Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Moms Community Pintar SEO Sembari Bersamai Buah Hati

Mulai 1 April 2021 lalu saya mengikuti materi Search Engine Optimization (SEO) di grup SEMOC (SEO Moms Community). Kegiatan ini sekaligus membuka SEMOC wilayah Sumatra dengan koordinatornya Kak Arda Sitepu.

Oya, untuk bisa menjadi peserta, kita dipersilakan mengisi formulir lalu pengurus SEMOC akan menentukan apakah kita lolos menjadi peserta atau tidak. Bersyukur sekali saya bisa menjadi penghuni.
 
belajar SEO di SEMOC
 
Tentang Sang Coach, Bang Q, nama aslinya M. Sahlan, sejak SMA biasa dipanggil Qbenk atau Bang Q. Lahir dan besar di kota khatulistiwa Pontianak Kalimantan barat, Sejak ibu beliau wafat November 2019 ia pindah sementara di rumah abangnya di Sei Raya Kabupaten Kubu Raya. Daerah kabupaten yg berbatasan dengan kota Pontianak, daerahnya tidak jauh dari bandara Supadio, Kubu Raya.

Bang Q aktif sejak 2005, masih berprofesi sebagai kuli bangunan. Mendalami dunia SEO tahun 2008 lewat forum forum online via email di seo master Indonesia. Ia tertarik dengan SEO karena pada tahun 2007 seorang staf BNP Kalbar menemuinya karena sebuah tulisan hasil karyanya tentang narkoba di Google. Ia pun diminta untuk berbicara tentang kampanye anti narkoba lewat blogging di aula kantor gubernur Kalimantan barat. Wow, hebat ya!

Pada tahun 2008 Bang Q fokus pada SEO, dan di tahun 2011 ia mulai memberanikan diri ikut kompetisi SEO yg kecil, saat itu sempat juara 10 dengan hadiah 75 ribu rupiah.

Hadiah yang diperoleh syaratnya harus punya rekening sementara Bang Q tidak punya rekening. Lalu di tahun 2012 ia terus melakukan berbagai test seo trial & error tanpa bimbingan dan hanya mengandalkan warnet dengan biaya hasil nguli bangunan.

Namun sebelum semua mencapai puncaknya, ayah bang Q lebih dahulu dipanggil Yang Maha Kuasa. Awal 2013 ia meminta izin ke ibunya untuk berhenti dari kuli bangunan dan fokus di SEO kompetisi dan menekuni jasa SEO.

Nah di tahun 2013, puncaknya Bang Q bermain SEO secara penuh waktu. Hadirnya Seo Moms Community (SEMOC) adalah dalam upaya ungkapan kasih sayangnya kepada ibunda yang menyusul ayahanda berpulang ke rahmatullah.

SEMOC merupakan jaringan murni pembelajaran SEO secara online yang dikhususkan untuk blogger perempuan Indonesia. Kenapa harus bertitel SEO BASIC? Karena SEO tidak bisa dibangun secara instan.
Belajar SEO itu perlu waktu, tidak instan, dan bukan seperti makan cabai rawit, begitu dimakan langsung terasa pedasnya. 

Mengapa Penting Mempelajari SEO?

SEO adalah ilmu logika sama halnya dengan ilmu pemrograman, karena bahasa pemrograman adalah bahasa utama algoritma. Dan bahasa pemrograman mengunakan operasi logika.

Maka tidaklah heran jika bahasa dasar html, java selalu ada kata b:if (jika). SEO sudah tentu juga identik dengan logika. Dalam mempelajari SEO kita harus terlebih dahulu mengenal basic atau dasarnya, tidak bisa langsung membangun sebuah blog dengan pendekatan tingkat lanjut atau backlink. Karena pada dasar membangun sebuah blog sama seperti membangun sebuah rumah.

Bangun pondasinya

Hal pertama yang harus dibangun adalah pondasinya. Kebanyakan dari kita tidak mempedulikan dasarnya. Maunya langsung blog kita punya kekuatan, punya kualitas dan segudang kelebihan lainnya. Tetapi tanpa disadari pondasi blog kita rapuh. Maka tidaklah heran jika ada yg mengeluh kualitas blognya dari sisi domain authority (DA) yang awalnya tinggi tetiba turun.

Bahkan ada yg sulit terindeks, tidak terindeks dan lain-lain. Kenapa bisa begitu? Karena blog tidak memiliki dasar yang kuat, pondasinya lemah dari sisi onpage. SEO itu ibarat orang akan menyeberang jalan. Sebelum menyeberang lihat dulu kanan dan kiri, setelah aman baru menyeberang, hasilnya akan aman.
SEO itu ibarat orang yang akan menyeberang jalan. Hati-hati jangan asal main SEO awas tertabrak

Coba kita menyeberang tanpa melihat kiri kanan? Hasilnya, tebak sendiri. Dalam SEO ada 2 tahapan utama yang akan kita lalui. Pertama adalah seo onpage dan kedua adalah seo offpage.

