Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Anak Cepat Pintar Bicara Bahasa Inggris

Hai, Moms semua, masih semangat mendukung anak-anak untuk belajar bahasa Inggris kan? Harus dong. Membesarkan generasi Alpha tidak sama dengan membesarkan generasi mamanya dahulu. Karakter anak sekarang yang lebih menyukai tampilan visual sangat berpengaruh terhadap media pembelajaran mereka.

Penyebab Anak Belum Pintar Bicara Bahasa Inggris

Anak-anak sekarang, meski banyak bersentuhan dengan gawai yang menampilkan bahasa asing dalam setiap fiturnya, ternyata tidak cukup membantu mereka untuk cepat pintar bicara bahasa Inggris. 

aplikasi belajar bicara bahasa Inggris untuk anak pc
Irfan dan Emma dalam suatu cerita pembelajaran di LEXO LAB

Sebab berbicara bahasa Inggris itu harus dengan kalimat yang bisa dimengerti lawan bicara, tidak sekadar memahami istilah yang sering muncul di aplikasi gim daring yang dimainkan anak. 

Berikut penyebab mengapa anak belum pintar bicara bahasa Inggris:

1. Faktor usia anak

Anak di bawah usia 3 tahun dan di atas 12 tahun tidak efektif untuk belajar bicara bahasa Inggris. Usia ideal untuk belajar bicara bahasa Inggris adalah 6 sampai dengan 12 tahun. Di usia ini anak memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap bahasa yang baru dikenalnya. Anak relatif tidak memiliki kesulitan dalam menyerap pelajaran yang diterimanya.

2. Metode pembelajaran yang kurang tepat

Anaknya sudah bersemangat untuk belajar bicara bahasa Inggris, usianya juga sudah pas dengan usia efektif belajar. Namun kemungkinan metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. 

Misalnya hanya banyak penyampaian teori tanpa praktik, akhirnya anak kesulitan menggunakannya dalam kalimat. Padahal ada metode pembelajaran yang lebih menarik dan cocok untuk anak-anak, namanya LEXO LAB.

3. Kurangnya akses terhadap buku/e-book berbahasa Inggris

Anak-anak sebenarnya suka sekali membaca buku, apalagi kalau bukunya bergambar warna-warni. Di zaman digital seperti sekarang ini tidak bisa dimungkiri keberadaan buku fisik semakin dikesampingkan. 

Namun kebiasaan membaca pada anak tetap harus didukung penuh dengan memberikannya file-file e-book atau buku elektronik. Sayangnya kurangnya akses terhadap buku/e-book berbahasa Inggris membuat anak terkadang menghentikan kebiasaan membacanya, teralihkan menjadi nonton TV atau bermain game online.

Tips Agar Anak Cepat Pintar Bicara Bahasa Inggris

1. Ikusertakan anak di kursus belajar bicara bahasa Inggris secara online di web aplikasi LEXO LAB. Mengapa harus LEXO LAB, LEXO LAB dari Selandia Baru, memiliki sejumlah keunggulan yang tidak diperoleh di aplikasi bicara bahasa Inggris untuk anak yang lainnya.

Berdasarkan pengalaman anak saya yang belajar bicara bahasa Inggris di LEXO LAB, berikut keunggulan LEXO LAB:
  • Metode pembelajaran yang dipakai sama seperti metode anak belajar berbicara bahasa ibu, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
  • Belajar bicara bahasa Inggris di LEXO LAB menarik dan menyenangkan.
  • Dilengkapi dengan berbagai karakter berwarna-warni kesukaan anak-anak, plus ada feedback yang realtime pada proses perkembangan bicara anak.
  • Meningkatkan kemampuan pelafalan dan kelancaran anak dalam berbicara bahasa Inggris.
  • Kurikulum standar internasional
  • Teknologi belajar yang canggih
  • Mudah digunakan
  • Harga terjangkau, sebulan hanya Rp. 65.000, beli paket 3 bulan menjadi Rp. 150.000
  • Lingkungan belajar yang relatif nyaman dan berbeda dengan kursus luring
  • Waktu belajar bisa diefisiensi
2.  Mulai mempraktikkan bicara bahasa Inggris dalam kegiatan anak sehari-hari

Meski belum menguasai banyak kosakata dalam bahasa Inggris, tak ada salahnya melatih anak berbicara setiap harinya. Pepatah mengatakan, "ala bisa karena biasa" semakin sering dilafalkan maka semakin efektif pula belajar bicara bahasa Inggris anak.

Bisa dimulai dengan bertanya pada anak mengenai PR yang dikerjakannya, film yang disukai dan cita-cita anak. Selain sangat relevan dengan kehidupan anak dalam keseharian, mengajak anak bicara bahasa Inggris juga sangat berguna ketika ia mengerjakan soal ujian Bahasa Inggrisnya di sekolah.

3. Ajak anak berbicara langsung dengan native speaker

Di tempat-tempat wisata biasanya ada bule yang sedang menikmati suasana alam sekitar. Saat bertemu dengan native speaker, sapa dengan sopan dan tanyakan apakah ia keberatan jika berbicara dengan anak dalam bahasa Inggris, beberapa menit saja.

