Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Membeli Mobil Melalui Lelang Mobil ?

Cara beli mobil bekas melalui lelang sebenarnya sangatlah mudah. Bagi Anda yang belum pernah melakukannya dan berminat, bisa membaca ulasan singkat berikut. Ini adalah ulasan bagaimana untuk mendapatkan mobil second melalui pelelangan mobil. 

Perlu diketahui, mobil bekas di balai lelang juga harganya bersaing dan dapat membantu Anda mendapatkan mobil impian dengan harga terbaik.

Tata Cara Beli Mobil Bekas Dari Lelang Mobil

Membeli mobil bekas adalah pilihan untuk beberapa pihak dengan dana terbatas. Anda tidak selalu harus mencari mobil yang mau ditake over. Coba untuk kunjungi balang lelang di tempat Anda berada. Beberapa pelelangan mobil bahkan melayani pembelian online. Tak bisa dipungkiri, harga mobil yang ditawarkan melalui lelang bisa jauh di bawah harga pasaran.

1. Tempat Lelang Terpercaya

Sekarang ada banyak tempat lelang mobil yang bisa Anda pilih sesuai preferensi. Anda bisa memilih badan lelang mobil lokal yang dekat dengan tempat tinggal Anda berada. Bisa juga mengunduh aplikasi dan mengikuti lelang mobil secara online.

Semua memiliki plus minusnya masing-masing, jadi tinggal dipilih sesuai kebutuhan. Dengan demikian, Anda bisa beli mobil bekas dari berbagai sumber. Hal terpenting adalah memastikan badan lelang tersebut dikenal secara luas dan bukan badan ilegal.

cara membeli mobil
Ilustrasi mengendarai mobil / freepik

2. Ikuti Proses Lelangnya

Setelah menentukan tempat lelang yang akan diikuti, maka Anda tinggal mempelajari proses lelang dari tiap tempat tersebut. Tentu proses lelang rata-rata sama, tapi pastikan Anda mengetahui tata cara lelang sehingga Anda bisa mencoba untuk mengikutinya.

Prosedur balai lelang online mungkin berbeda dengan yang offline. Anda mungkin perlu mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses melihat-lihat pilihan mobil yang akan dilelang. Ikuti prosesnya sehingga Anda tidak ketinggalan waktu atau terlambat dalam melakukan bidding dan lain sebagainya.

3. Melihat Pilihan Mobil

Sebagai peserta lelang, Anda bisa melihat opsi mobil bekas yang dicantumkan baik dari situs maupun aplikasi. Beli mobil bekas dengan cara lelang berarti Anda perlu melihat pilihan yang tersedia. Kadang pilihan yang ada tidak selalu ideal dan sesuai dengan harapan.

Anda bisa membaca deskripsi tiap pilihan mobil dan memeriksanya langsung ditempat. Jadi, Anda dapat yakin dengan mobil yang akan diincar selama pelelangan. Umumnya badan lelang akan memperbolehkan peserta lelang untuk datang dan melihat sendiri mobil yang akan dilelang.

4. Jadwal Lelang Mobil

Beli mobil bekas dari lelang berarti Anda harus hafal mulai dari hari dan tanggal lelang tersebut akan dilaksanakan. Sesekali jangan lupa untuk memastikan ulang untuk meyakinkan kalau tidak ada perubahan jadwal mendadak yang tidak Anda ketahui.

5. Daftar Lelang dan Pengambilan Nomor

Lelang mobil umumnya mengharuskan peminat lelang untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda perlu mengisi data diri dan mengajukan sebagai peserta lelang. Anda akan mendapatkan nomor peserta lelang (NPL) yang akan digunakan saat lelang.

Jadi, NPL adalah syarat wajib untuk beberapa badan lelang untuk menyortir pesertanya. Hanya mereka yang sudah mendaftar yang nantinya bisa ikut lelang. Angka NPL didapatkan dengan melakukan deposit dengan sejumlah uang tertentu.

