Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makan Nasi Bebas Pestisida dan Arsenik

Makan nasi bebas pestisida dan arsenik - Orang Indonesia memiliki kebiasaan turun temurun mengonsumsi nasi setidaknya tiga kali dalam sehari. Istilahnya, jika lambung belum terisi nasi, itu artinya belum makan, terasa familier, kan. 

Nah, sebagai bahan utama pangan, tentunya nasi yang dimakan itu mestinya dalam kondisi terbaik, bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti pestisida dan arsenik.

vitarice low sugar multicooker
Rekomendasi para koki


Bahaya Pestisida dan Arsenik

Menurut laman Corteva, pestisida adalah zat kimia maupun bahan jasad renik maupun virus yang digunakan untuk mencegah hama penyakit, yang berpotensi merusak tanaman dan mengganggu hasil pertanian.

Pestisida

Meski pestisida mempunyai kegunaan, namun ada bahaya yang mengancam berasal dari pestisida. Paparan pestisida bisa melalui 3 (tiga) cara, yaitu kontak langsung ke kulit, menghirup udara yang terkontaminasi pestisida, dan mengonsumsi makanan yang tercemar zat ini. 

Menurut Alodokter, ada 5 (lima) bahaya bagi kesehatan, gangguan reproduksi, gangguan kehamilan dan perkembangan janin, penyakit parkinson, pubertas dini, dan kanker.

Arsenik

Sementara zat berbahaya lain, yaitu arsenik. Disarikan dari Wikipedia, arsenik, arsen, atau arsenikum adalah unsur kimia, bahan metaloid beracun yang senyawanya digunakan sebagai pestisida. Jadi antara pestisida dan arsen ini kurang lebihnya bisa disamakan. 

Arsenik dalam dosis tertentu pernah digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti psoriasis, sifilis, ulkus kulit, dan penyakit persendian, bahkan leukemia. Kendati demikian arsenik sangatlah mematikan sama seperti racun sianida. 

Orang bisa terpapar arsenik dengan minum air tanah yang tercemah racun arsenik, mengonsumsi makanan dari hasil tanaman yang ditanam di tanah atau dialiri air yang tercemar, merokok, atau bekerja di lingkungan pertambangan dan pabrik mengguna racun arsenik, intens menghirup udara tercemar arsenik.

Jadi bisa diketahui risikonya jika padi yang terkontaminasi pestisida dan arsenik, setelah jadi beras dan ditanak menjadi nasi, lalu dikonsumsi manusia tanpa semacam filter atau pengolahan dengan memisahkan nasi dari paparan zat-zat berbahaya. Beras organik sekalipun tidak bebas sepenuhnya dari paparan arsenik ini.

Vitarice T-6 Low Carbo Multicooker

Vitarice T-6 Low Carbo Multicooker adalah penanak nasi otomatis dengan teknologi termosteam yang dapat menghadirkan nasi sehat bagi kita semua. 

Pengalaman penulis menggunakan rice cooker merek lainnya, nasi bisa berubah warna, kadang menjadi keras, tidak pulen, dan akhirnya terpaksa dibuang jika tidak bisa lagi diubah menjadi makanan lainnya, seperti nugget nasi.

Ada langkah-langkah Vitarice T-6 dengan termosteam, yang dapat menurunkan kadar gula berlebih hingga 50%. Tahu sendiri kan bahaya gula berlebih bagi kesehatan tubuh? Dapat mengakibatkan penyakit jantung, diabetes, penuaan, obesitas, kanker, dan kolesterol.

Maka menanak nasi dengan Vitarce T-6 ini termasuk chef recommendation atau rekomendasi para koki terkenal di nusantara. Selain mengusung slogan new generation low carbo multicooker, Vitarice T-6 ini juga dapat memasak beragam jenis dan bahan masakan seperti nasi putih, nasi merah, bubur, sup, buncis, kacang, daging sapi, ayam, kue, dan pangsit.

4 (Empat) Step Penanak Nasi Vitarice T-6 dalam Menurunkan Kadar Gula:

  1. Suhu yang tepat, Memasak dengan suhu yang tepat (suhu gelatinisasi) sehingga dapat melarutkan gula berlebih ke dalam air.
  2. Suhu konstan, melalui suhu yang tepat, dengan mempertahankan suhu konstan selama 15-20 menit agar lebih banyak gula yang larut dalam proses menanak.
  3. Memisahkan, Vitarice memiliki wadah penampung air sisa pembuangan gula.
  4. Melembapkan, menjaga kelembapan nasi agar selalu pulen, lembut dan, mengembang.

Kesimpulan

Kita bisa makan nasi bebas pestisida dan arsenik serta dapat menurunkan kadar gula dalam nasi hingga 50%, dengan Vitarice-T6 new generation low carbo multicooker. Chef recommendation karena dapat digunakan untuk mengolah beragam jenis masakan. Keren kan.

Agar lebih puas menyaksikan Vitarice T-6 ini, yuk saksikan video unboxing-nya di bawah ini ya.



