yuni. Hehehe..

    BalasHapus
  16. Baru tahu tentang teknik2 pukulan dalam bulu tangkis. Aku gak terlalu ngerti sih, kalaupun main masih cupu sebisanya aja, hahah. Gak ngerti teknik2nya ternyata ada banyak.

    BalasHapus
  17. Dari dulu tuh aku paling takut kalao udah di-smash... Haha

    Perih di kulit. Apalagi kalau kawannya niat banget. Kabur duluan pasti 😂

    BalasHapus
  18. Waah ternyata istilah pukulan di badminton macam-macam ya. Bahkan untuk service pun banyak istilah .

    BalasHapus
  19. Jadi kangen main badminton nih, Kak. Selama ini main badminton ga pakai teori macam-macam, haha, akhirnya ya ga berkembang, namanya juga ga pengin jadi pemain profesional. Lob itu pernah tidak ya kupraktikkan, istilahnya keren juga! Siapa tahu anak-anak bisa baca ini dan mau jadi pemain badminton andalan berikutnya. Smash!

    BalasHapus
  20. Baca badminton jadi sedih inget atlet atlet kita yang harus mundur di kejuaraan internasional kemarin ya.. huhu. Biasanya tiao pertandingan selalu ditunggu tunggu tuh, nggak ada indonesia jadi kurang bgt yaaa

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.