Anak akan merasa termotivasi untuk bisa bicara dalam bahasa Inggris. Tak hanya kemampuan bicaranya saja yang terasah, kemampuan mendengarnya juga. Sehingga anak mendapatkan pengalaman baru yang membantunya untuk semakin maju dalam bicara bahasa Inggris. 

Pengalaman Anak Saya Setelah 3 Bulan Belajar Di LEXO LAB

Sebelum

Tak terasa kelas telah berjalan selama 3 bulan. Anak saya, Ririn mengalami kemajuan yang pesat dalam berbicara bahasa Inggris. Sebelum ambil kelas di web aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak,  Ririn termasuk anak yang kuran percaya diri untuk ngomong dalam bahasa Inggris.
aplikasi belajar bicara bahasa Inggris free
Ririn semakin lancar melafalkan kata dalam bahasa Inggris

Sesudah

Sesudah mengikuti kelas belajar bicara bahasa Inggris di web aplikasi untuk anak di android, Ririn jadi sering berbicara dalam bahasa Inggris. Ia tak lagi terkungkung oleh grammar dalam bahasa Inggris. Sebab berbahasa itu mestinya santai dan tidak takut salah.

Kesimpulan

Demikian tips agar anak cepat pintar bicara bahasa Inggris, ketahui terlebih dulu apa penyebabnya, seperti faktor usia anak, metode belajar yang kurang tepat, dan kurangnya akses terhadap buku/e-book berbahasa Inggris.

Adapun tipsnya adalah, dengan mendaftarkan anak di web aplikasi belajar bahasa bicara Inggris untuk anak di LEXO LAB, mempraktikkan bicara bahasa Inggris setiap harinya, dan jika tengah bepergian ke tempat wisata dan di sana ada native speaker, maka jangan segan untuk membantu anak agar bisa ngomong langsung sebentar saja dengan bule.

Salam, 
aplikasi belajar bicara bahasa Inggris free






13 komentar untuk "Tips Agar Anak Cepat Pintar Bicara Bahasa Inggris"

  1. Nah betul sekali kak Mia,
    Ala bisa karena biasa.

    Seharusnya memang bahasa itu harusnya dipraktekkan setiap hari agar mahir dan bisa melancarkan kosakata dan perbaikan saat salah dalam spell nya

    Aplikasi belanja bahasa Inggris online seperti lexo lab ini sangat membantu sekali dalam mempercepat anak menguasai bahasa asing ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi belajar yaa BunShis,, typo yak hihi

      Hapus
  2. Setelah 3 Bulan Masih bisa lanjut lagi kan kak? Bagus ni metode nya, murah jug. Tambah lagi punya lingkungan Dan support yg baik.. dah lah Makin bagus la Tu...y Kan kak?

    BalasHapus
  3. Saya lagi nyari aplikasi balajar enggres juga ini.
    apalagi ini udah mau liburan...
    daripada liburannya gak diisi apa-apa
    saya mau nyoba trialnya dulu di lexo lab

    BalasHapus
  4. Sangat terjangkau ya mak.. jadi tertarik 😁 dan aku baru paham juga ternyata usia 6-12 tahun yg efektif. Thx moms..

    BalasHapus
  5. Lexo Lab memang pilihan terbaik ya kak agar anak lancar bahasa Inggris dengan santai karena para pengajarnya juga kompeten.
    Mau ikutan trial class ah untuk anak-anak dirumah.

    BalasHapus
  6. Katanya harus sering di ajak ngomong Inggris. Hheehehhe saya aja inggrisnya belepotan. Minat anaknya belajar matematika di suruh belajar inggris. Pas belajar minta soal matematika gimana tu ya mbak hhahahhahhahah

    BalasHapus
  7. Bagus juga lexolab ini ya kak. Jadi pengen cobain buat anak-anak di rumah. Dengan lawan ngomong yg native speaker, kita jadi nggak terlalu mementingkan grammar. Yang penting bisa ngobrol aja, ngalir kayak air, hehe...

    BalasHapus
  8. tetangga awak ada anak nya dibawah 4 tahun dikasih edukasi buat bahasa inggris kan kak, jadi berbahasa indonesianya malah cuma satu2 kata masih yang bisa. keknya emng jadi membingungkan yakan klo ada bahasa lain selain mother language nya ya kak anak-anak balita itu.

    BalasHapus
  9. anak paling kecil belum genap 3 tahun belum banyak diajarin bahasa inggris juga mudah2an tertarik dan lancar berbahasa inggris nantinya. aamiin

    BalasHapus
  10. Aku dulu belajar bahasa Inggris lewat lagu kak pas masih TK. Tapi kalo ini bisa dicobain juga ya ntar buat anak aku belajar hihi

    BalasHapus
  11. Setuju banget, kak. Metode pembelajaran yang kurang tepat bisa membuat anak lambat untuk memahami sesuatu.

    Ternyata Lexo Lab bisa membantu kita untuk membuat anak bisa paham sesuatu dengan cepat ya, kak. Contohnya bahasa Inggris.

    BalasHapus
  12. Mungkin bisa jadi referensi oza pas mau belajar Inggris kak ya, soale ini info penting. Pasti butuh kemudian hari

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.