Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Yang Menarik Update 2022

Cara membuat blog yang menarik update 2022 penting untuk dipelajari, sebab dapat membantu bloger meningkatkan trafik blognya. Jika lalu lintas pengunjung dan pembaca banyak di blog kamu, tentunya memberikan sejumlah keuntungan dalam monetisasi blog.

Perbedaan Blog, Situs Web, dan Portal

Blog

Blog berasal dari kata web-blog, yang disingkat menjadi blog, adalah media daring berisi artikel dengan beragam niche. Niche blog sendiri merupakan kekhususan pembahasan di suatu blog tertentu. Misalnya ada blog lifestyle seperti blog fadlimia.com ini. Ada pula blog ber-niche tekno, kuliner, traveling, otomotif, kesehatan, kecantikan, dan masih banyak lagi.

cara buat blog

Blog biasanya dimiliki perorangan (
personal blog), bisa juga 2-3 orang maupun suatu badan hukum. Siapa saja dapat memiliki blog, baik blog gratis ataupun berbayar. Blog berisi tentang informasi baru, opini dan pengetahuan bloger tentang sesuatu, dan bersifat dinamis.

Situs Web

Situs web atau website adalah media daring yang berisikan layanan dan bersifat statis, biasanya dimiliki oleh perusahaan. Namun tak jarang juga individu juga ada yang mempunyai website, terserah kebutuhan masing-masing.

Lembaga pemerintah memiliki banyak situs web, seperti Kemendikbudristek RI memiliki banyak sekali situs web turunan dengan kekhasannya masing-masing mengelola informasi terkait tujuan tiap program.

Misalnya tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), ada situs web kampusmerdeka.kemdikbud.go id untuk para dosen dan mahasiswa yang ingin mengikuti program MBKM. Lalu ada pula platform Merdeka Mengajar di situs web guru.kemdikbud.go.id berisi tentang aktivitas pembelajaran di sekolah dan para guru dapat berbagi media pengajaran sehingga diperoleh bahan ajar terbaik untuk siswa.

Portal

Portal adalah penyedia layanan informasi yang memiliki fungsi tertentu untuk mengarahkan pembaca ke halaman lainnya. Misalnya portal akademik suatu kampus, akan memberikan petunjuk kepada pengunjung portal untuk mengetikkan nama dan nomor induk mahasiswa. 

Setelah proses login berhasil, maka mahasiswa akan tiba di ragam pilihan informasi yang ingin ia peroleh. Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, maupun materi perkuliahan.

Biasanya yang memiliki web portal adalah institusi pendidikan perguruan tinggi dan satuan pendidikan seperti TK sd SMA.

Artikel ini fokus membahas tentang cara membuat blog yang menarik, jadi bukan tentang situs web dan portal.

Cara Membuat Blog yang Menarik

Blog bisa dibuat secara gratis dan berbayar. Blog gratisan bisa dibikin di blogspot/blogger.com bisa pula di wordpress.com. 

Sementara blog berbayar dengan membeli domain terlebih dahulu di penyedia jasa jual domain atau dapat langsung membelinya di Google Domain. Jadi ditentukan dulu, ingin buat blog di  platform Blogger.com atau Wordpress.org.

Jika memutuskan mempunyai blog di platform Wordpress.org, maka harus membeli hosting pula. Karena blog Wordpress (WP), dinamakan Self Hosted, ibarat punya rumah sendiri. Sedangkan di Blogger.com hostingnya menumpang pada Google.

Hal-hal yang Memengaruhi Blog Agar Tampil Menarik

1. Tampilan Blog

Blog yang menarik pasti memiliki penampilan yang menarik. Entah itu dari segi warna yang dominan digunakan, template-nya yang SEO friendly, dan ramah di mata pembaca. Jadi sering-seringlah mencari informasi template apa saja yang sedang trending bikin blog menjadi semakin menarik dikunjungi pembaca setia blog kamu.

2. Tulisan

Bagaimanapun content is still a king, and SEO is queen? Really? Yes! Bahkan ada yang bilang kalau tulisan atau artikel blog adalah nyawa bagi blog itu sendiri. Semenarik apapun tampilan blog jika tidak didukung oleh tulisan yang menarik pula, terutama yang berisi kebutuhan pembaca, maka akan ditinggalkan pengunjung.

Sebaiknya menulis konten yang dibutuhkan pembaca, fokus pada user. Menulis artikel SEO (Search Engine Optimization) tidak sama seperti menulis diari yang suka-suka gue itu. Ada panduan yang harus diikuti bloger jika ingin artikelnya sesuai dengan kaidah SEO. 