Peserta yang mendapatkan nomor nantinya bisa bidding pada mobil yang diinginkannya. Anda akan menghadapi peserta lelang lainnya dan mobil akan diberikan pada peserta yang menawarkan uang dalam jumlah terbesar.

cara membeli mobil melalui lelang mobil
Memiliki mobil bisa melalui lelang / Freepik

6. Pembayaran Nomor Peserta Lelang ( NPL )

Badan lelang akan memastikan pesertanya adalah orang-orang yang benar-benar serius untuk membeli mobil atau kendaraan lainnya yang tersedia. Deposit umumnya berupa sebagai jaminan lelang yang setelah acara akan dikembalikan. Biasanya peserta perlu membayar sekitar 5 juta hanya untuk bisa dapat nomor.

Beli mobil bekas dengan lelang perlu melakukan pembayaran NPL yang terpisah dari mobil yang diinginkan. Umumnya hal ini dilakukan melalui virtual account, transfer pada akun bank yang dimiliki atau bahkan kartu kredit.

Tiap badan lelang memiliki kebijakan pembayaran yang berbeda-beda. Anda perlu mengetahuinya sehingga tidak kesulitan ketika akan melakukan penawaran. Kemudahan pembayaran bukan hanya untuk mendapat nomor tapi juga ketika akan melunasi mobil yang dimenangkan.

7. Mengikuti Lelang Mobil

Lelang mobil hampir sama dengan lelang item lainnya. Anda bersaing dengan peserta lain untuk mendapatkan item yang diinginkan sesuai dengan kesepakatan yang diberikan. Biasanya penawaran dilakukan dengan harga pembuka dan peserta dapat menaikkan harganya sampai tidak ada peserta lain yang ikut penawaran.

Anda perlu cermat ketika mengikut lelang mobil karena emosi ingin menang kadang mempengaruhi analisis seseorang. Hindari buat keputusan yang gegabah dan pantau terus aktivitasnya dengan saksama.

8. Pelunasan Mobil

Anda telah memenangkan lelang mobil dan memperoleh mobil yang Anda inginkan. Sebelumnya tentu Anda sudah mengecek kondisi fisik dan juga surat-suratnya. Anda juga perlu memiliki harga batasan untuk mengikuti lelang sesuai kondisi mobil dan bukan karena emosi ingin menang lelang.

Jika menang lelang, peserta akan melunasi mobil pada kurun waktu yang sudah ditentukan. Biasanya sekitar 5 hari sampai seminggu dari lelang yang sudah diadakan. Jika kalah, deposit tersebut akan dikembalikan sehingga tidak merugikan pelanggan.

9. Pengambilan Mobil

Anda berhasil memenangkan mobil yang Anda inginkan dan setelah membayarnya, mobil beserta dokumennya tinggal Anda ambil. Pemenang bisa langsung membawa pulang mobil yang sudah didapat dari hasil lelang tersebut.

Pemenang lelang adalah penawar tertinggi pada mobil yang ditawarkan. Umumnya hal ini ditandai dengan memukul palu sebanyak tiga kali. Ketukan palu tersebut adalah representasi dari keputusan sah petugas lelang. Mobil tinggal Anda ambil sesuai dengan jangka waktu yang diberikan.

Itulah cara beli mobil bekas melalui lelang mobil yang bisa Anda pilih. Selain memberikan kesenangan, sistem lelang juga memungkinkan Anda untuk memperoleh mobil yang diinginkan dengan harga pantas atau bahkan sangat murah. Itulah pentingnya perhatian dan juga komunikasi.
maybank finance
Senangnya punya mobil / Freepik

Beli mobil bekas yang Anda idam-idamkan dengan badan lelang terbaik dan andal. Umumnya badan lelang adalah nama-nama besar yang kerap melakukan aktivitasnya dan diketahui oleh orang banyak. Konsultasikan keputusan Anda dengan Maybank Finance

Maybank Finance akan membantu pendanaan Anda dan layanan keuangannya akan mempermudah siapapun untuk melakukan pembelian mobil bekas dengan cara lelang, over kredit atau metode lainnya.

