Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Mobil Injeksi Paling Simpel, Pemula Wajib Tahu Trik Berikut!

Cara merawat mobil injeksi memang harus bisa Anda lakukan secara benar supaya kondisi mesinnya selalu prima dan bertahan lebih lama. Seperti yang kita tahu bahwa kendaraan roda empat seperti ini merupakan alat transportasi yang hampir sebagian besar orang memilikinya.

Karena fungsinya cukup vital, maka begitu penting bagi pemiliknya senantiasa untuk merawatkan agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Karena perawatan mobil merupakan langkah yang tepat agar penggunanya tidak selalu mengeluarkan biaya banyak apabila mobil sudah rusak.

Injeksi sendiri adalah teknologi terbaru yang telah hadir dengan sejuta keunggulan dari berbagai macam jenis aspek. Sebab efisiensi bahan bakar serta ketahanan mesin ternyata sudah menjadi keunggulan utama dari teknologi terbaru itu.

cara merawat mobil injeksi

Inilah Cara Merawat Mobil Injeksi yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Hampir sebagian besar orang pasti memiliki kendaraan pribadi, seperti mobil karena bisa membuat penggunanya terhindar dari hujan dan panas. Pada dasarnya jika dilihat dari sistem pembakarannya, maka mobil akan terbagi menjadi dua bagian yang berbeda.

Pertama adalah dengan menggunakan sistem pembakaran karburator dan yang kedua adalah dengan menggunakan sistem injeksi. Biasanya rata-rata mobil keluaran terbaru kini sudah menggunakan teknologi dengan sistem pembakaran injeksi.

Akan tetapi jenis sistem pembakaran yang satu ini akan membutuhkan perawatan secara berkala guna menjaga kondisinya selalu prima. 

Sehingga bagi Anda yang mempunyai mobil berteknologi injeksi, sangat penting bagaimana merawatnya agar tidak mudah rusak.Tapi untuk memudahkan Anda dalam mengenal tentang kendaraan, Anda bisa memiliki aplikasi bengkel mobil sekarang juga.

Bersihkan Bagian Throttle Body

Cara merawat mobil injeksi untuk langkah yang pertama adalah dengan selalu membersihkan pada bagian throttle body kendaraan tersebut. Sebab bagian yang satu ini berguna untuk mengatur keluar masuknya udara yang ada di dalam mesin tersebut.

Sementara itu untuk bisa membersihkannya harus menggunakan cairan khusus sebab gum yang sulit untuk dibersihkan. Sehingga Anda dapat langsung menyemprotkan cairan khusus itu pada bagian throttle ketika mesin sedang Anda nyalakan.

Ketika tengah membersihkannya, sebaiknya usahakan supaya mesin kendaraan tidak mati dan tunggu beberapa menit untuk kemudian menghidupkannya. Anda bisa memainkan pedal di dalam putaran mulai dari 5000 hingga 6000 rpm sehingga akan membuat sisa kerak bisa terbuang dari saluran knalpot.

Membersihkan Filter Udara dan Bensin

Cara merawat mobil injeksi selanjutnya sebaiknya Anda jangan sampai lupa untuk rajin membersihkan filter udara serta bensin pada kendaraan ini. Karena hal itu sangat mempengaruhi suplai bensin dalam kendaraan.

Sehingga kondisi filter yang sudah kotor maka harus segera Anda bersihkan kemudian ganti dengan yang baru. Setidaknya pembersihkan harus Anda lakukan tiap sudah mencapai 20 ribu km dan penggantian setiap 40 km.

Setel Karbon Monoksida

Selanjutnya Anda juga dapat menyetel karbon monoksida sebagai tips perawatan mobil injeksi dengan mudah. Biasanya cara ini dilakukan dengan engine analyzer dan sering digunakan untuk mengukurnya.

Selain itu, pengukuran dilakukan supaya bisa mengetahui bagaimana proses pembakaran pada mesin, apakah sudah berjalan sesuai atau belum. Karena pembakaran idealnya adalah dibawah 1% dan apabila di bawah it, maka harus dilakukan penyetelan ulang.

Merawat Nosel Injektor

Cara merawat mobil injeksi untuk langkah selanjutnya adalah dengan merawat pada bagian nosel injektor di kendaraan roda empat Anda. Sehingga Anda dapat melakukan perawatan ini dengan membersihkan bagian yang satu ini secara teratur dan rutin.

Dengan demikian, nantinya semprotan bahan bakarnya akan menjadi lebih ideal dan tentunya jauh lebih sempurna dan bagus. Pada dasarnya kualitas dari bahan bakar yang sering Anda gunakan bisa menyebabkan lubang nosel sebab adanya sumbatan kotoran atau kerak.

Sehingga pada putaran mesin akan menjadi pincang dan bahkan tarikannya akan terhambat. Maka untuk membersihkannya, Anda dapat mencampurkan cairan sebagai pembersih dalam tangki bensin untuk mengikis kotoran yang ada didalamnya.

Membersihkan Bagian Busi

Cara merawat mobil injeksi selanjutnya adalah dengan membersihkan pada bagian businya. Sehingga Anda bisa dengan mudah untuk membersihkan bagian husi ini secara teratur.

Terutama saat Anda sudah melihat ada banyak tumpukan kerak yang sering mengumpul pada bagian ujung elektrode. Apabila bagian elektrode terlihat masih cukup tebal, maka Anda tidak harus menggantinya.

Jadi Anda cukup membersihkan kerak yang menempel itu dengan menggunakan alat seperti sikat kawat saja. Apabila Anda ingin menggantinya, pastikan dulu agar menggunakan komponen yang sudah mempunyai spesifikasi sama dengan pabrikan kendaraan tersebut.