Misalnya jumlah kata pada permalink tidak lebih dari 60 kata, jangan lupa mengisi deskripsi penelusuran, update artikel blog secara rutin, setelah menulis tidak lupa menginspeksi tautan artikel ke Google Search Console, bagikan di media-media sosial untuk menjaring trafik, peta situs diperbaharui secara berkala, menulis minimal 500 kata, dan masih banyak lagi.

3. Jenis Font

Jenis font juga menentukan pembaca betah tidak berlama-lama mengakses blog kamu. Jika jenis font-nya terlalu formal orang akan berpikir artikelmu sama saja dengan artikel ilmiah. Lalu jika font-nya seperti tulisan pada buku anak TK, sudah pasti kekanak-kanakan dan membuat pembaca kehilangan minat melanjutkan bacaannya. 

Contoh font yang membuat blog menarik adalah Roboto, Nunito, Oswald, Cardo, Verdana, Tribuchet, Balsamiq Sans, dan lain-lain. 

4. Pagespeed

Kecepatan loading akan membuat blogmu menjadi tambah menarik. Siapa yang mau buang-buang kuota untuk menungguin blog yang page speednya lama, Lebih dari 3 detik belum juga terbuka, maka jangan salahkan pengunjung jika blogmu digulung dan dia buka yang lain. 

5. Struktur blog

Selain keempat unsur di atas, hal yang membuat blog kamu menjadi menarik adalah memiliki struktur blog yang baik. Ada sidebar, sideba, konten utama, dan footer. Sisakan pula sedikit ruang kosong berwarna putih (white space) agar terkesan blog tidak tampak penuh di mata pembaca.

Jangan lupa hubungkan ke media-media sosial yang kamu aktif di dalamnya, dan pastikan bahwa blog kamu mobile friendly. Saat artikel ini diposting, menurut info yang saya telusuri dari 2800-an pengguna perangkat dekstop, 1700-an menggunakan smartphone, seribuan searching dari dekstop, dan sisanya berjumlah puluhan visitor, berselancar pakai tablet.

user friendly
Data realtime dari Google Analytic suatu blog di suatu waktu

Kesimpulan

Cara membuat blog yang menarik update 2022, adalah dengan memperhatikan tampilan melalui theme/template yang terbaik, tulisan yang berkualitas, jenis font yang bikin nggak bosan, pagespeed, dan struktur blog.

Demikian artikel saya hari ini, jika ada cara lainnya menurut teman-teman, untuk membuat blog yang menarik, boleh share di kolom komentar ya, terima kasih.

Salam,
Fadlimia cara blog jadi menarik
















10 komentar untuk "Cara Membuat Blog Yang Menarik Update 2022"

  1. konten is a king, sampai sekarang aku juga masih belajar untuk bisa membuat kontent yang menarik
    nggak nyangka kalau dulu aku pengen terjun ke dunia tulis menulis secara online lewat blog dan bertahan sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ainun sang traveler blogger jadi makin keren ya setiap perjalanannya dituliskan ke dalam blog.

      Hapus
  2. Aku setuju banget sama theme blog Mba. Kadang kalau temanya menarik dan enak dibaca, betah di dalemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, masalahnya kadang kl ganti theme masih aja ada suka error2nya entah di mana ya,, wkwk

      Hapus
  3. Content is a king, SEO is a queen, saya masih berusaha menyandingkan keduanya. Nyari raja dan ratunya ini juga PR buat bloger cupu seperti saya hehe

    BalasHapus
  4. Saya juga masih dalam tahap pembelajaran juga.

    BalasHapus
  5. Blog saya sudah termasuk blog yg menarik belum ya. Tapi saya sepakat blog harus memiliki template yg menarik, konten yg berkualitas, font yg gak boseni, dan mudah diakses lewat mobile

    BalasHapus
  6. Ilmu blogging dipelajari makin kesini menyenangkan kak, apalagi dipandu kelas oleh pihak yang berkompeten. Blogging menyenangkan.

    BalasHapus
  7. keberadaan situs jadi hal yang penting saat ini. buat yang punya olshop kalau punya situs nya atau web nya bisa nambah profesionalisme. nah blog pribadi nih yang sekarang banyak user nya, soal tampilan dan speed jadi hal yang penting biar pembaca betah. teknik penulisan juga sama pentingnya karena nyawa blog itu sendiri. nah ini PR banget buat ku nih meningkatkan skill menulis karena yang namanya blog kan sifatnya personal tapi gimana bisa mengemas story telling dalam blog yang enak dibaca tapi gak berkesan sambat berlebihan.

    BalasHapus
  8. Jadi ingat kalau dahulu suka banget lihat blog yang ternyata kini terkesan kekanak-kanakan, ya, Kak :) Suka yang ada blink-blink dan musiknya. Hahaha.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.