Demikian ulasan mengenai cara membeli mobil melalui lelang mobil. 

Salam,
mobil bekas


Sumber:

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/24/102200715/minat-beli-mobil-bekas-di-balai-lelang-begini-caranya?page=all

https://otoseken.gridoto.com/read/342706601/beli-mobil-bekas-di-balai-lelang-tidak-semua-bermasalah-ini-kata-presdir-ibid

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/begini-cara-beli-mobil-lelang-biar-dapat-harga-termurah/

https://carro.id/blog/beli-mobil/jangan-asal-beli-ini-cara-periksa-mobil-lelang-yang-aman/4254/




10 komentar untuk "Bagaimana Cara Membeli Mobil Melalui Lelang Mobil ?"

  1. pernah dulu pas punya temen yang org tuanya kerja di ptun kak dibilangnya ada itu biasa lelang mobil bekas yg dipakai staff di lelang kan. Dan pernah lihat daftar harganya kan kak. masyaAllah harganya ya kak. kayak kijang-kijang yg model petak dulu itu kadang ada yg cuma 10jt loh kak. ya allah. mayan kali yakan kak. Nice share kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lelang di Maybank Finance, Dek,, bukan PTUN hehe... ok makasih udah mampir ya,,

      Hapus
  2. Harga buka awal lelang memang murah amat ya kak. Tapi yang ditakutkan adalah ketika obsesi pengen menang sehingga harga yang ditawarkan malah jauh dari harga pasar alias ketinggian. Hihi kalo udah gini puas di awal aja.
    Sebaiknya memang cermat y kak sebelum menaikkan harga tawaran

    BalasHapus
  3. Jaman gawai sekarang makin dimudahkan dalam hal apapun ya kak. Termasuk membeli mobil bekas dengan harga miring. Tapi secara pribadi masih agak takut mobil yang dilelang tidak sesuai yang diharapkan. Apakah kalau tidak sesuai bisa dibatalkan?

    BalasHapus
  4. Jd ingat, saya kemarin dapat chat dr penipu an leasing, katanya mo bantu jual barang lelang. Tp emang saya blank urusan Tata Cara Beli Mobil Bekas Dari Lelang Mobil, tq sharingnya kak

    BalasHapus
  5. Lelang mobil itu sama berarti ya kayak lelang-lelang yang ada di film-film.
    Harga tertinggi yang menang..
    Lucu juga kalo pake emosi kek di film-film gitu.
    Tapi saya belom pernah tau la ada lelang apa pun di lingkungan saya sehari-hari.
    Asyik juga kayaknya nonton lelang tu ya...

    Kalo gak ikut lelang boleh masuk gak ya ke TKP, sekedar nonton gitu..

    BalasHapus
  6. untuk mendapatkan mobil second melalui pelelangan mobil, saya taunya pada saat ikut bersama teman dan Ternyata begini tata caranya. Tq infonya bu🙏🏻.

    BalasHapus
  7. Maybank Finance ternyata juga punya fitur pelelangan mobil bekas ya, boleh lah dicoba mana tau kami nanto butuh mobil bekas utk usaha :)

    BalasHapus
  8. Nah, Henny juga baru tau kan kalau lelang itu harganya enggak mahal-mahal banget seperti di film. Meskipun begitu, tetap harus ada finansialnya juga. Hihi … Barang lelang enggak hanya barang antik doang ya kan.

    BalasHapus
  9. Terima kasih bu atas info Tata cara beli mobil bekas dari lelang mobil, selama ini taunya dari teman yang pernah bekerja dan baru tau saya ternyata begini prosedurnya. Selama ini, denger mereka cakap-cakap tentang jadwal.mereka pernah ribut hanya karena jadwal saat itu bu.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.