Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Perguruan Tinggi Bagi Kelas XII

Rabu dan Kamis tanggal 26 dan 27 Januari 2022 lalu saya dan rekan sejawat ditugaskan untuk beranjangsana ke Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Medan. Sekolah tujuan kami SMAN 16 dan SMAN 6 Medan. SMAN 16 Medan berlokasi di Jl. Rahmat Buddin, Medan Marelan, dan SMAN 6 Medan di Jalan Ansari, Medan.

Seru Bertemu Dengan Siswa/i SMA

Kalau bertemu di rumah sih saya berjumpa 24/7 dengan siswi SMA alias si putri sulung yang sekarang menginjak kelas XI di salah satu SMAN di Medan. Syukurnya sih ibunya nggak kebagian berkunjung ke sekolahnya ya, sebenarnya nggak apa-apa juga kalau ditugaskan ke sana, cuma biar dapat sumber inspirasi yang berbeda saja. Di rumah kan dia sudah tiap hari "diceramahi" sama umi.

Kebetulan di SMAN 16 tidak ada ruang pertemuan atau aulanya, sehingga atas arahan Kepala Sekolah yaitu Ibu Fauziah Hasibuan, M.Pd, para siswa kelas XII dibariskan di lapangan sekolah dan kami pun berbicara di depan mereka. Alhamdulillah cuaca sangat mendukung kala itu, tidak panas dan tidak pula mendung akan turun hujan. Pukul  9 lewat sedikit, masih pagi hari.

ayo kuliah di UMSU
Saya berbincang-bincang dengan siswa/i SMAN 16 Medan

Berdasarkan kesepakatan dengan rekan dosen satu tim, saya yang membuka acara, lalu jika ada yang perlu ditambahkan nantinya teman saya akan menyempurnakannya. Saya membuka dengan salam dan penghormatan kepada Kepsek, PKS (Pembantu Kepsek), Ka.TU, staf-stafnya dan para bapak/ibu guru serta siswa/i kelas XII yang berdiri di depan mata, kurang lebih ada 10 (sepuluh) kelas. Menatap wajah-wajah generasi penerus bangsa, seru sekali melihat semangatnya.

Tips Memilih Perguruan Tinggi Bagi Kelas XII

Tiap anak SMA mungkin bercita-cita lulus seleksi PTN, namun terkadang kenyataan berkata lain. Daya tampung kursi di PTN tidak seimbang dengan antusiasme lulusan SMA sederajat yang inign kuliah di kampus negeri. 

tips memilih kampus
Hmm, pada sadar kamera ya,, ^^

Ke manakah jika tidak lulus PTN? Maka mempertimbangkan kuliah di UMSU bisa menjadi salah satu alternatif, tentunya jika tetap ingin kuliah di PTN harus bersabar menunggu jadwal seleksi di tahun depannya, dan bersaing pula dengan adik-adik alumni SMA yang saat ini duduk di kelas XI. Semuanya diserahkan ke orangnya masing-masing, mau kuliah di UMSU atau di mana saja, tidak ada paksaan.

Berikut hal-hal yang saya dan rekan sampaikan saat bersilaturahmi dengan siswa/i SMA 16 Medan. 
  1. Pilihlah program studi yang berakreditasi A dan universitasnya juga akreditasinya A. Mengapa hal ini penting, karena beranjak ke jenjang perguruan tinggi, kamu sudah lebih dekat dengan profesi yang diinginkan. Sehingga harus mendapatkan pendidikan tinggi yang terbaik. Era hari ini, akreditasi yang dituju adalah akreditasi unggul dan akreditas internasional, bukan saja A.
  2. Iklim kepemimpinan yang stabil dan kondusif. Hal ini perlu sebab tak jarang kita ketahui dari media massa beberapa kampus kisruh dengan sengketa yayasannya, yang berujung pada instabilitas keadaan dan suasana akademik di kampus. 
  3. Biaya kuliah yang relatif terjangkau oleh masyarakat. Bahkan bisa dicicil hingga lima tahapan. Tentunya hal ini meringankan dan membantu sekali bagi orang tua mahasiswa.
  4. Lokasi kampus milik sendiri, aman, dan dapat dijangkau oleh angkutan umum.
  5. Atmosfer akademik yang kental, baik dosen maupun mahasiswanya sama-sama aktif dalam pengembangan keilmuan melalui penelitian dan publikasi.
Sejawat saya menambahkan tentang berbagai jalur masuk perguruan tinggi yang bisa ditempuh alumni SMA nantinya. Ada pula jalur beasiswa prestasi dengan dibiayai seratus persen hingga lulus program sarjana. Dengan syarat calon mahasiswa/i memiliki prestasi berskala internasional.