Salam sehat,
vitarice with fadlimia com


Referensi:

https://www.corteva.id/berita/Mari-Mengenal-Lebih-Banyak-tentang-Jenis-Pestisida.html
https://www.alodokter.com/sedekat-inilah-pestisida-dengan-kita
https://id.wikipedia.org/wiki/Arsen
https://www.alodokter.com/racun-arsenik-tidak-berwujud-tapi-sangat-berbahaya
https://gogomedia.id/vitarice-t6/








17 komentar untuk "Makan Nasi Bebas Pestisida dan Arsenik"

  1. Alhamdulillah zaman now sudah ada penanak nasi yang smart ya kak, seperti Vitarice T-6 Low Carbo Multicooker.

    Tau gak kak, bukan cuma pestisida dan juga arsenik, bahkan pernah dokter cerita kalo ada beras yang mengandung pil KB biar rasanya pulen. Ada-ada aja ya kak.
    Ketahuannya gara2 ada suami istri yang Konsul sudah bertahun-tahun gak punya momongan. Pas diperiksa ternyata keduanya sehat. Dokter minta sample berasnya. Ternyata dari hasil lab mengandung pil KB. Setelah ganti merk beras qadarullah gak lama istrinya hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampiun nggak banget yaa seandainya makan nasi ada campuran pil KB nya ihhhh

      Hapus
  2. Saya pernah baca tentang penanak nasi alias rice cooker yang bisa bikin nasi jadi low carbo.
    Pengen de punya...
    Tapi serem juga ya kalo nasi bisa mengandung arsenik, racun yang sering muncul di buku detektif Agatha Christie.
    Kalo mengandung pestisida udah sering dengar

    BalasHapus
  3. iya nih, seringkali maska nasi jadi keras, ga pulen, ga laku akhirnya...ternyata bahaya arsenik dan pestisida ngeri ya. Bahkan beras organik pun bia mengandung dua zat ini. Maka Vitarice T-6 low carbo multociooker bisa jadi solusi karena adanya teknologo thermostat untuk nasi lebih sehat

    BalasHapus
  4. Baru aja liat penanak nasi di rumah, eh ketemu artikel ini. Penanak nasi saya di rumah harus dicabut kalo udah lama nyolok di colokan listrik biar nasi ga gampang kuning dan cepat basi. Ternyata malah ada yang lebih bahaya lagi, kandungan gula tinggi dan beracun kalo penanak nasinya ga bener. Wah ngeri

    BalasHapus
  5. Dengan penanak nasi pintar begini, Insyaallah masyarakat akan makin sehat dan terbebas dari makan nasi yg mengandung zat tidak baik untuk tubuh. Inovasinya luar biasa canggih ...

    BalasHapus
  6. Eh canggih ya pemasak nasinya, bisa mengurangi kadar gula pada nasi sehingga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit yang disebabkan gula pada nasi.

    BalasHapus
  7. Teknologi yg maju semakin memudahkan orang yg mba dalam memasak nasi misalnya. Rice cooker di rumah suka masalah kalau nasi terlalu lama di dalam kdang suka kuning. Akhirnya jarang masak nasi dalam jumlah banyak

    BalasHapus
  8. Wah, jadi penasaran sama penanak nasinya. Bisa bantu menurunkan kadar gula di nasi sehingga (mungkin) bisa bantu cegaj diabetes juga.

    Kalau masak pakai penanak nasi Vitarice T6, bakalan mengubah rasa nasinya nggak sih Kak?

    BalasHapus
  9. wah penting banget niy cara memasak nasi yang benar termasuk menggunakan alat yang benar untuk memasaknya. apalagi saya sedang belajar masak dapur niy, hal-hal seperti ini wajib banget tahu biar aman dan tetap sehat

    BalasHapus
  10. bagus produknyaaa, teknologi makin canggih aja yaa. Apalagi bisa bermanfaat buat kesehatan gini, jadi masyarakat banyak pilihan sekarang

    BalasHapus
  11. Wah, Vitarice T-6 cocok banget sama penderita diabetes ya uni. Bisa jadi bingkisan berharga banget ini buat saudara.

    BalasHapus
  12. Hwaa kok serem yaa denger ada arsenik segala di beras mba. Itu kan beracun banget dan akibatnya bisa fatal yaahh. Aku kebetulan lagi cari ricecooker emang huhu, mau coba cari ini deh

    BalasHapus
  13. Masakan yang masih terkontaminasi dengan bahan pestisida tentunya akan berbahaya ya untuk kondisi kesehatan. Produk VItarice T-6 ini belum pernah saya cobain sih tapi memang bagus banget pastinya terutama yang mau mengurangi kadar gula yang dikonsumsi ya.

    BalasHapus
  14. Wah serem juga ya kalau nasi sampai tercemar Arsenik dan saya baru tau ternyata bisa juga bersumber dari penanak nasi listrik..harus punya produk Vltarice T-16 nih sepertinya saya spya nasi yang ditanak jadi lebih sehat

    BalasHapus
  15. Bahaya banget ya kalau konsumsi nasi masih ada bahan pestisidanya. Memang kita itu harus hati-hati banget. Caranya bisa pakao rice cooker, Vitarce T-6 dan kerennya menurunkan ladar gula sampai 50%. Mantep banget.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.