Sementara itu, apabila Anda memang benar-benar tidak paham tentang hal semacam ini, maka Anda bisa membawa ke tukang bengkel mobil terdekat dari rumah Anda. Agar para mekanik saja yang akan melakukan perawatan pada kendaraan roda empat milik Anda. 

Setelah Anda tahu sejumlah cara merawat mobil injeksi, kini Anda harus lebih rutin lagi merawat dan membersihkannya setiap saat. Tujuannya adalah supaya kondisi mobil tetap prima dan awet alias bisa bertahan lebih lama.

Salam,
cara merawat mobil



20 komentar untuk "Cara Merawat Mobil Injeksi Paling Simpel, Pemula Wajib Tahu Trik Berikut!"

  1. Apapun itu, harus memang harus dirawat ya, Mbak. termasuk mobil injeksi. Biar terus performanya terjaga. karena sepele saja, busi kotor, pasti performa mobil injeksi berkurang. Tapi paling aman, servis rutin di bengkel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, apalagi kl menggunakan aplikasi bengkel mobil Otoklix ya Mas,, cepat menyelesaikan masalah.

      Hapus
  2. Nah ilmu baru nih. Aku engga faham perkara mesin mobil. Taunya nyupir, isi bensin, dan ganti oli. Hehe...Saking engga fahamnya pernah mesin mati karena karburator kotor, engga tahu mau diapain. Ini sekarang ada mobil injeksi, makin canggih deh...

    BalasHapus
  3. Wah ilmu baru buat aku nih Bu dosen
    Emang perlu ya kita tahu bagaimana cara merawat mobil injeksi yang simple ini

    BalasHapus
  4. Nggak mudah ya merawat kendaraan roda empat begini. Ternyata banyak sekali yang harus diperhatikan agar kendaraan tetap dalam kondisi baik dan nyaman digunakan. Hmm mungkin akan kubawa ke bengkel terdekat saja.

    BalasHapus
  5. Cara merawat kendaraan memang macm-macam ya, tergantung jenis dan spesifikasinya. Sekarang jenis kendaraan juga semakin beragam, makin canggi kayak mobil injeksi ini.

    BalasHapus
  6. merawat kendaraan juga ada caranya ya, gak boleh sembarangan biar kendaraan tetap awet. Kalau aku jalan ninjanya langsung bawa ke bengkel aja, hihi.

    BalasHapus
  7. Kendaraan roda empat itu memang butuh banget perhatian lebih. Beda dengan motor yang biasanya lebih simpel. Bahkan, pemilik mobil harus paham otomotif dan permesinan minimal dasar2nya... Biar bisa tahu apa yang terjadi pada kendaraan pribadinya.

    BalasHapus
  8. Merawat mobil memang kudu tahu step by stepnya ya. Apalagi buat pemula yang baru makai mobil injeksi. Kudu beneran diperhatikan, enggak bisa sama dg mobil biasa yang lainnya.

    BalasHapus
  9. Perawatan mobil injeksi berarti kudu berkala, biar gak hanya mesin yang jadi terawat saja, sekaligus juga keselamatan dalam perjalanan saat berkendara

    BalasHapus
  10. Lakukan perawatan yang tepat tentunya penting sekali ketika memiliki kendaraan ya terutama saat punya mobil injeksi nih. Sebagai perempuan yang memang tidak terlalu banyak paham mengenai otomatif dan perbengkelan memang sudah pasti akan langsung bawa ke bengkel aja sih.

    BalasHapus
  11. baru tau tentang mobil injeksi selama ini cuma duduk manis aja di mobil urusan rawat-merawat urusan suami. Ternyata banyak juga yaa yang harus dipelajari

    BalasHapus
  12. Aku pernah punya kendaraan roda empat tapi yang karburator. Eh sekarang sudah dijual siy. hihi. Next kalau punya mobil lagi kudu lebih aware sama cara membersihkannya ya.

    BalasHapus
  13. Baca dari awal, dan saya nggak ngerti... Hehehe... Tapi pas baca di dua paragraf akhir, hati jadi lega. Dari pada mobil malah jadi kenapa-kenapa, dah lah serahkan pada ahlinya.

    BalasHapus
  14. Jujur urusan kendaraan aku paling bego deh. Asal mesin hidup asal bisa jalan buat aku udah lebih dari cukup haha. Tapi setelah baca artikel ini aku jadi sadar betapa sembrononya aku ampun

    BalasHapus
  15. saya jujur kurang paham urusan mobil, tinggal pakai aja bisanya hehhe tapi dengan baca begini jadi nambah ilmu buat perempuan yang mandiri wajib banget tahu niy

    BalasHapus
  16. Urusan perkendaraan dan perawatannya jujur saya nggak ngerti sama sekali. Bisanya cuma makek doang. Taunya ganti oli aja udah.

    BalasHapus
  17. penting banget sih buat tau cara perawatannya sebelum beli mobilnya. Apalagi buat para wonder women nih biar gak cuma asal pake aja hehe

    BalasHapus
  18. Jadi dapat pengetahuan baru nih. Saya awam banget dengan urusan mesin mobil tahunya cuma duduk manis aja di dalam, hehe. Tapi setidaknya dengan baca artikel ini udah tahu gimana perawatan mobil injeksi yang tepat. Jadi kalau udah beli mobilnya gak bingung lagi masalah perawatan

    BalasHapus
  19. Paling mudah bawa ke bengkel buat service rutin ya mba. Tapi emang sih kita mesti tau biar paham kalo dadakan kenapa kenapa dan mantau abang servicenya.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.