Di akhir sesi kami berfoto bersama sambil meneriakkan slogan kebanggaan yaitu, UMSU! Unggul, Cerdas, Tepercaya!!!

Berkunjung Ke SMAN 6 Medan

Keesokan harinya sesuai jadwal yang sudah kami buat dengan kepala sekolah, kami pun berangkat ke SMA Negeri 6 Medan yang area belakang sekolahnya tampak dari Jalan Sutrisno Medan. Sementara di bagian depannya berada di Jl. Ansari, Medan, kami masuk melalui gerbang depan.

Setelah sowan sebentar bersama kepala sekolah Ibu Siti Rahmah Lubis, S.Pd., M.Si, kami dipersilakan bertatap muka dengan siswa-siswi kelas XII di saat pergantian jam pelajaran. Yang masuk pagi digabungkan di satu waktu dengan yang masuk siang. Berhubung di masa adaptasi kebiasaan baru yang masih menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak, sehingga ada pembagian jam masuk.

Lesehan Di Halaman Sekolah

Sama kondisinya seperti SMAN 16 Medan, SMAN 6 juga tidak memiliki ruang pertemuan, sehingga untuk efektivitas penyampaian materi ke anak-anak, dilakukan sekaligus saja ke seluruh kelas XII. Mereka pun lesehan di depan kami. Kalau sehari sebelumnya, siswa/i SMAN 16 berdiri layaknya akan upacara bendera.

program studi hukum umsu akreditasi A
Meski lesehan tetap asyik menyimak

Halaman sekolah bersih, dipasang ubin semua, sehingga ketika anak-anak duduk tidak akan kotor. Sekolah yang diapit ruko-ruko di Jalan Ansari ini tetap megah berdiri menjadi saksi begitu banyak alumni yang sudah menorehkan namanya pernah bersekolah di sini.

Sama seperti hal-hal yang disampaikan di SMAN 16, di SMAN 6 kami pun memberikan tips memilih perguruan tinggi bagi kelas XII. Bedanya di SMAN 16 ada yang bertanya, di SMAN 6 ini mungkin karena waktu yang digunakan adalah jam pergantian antara siswa pulang dan baru masuk sekolah, sehingga tampaknya mereka ingin cepat pulang atau masuk ke kelasnya.

Intinya kami berpesan bahwa jika ingin memilih perguruan tinggi, pilihlah yang akreditasinya unggul atau A, sebab nantinya ketika akan memasuki dunia kerja, akreditasi biasanya akan ditanyakan oleh instansi pemberi kerja. 

Akreditasi A
Silaturahmi bersama anak-anak SMAN 6 Medan

Alumni kampus yang akreditasnya A mempunyai semacam privilege ketimbang alumni yang berasal dari kampus berakreditasi rendah, sebab mau tidak mau capaian akreditas mencerminkan mutu pendidikan tinggi di kampus tersebut.

