Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Tipe Gancu Yang Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Dalam proses pengangkatan suatu barang terutama dengan beban berat maka dibutuhkan berbagai macam alat pendukung bukan? Salah satunya adalah penggunaan gancu. 

Di mana ini akan membantu proses lifting beban berat dengan cara dikaitkan. Kehadiran dari alat inipun sudah digunakan untuk berbagai bidang seperti perkapalan.

Dalam proses penggunaannya, alat tersebut akan dilengkapi dengan kaitan pengaman sehingga mampu mencegah terjadinya pelepasan dari kaitan wire rope atau rantai.

Bentuknya sendiri mempunyai tampilan seperti tanda tanya. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai alat pengangkat ataupun kait. Kendati demikian, Anda tetap harus memperhatikan penggunaannya dengan benar dan tepat.

Asmarines
Gancu dari PT. Anugrah Sukses Marine, importir dan distributor alat kapal dan alat angkat di Jakarta, Indonesia


Jenis Gancu Berdasarkan Penyambungnya

Jika Anda hendak membeli alat ini demi memberikan kemudahan proses lifting maka terdapat beberapa hal yang wajib diketahui terlebih dahulu. Salah satunya adalah memahami jenis-jenisnya dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena setiap jenis mungkin digunakan buat kebutuhan berbeda-beda.

Berikut Jenis Gancu Berdasarkan Penyambungnya

1. Clevis Hook

Pertama adalah clevis hook di mana hanya akan diterapkan pada rantai dan dikenal paling 
fleksibel dibandingkan dengan lainnya. Hal itu karena kemampuannya yang dapat dipasangkan langsung ke mata rantai tanpa perlu menggunakan hammerlock. Dalam penggunaannya, dipercaya jauh lebih hemat biaya

2. Eye Hook

Di samping itu, ada pula eye hook yang akan digunakan dengan cara memanfaatkan wire rope sling. Tetapi berbeda dengan clevis hook, apabila ingin menggunakannya maka anda wajib menyediakan connecting link terlebih dahulu.

Berdasarkan Jenis Pengamannya

Selain jenis berdasarkan penyambungnya, hook atau gincu inipun juga dibedakan berdasarkan dengan jenis pengamannya yakni hook with safety dan hook with safety latch. Untuk lebih jelasnya, berikut rangkumannya:

1. Hook With Safety

Tipe gancu di atas merupakan paling terbaik dengan kualitas tinggi. keunggulannya dapat terlihat pada bagian penguncinya yang jauh kokoh bahkan dilengkapi dengan adanya magnet. Karena itulah, saat melakukan pengangkatan akan benar-benar terjamin keamanannya.

2. Hook With SafeTY Latch

Jika dilihat, gancu ini memang kurang kokoh tetapi keamanannya memang cukup bagus sama seperti sebelumnya. Sebab sudah dibuat berdasarkan dengan keamanan sekaligus sudah teruji sebelum diproduksi secara besar-besaran.

Gancu Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Masih ada lagi tipe gancu yang perlu diketahui yakni sesuai dengan bahan pembuatannya. Dengan begitu, anda bisa dengan mudah menemukan alat sesuai kebutuhan termasuk sesuai materialnya tersebut.

1. Alloy Hook

Pertama adalah alloy hook di mana menggunakan material alloy steel dalam pembuatannya. Ini adalah besi dengan kandungan karbon didalamnya. Selain itu, alat inipun biasanya akan terbuat dari logam seperti vanadium, nikel, tungsten, kromium dan lainnya.

2. Carbon Hook

Sesuai dengan Namanya, material pembuatan dari hook ini adalah baja karbon. Dibandingkan dengan sebelumnya, kekuatan yang dihasilkan dari material inipun sangat bagus karena terdiri dari bahan campuran antara machinery, mild steel serta machine.

Penggunaan Yang Benar Pada Gancu

Sebelum Anda menggunakan alat ini maka sebaiknya harus memperhatikan penggunaannya. Jangan lupa melakukan pemeriksaan secara berkala buat mengecek apakah terdapat keretakan, cuilan, bengkokan ataukah faktor lainnya di mana menyebabkan kerusakan.

Terlebih lagi, Anda menggunakan alat bekas maka diwajibkan melakukan inspeksi terlebih dahulu menggunakan magnetic particle ataupun dye penetrant. Hindari pula penggunaan gancu bengkok karena akan menghambat proses pengangkatan.

Jika Anda ingin membeli alat satu ini, maka pastikan membelinya melalui distributor terpercaya dan profesional. Tidak ingin salah dalam memilih bukan? asmarines.com bisa menjadi pilihan buat menemukan gancu sesuai kebutuhan.

Demikian informasi yang saya bagikan melalui artikel, jika ingin informasi lebih lengkapnya, bisa membacanya langsung di situs web Asmarines ya, Teman-teman.

Salam, 
PT. Anugrah Sukses Lestari


8 komentar untuk "Berbagai Tipe Gancu Yang Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan"

  1. terima kasih infonya kak Mia, jadi paham nih tipe gancu, slaah pilih gancu juga bisa fatal ya, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna

    BalasHapus
  2. Aku mengenal gancu pada lingkungan perkebunan kelapa sawit. Tapi penggunaannya manual. Jadi, gancu yang digunakan hanya untuk memudahkan tenaga kerja untuk mengutip tandan buah segar kelapa sawit gitu.

    Beda dengan gancu dalam penjelasan ini ya, Kak.

    BalasHapus
  3. Gantungan kunci biasanya ada di tas. Buat pemania. Gak tahu saya kalau fungsinya bisa lebih dari itu. Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  4. Pemilihan dan penggunaan gancu yang tepat akan membantu aktifitas secara baik

    BalasHapus
  5. Wah, ada macem-macem ya gancu ini. Eh kalau di kampung aku namanya ganco bukan ya. Hehe .sekilas mirip sih. Ada banyak pilihannya. Disesuaikan dengan kebutuhanlah ya...

    BalasHapus
  6. Dari artikel ini saya jadi belajar mengenai tipe-tipe gancu. Memang lebih baik beli disesuaikan dengan kebutuhan ya mbak, Kuatir jika salah beli malah tidak terpakai. Sayang juga sama uang yang sudah dikeluarkan

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.