Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sponsorship Adalah: Pengertian dan Tujuan

"Gimana publikasi acaranya, sudah kelar?"
"Tinggal menghubungi pihak sponsor, Bu... kalau proposal sponsorship yang kita ajukan disetujui, berarti kesiapan acara sudah ok." 

***

Kita pasti sudah sering mendengar dan tahu tentang istilah apa itu sponsor? Orang awam pasti pahamnya bahwa sponsor adalah iklan yang biasa muncul di televisi. 

Hal tersebut tidak salah, namun sebenarnya arti sponsor tidak berhenti sampai disitu saja jika dilihat dari perspektif yang lebih luas. Karena ada kalanya sponsor bisa erat kaitannya dengan orang yang memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. 

wahana visi

Bantuan tersebut biasanya bisa berupa dana pendidikan atau dana untuk keperluan yang lainnya dan harus ada pertanggung jawabannya yang jelas antara pihak yang memberi sponsor dengan orang yang disponsori.

Sponsor dan Sponsorship

Selain kata sponsor kita juga sering mendengar istilah sponsorship. Jadi untuk lebih jelasnya tentang pengertian sponsorship adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan secara bersama atau kemitraan. Yang mana kegiatan mereka adalah berupa kesepakatan antara pihak pengiklan dan pihak yang memasang iklan. 

Sponsorship itu bukan semata-mata hanya berhubungan dengan apa yang biasa kita lihat di televisi saja atau dalam dunia marketing misalnya. Namun ternyata juga ada orang yang menjadi sponsorship anak-anak yang kurang beruntung untuk nanti mereka mendapatkan kehidupan yang lebih layak, misalnya dalam bidang pendidikan.

Ada salah satu contoh lembaga atau yayasan yang bekerja sama dengan para sponsorship di Indonesia untuk menjalankan dan mencari anak-anak yang memang pantas untuk disponsori. Lembaga atau yayasan tersebut adalah Wahana Visi Indonesia. 

WVI ini sudah lama ada dan berdiri sejak 1998, mereka merupakan yayasan Kristen yang program sponsorship mereka atau fokus kerja mereka adalah pada anak-anak Indonesia tanpa membedakan suku, agama dan rasa serta gender.

Jadi meski yayasan bercorak agama, yayasan ini mengurusi seluruh anak Indonesia tanpa ada diskriminasi. Sehingga anak-anak kurang beruntung dari kalangan mana saja berkesempatan memperoleh bantuan dari program sponsorship ini. Meskipun tetap menggunakan prioritas seperti lebih mendahulukan anak-anak yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal) dari pelosok Indonesia.

Program yang digagas oleh Yayasan WVI seperti ini sangat dibutuhkan sebagai perpanjangan tangan kaum filantropis di seantero nusantara. Mereka yang memiliki dana bisa menjadi orang tua asuh jarak jauh bagi anak-anak yang sangat membutuhkan bantuan bagi keberlangsungan kehidupan yang layak dan keberlanjutan pendidikan.

Sudah saatnya Indonesia bangkit bersama-sama bergandengan tangan melakukan sinergi secara bersama-sama melalui program sponsorship WVI ini. Agar tidak lagi kita jumpai informasi banyaknya anak-anak yang putus sekolah dan terpaksa membantu orang tuanya mencari uang karena kemiskinan dan ketidakberdayaan.

Kesimpulan

Program sponsorship adalah salah satu kegiatan yang dampaknya dan tujuannya sangat positif bagi manusia. Sebagai contohnya seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika Anda bergabung dan menjadi mitra WVI maka Anda akan menjadi pihak sponsor yang bebas untuk memilih anak-anak yang sesuai kriteria Anda untuk Anda damping dan sponsori supaya mereka punya kehidupan yang lebih cerah dan berwarna. 

Lewat WVI dijamin apa yang menjadi tujuan Anda akan sukses. Penasaran dan ingin tahu kelanjutan program sponsorship di WVI Anda bisa kunjungi link berikut https://wahanavisi.org/.

Demikian artikel saya kali ini, jika teman-teman ingin mencari informasi lebih lanjut bisa menyelancari situs web resmi dari WVI di atas ya, terima kasih.

Salam,
fadlimia sponsor


Posting Komentar untuk "Sponsorship Adalah: Pengertian dan Tujuan "