Kesimpulan

Tips memiih perguruan tinggi bagi kelas XII ada lima, yaitu pilihlah program studi yang berakreditasi A dan universitasnya juga akreditasinya. Iklim kepemimpinan yang stabil dan kondusif. Biaya kuliah yang relatif terjangkau oleh masyarakat. Lokasi kampus milik sendiri, aman, dan dapat dijangkau oleh angkutan umum, dan atmosfer akademik yang kental, baik dosen maupun mahasiswanya sama-sama aktif dalam pengembangan keilmuan melalui penelitian dan publikasi. 

Alhamdulillah semuanya telah dimiliki Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau UMSU, satu-satunya kampus swasta berakreditasi A di Pulau Sumatra. 

Demikian ulasan saya di artikel kali ini, jika ada yang ingin didiskusikan silakan tinggalkan pendapatnya di kolom komentar ya. Semoga kamu bisa kuliah di kampus impian ya.

Salam, 
nurhilmiyah umsu




12 komentar untuk "Tips Memilih Perguruan Tinggi Bagi Kelas XII"

  1. Akreditasi A artinya mutu pendidikan dan kualitas sekolahnya udh bagus dan alumni kampus yang akreditasnya A mempunyai semacam privilege ketimbang alumni yang berasal dari kampus berakreditasi rendah, Cari kerjaan juga lebih gampang biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah gitu Mbak,, sudah banyak terbukti alumni yg berasal dari kampus akreditasi A, waktu tunggu antara lulus n dapat pekerjaannya gak lama2.

      Hapus
  2. Seru ya bisa berkunjung ke sekolah. Jadi ingat masa-masa putih abu-abu setelah baca postingan ini. Setuju banget kalau memilih perguruan tinggi memang harus yang bagus dan unggul serta berakreditasi A.

    BalasHapus
  3. Wah iya, murid murid saya harus baca tips ini
    Biar mereka nggak bingung lagi saat memilih perguruan tinggi

    BalasHapus
  4. Hai kakak aku Dennise. Terbantu sekali loh dalam memilih perguruan tinggi bagi kelas XII salah satunya program studi yang berakreditasi A dan universitasnya juga akreditasinya. Ini penting banget memang. Biasanya kalau universitas sudah terakreditasi A pekerjaan yang mencari bukan kita yang mencari pekerjaan,he he he

    BalasHapus
  5. Mencari universitas itu memang susah" gampang ya.. Dan harus dipikirkan juga untuk pilihan lainnya agar tidak bingung saat gagal masuk di universitas pilihan pertama.. Dan pertimbangan akreditasi ini juga penting banget saat mencari universitas pilihan ya..

    BalasHapus
  6. Memilih perguruan tinggi ini kudu banget disesuaikan saat try out.
    Kalau sudah bisa mengukur diri dengan kemampuan, maka selanjutnya akan mudah memilih baik jurusan atau kampus mana yang akan ditembak.

    Wah...kak Mia berkutat dengan bidang-bidang kesiswaan begini yaa..
    Rasanya menyenangkan bisa bergaul dengan anak-anak SMA lagi dan mengenal mereka kembali.

    BalasHapus
  7. Mencari universitas yang bagus dan sesuai sama pilihan yang dimau memang sulit ya mba soalnya aku pngalaman bangt saat anter anakku cari2 kampus ..butuh telaten dan hoki supaya dapat

    BalasHapus
  8. Sosialisasi sepeti ini memang penting, karena terkadang banyak anak SMA yg mau tamat tp gak tau arah tujuan perguruan tinggi yg mana

    BalasHapus
  9. jadi inget waktu SMA dulu jarang banget ada sosialisasi kayak gini. padahal kegiatan ini penting banget untuk membantu murid memilih jurusan impian,,

    BalasHapus
  10. Biaya kuliahnya memang perlu dipikirkan, selain itu jarak dan sebisa mungkin ada program beasiswanya biar makin semangat lagi

    BalasHapus
  11. Menarik nih, pas banget anak sulungku tahun depan menginjak bangku kelas XII jadi dapat rekomendasi nih untuk persiapan memasuki perguruan tinggi.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.