SEO onpage terdiri dari 8-9 tahapan, sedangkan offpage hanya bermain link building

Yang perlu dipahami,, kita di sini bukan belajar untuk menaikkan DA dan PA blog. Tetapi belajar bagaimana SEO berdasarkan parameter google. Bukan berdasarkan indeks parameter yang lainnya semisal Moz, Ahrefs, Semrush, dan lain-lain.

Walaupun begitu secara tidak langsung parameter tersebut akan naik dengan sendirinya seiring dengan perjalanan waktu. Kenapa? Karena tool-tool yg ada rujukannya adalah google.

Kenapa penting belajar pengantar ini? Agar lebih mudah memahami SEO dengan baik dan mudah memahaminya. Kita masih akan bicara SEO secara historis untuk memperdalam pengetahuan mengenai SEO. Karena dengan mengetahui historisnya kita akan lebih mudah lagi memahami SEO.

Sebelum masuk ke tahapan belajar sendiri, sebaiknya pelajari dulu historisnya. Inilah kunci mempelajari SEO, bedanya dulu belajar sendiri tanpa guru, sekarang sudah lebih baik di sini belajar ada coach yang mendampingi.

Kesimpulan

Tidak ada kata mustahil untuk pintar SEO bagi Moms yang kesehariannya takut kehilangan momen kebersamaan dengan buah hati tercinta. Karena SEMOC memiliki cara dan waktu belajar yang sangat fleksibel dan memudahkan para peserta.

Meski demikian kedisiplinan membaca materi yang diberikan Bang Q dan mempraktikkannya langsung di blog, menjadi pendukung keberhasilan belajar SEO sampai pintar di SEO Moms Community ini.

Selamat belajar!
Salam,
nurhilmiyah


14 komentar untuk "SEO Moms Community Pintar SEO Sembari Bersamai Buah Hati"

  1. Termasuk saya juga nih, masih awam pol masalah SEO. Kuncinya dari kemauan sendiri sih, kalau mau padat jam terbangnya musti terjatuh jatuh dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang seru sih belajar SEO ini tp mesti rajin menerapkan hasil belajarnya jg Mbak

      Hapus
  2. Saya termasuk yang udah merasa malas duluan kalau membahas SEO. Merasa berpikir blog nanti juga punya jalan dan nasibnya sendiri mau ada yg baca atau tidak
    Padahal SEO juga ilmu ya.
    Tidak ada salahnya kita mempelajarinya...

    BalasHapus
  3. Saya tahun SEMOC dan Bang Q dari postingan teman-teman anggotanya di timeline sosial media mereka. Baru tahu kisaha hidup founder-nya yang sungguh menginspirasi.
    Terlait ilmu SEO dalam dunia blogging saya setuju jika mesti dipelajari. Jadi enggak asal nulis lagi tapi ada teknik dasar sehingga tulisan ter-indeks dan lebih lanjut terbaca nantinya

    BalasHapus
  4. wah mantappp, pengen ikutan, tapi apa harus jadi mom dulu kak mia?

    BalasHapus
  5. Sepakat mbak SEO memang sangat penting tp puyeng juga yah belajar SEO hihi

    BalasHapus
  6. Aku pengen gabung sama komunitas ini, tapi belum rezeki nih. Semoga kalau ada bukaan member lagi, bisa gabung aaah. Mau juga belajar SEO sambil momong bocah hehe.

    BalasHapus
  7. Ya Allah kak, rugi besar awak.. padahal ada di kelas itu, tapi belum bisa ngikutin karena kerempongan yang terjadi setelah mama sakit dan pindah. Hiksss pengen belajar lagi..

    BalasHapus
  8. Semoga amalnya Mas Qbenk bisa menjadi amal bagi orang tuanya juga. Amin.

    Pengen sih blog itu SEO. Tapi, kadang untuk melalui prosesnya itu kadang males sih. Pengennya cuma ngedesain blog aja. Tapi kalau baikin struktur blog atau buat tulisan yang bagus, kadang mager eh. Kenapa ya?

    BalasHapus
  9. Salut sama perjuangan Bang Q.
    Memang ya, gak ada kata mungkin untuk belajar SEO untuk emak-emak kayak saya.
    Tapi, untuk saya yang mager ini, duhhhh....

    BalasHapus
  10. Nambahin 1 lagi boleh yaa mba? SEO adalah seni. Tiap orang punya ekspresinya yang berbeda. Sama seperti pekerja seni, pelukis, penulis, dsb. Mereka punya sudut pandang masing-masing. Tapi tujuannya sama.
    Jadi ngga ada yg lebih baik atau lebih buruk.
    Mudah-mudahan SEOMoms semakin keren yaa 😀

    BalasHapus
  11. pengen gabung dengan komunitas SEMOC ini mom gimaana caranya ya, biar blog saya juga makin lebih baik dan SEO friendly niy.

    BalasHapus
  12. SEO memang gak ada yang instan. Mi instan aja harus direbus dulu 3 menit baru bisa di makan. Belajar SEO sama SEO Mom Community pasti seru ya, mba.

    BalasHapus
  13. SEO itu mudah dan logis. Biasanya pusing duluan karena tidak diajari dari dasar banget. Di SEMOC kita dapat ilmunya dari nol. Yuk, semangat belajar dan praktek.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.