Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beragam Cara Kreatif Galang Dana Donasi Online, Bisa Pikat Minat Millenial

Donasi online adalah salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa berbagi dengan sesama. Terlebih sekarang sudah banyak platform yang membantu pengumpulan dana dan penyaluran dana. 

Tak hanya itu saja, ada banyak cara menarik yang bisa kamu gunakan untuk menarik minat teman-teman yang lain agar mau menyisihkan uang mereka untuk berdonasi. 

Sementara itu, ada banyak alasan kenapa seseorang melakukan penggalangan dana, misalnya membantu orang yang sedang sakit, korban bencana alam, atau pembangunan rumah ibadah. Melihat manfaat yang diberikan tersebut, maka penggalangan dana harus dilakukan secara matang. 

Agar banyak peminatnya, kamu harus membuat acara tersebut menjadi lebih menarik dengan cara-cara kreatif. Di artikel ini akan dibagikan beberapa cara kreatif untuk galang dana:

Fadlimia donasi online


Cara Kreatif untuk Galang Donasi Online

1. Buat Event yang Seru

Milenial yang pada dasarnya masih muda pastinya akan lebih tertarik dengan acara amal yang seru dibandingkan dengan hanya mendengarkan ceramah saja. Seperti yang pernah populer beberapa tahun lalu, di mana kamu bisa gunakan kembali ide color run. Acara ini tak terlalu mengeluarkan dana terlalu banyak, tetapi juga bisa mendatangkan banyak peserta. 

Selain color run, masih banyak event seru lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menarik minat para generasi muda untuk ikut galang donasi online bersama, seperti bersepeda santai, maraton, dan lainnya. 

2. Jual Barang Preloved

Akhir-akhir ini, banyak orang yang suka mencari barang preloved karena memiliki nilai seni tersendiri dan harganya tentu lebih murah. Preloved di sini artinya adalah barang yang pernah dipakai orang lain dan orang tersebut sudah tak menggunakannya sehingga dijual ke pihak lain.

Kamu bisa mengumpulkan pakaian-pakaian layak namun sudah tak dipakai atau barang lainnya yang memiliki nilai seni. Setelah itu, kamu bisa menjual barang tersebut di media sosial dan nantinya hasilnya bisa kamu gunakan untuk tambahan dana donasi online

Dalam hal ini, menjual barang preloved sangat menarik para pelajar dan mahasiswa karena mereka bisa mendapatkan barang yang masih berkualitas, tetapi harganya jauh lebih murah. Selain itu, kamu yang melakukan preloved juga bisa belajar jual-beli. 

Sementara itu, bagi mereka yang menyumbangkan barang bekas bisa lebih mengosongkan lemari. Banyak orang yang terlalu enggan untuk membuang barang mereka karena masih bagus namun tidak ingin dibuang. Oleh karena itu, cara paling efektif adalah dengan menjual secara preloved

3. Lelang Barang untuk Donasi

Agar dapat menambah dana yang dibutuhkan, kamu bisa lelang barang secara online. Dengan begini, dana untuk donasi online akan bertambah berkat lelang barang.

Lelang barang untuk kegiatan amal pun memang sudah sangat sering dilakukan, mengingat hasil yang diperoleh juga tak sedikit, bahkan bisa mencapai ratusan juta. Cara ini dirasa cukup seru karena beberapa orang berlomba-lomba untuk menjadi pemilik barang tersebut.

Biasanya orang-orang melakukan lelang di media sosial. Namun, jika followers kita tak terlalu banyak, tentu sulit untuk melakukan lelang di media sosial. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan platform galang dana yang dapat memberikan ruang kegiatan lelang untuk amal.

Platform yang bisa kamu jadikan sarana untuk melakukan lelang barang antara lain Lelang Indonesia milik Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Ayobantu, platform galang dana dan donasi online di Indonesia.

Siapa saja bisa lelang barang atau ikut berpartisipasi dalam kegiatan lelang tersebut sebagai orang yang akan membeli barang.

4Donasi dengan Blockchain

Saat ini, pembayaran secara digital semakin berkembang pesat, hingga muncul blockchain yaitu sebuah teknologi yang dipakai untuk menyimpan data bank secara digital. Blockchain sendiri kerap dihubungkan dengan dunia kriptografi. Sebenarnya, blockchain adalah sebuah metode untuk menciptakan transaksi secara transparan dan aman, hingga meminimalisir adanya penyelewengan dana donasi online. 

Salah satu platform donasi online yang menyediakan galang dana lewat blockchain adalah BeKind dan Ayobantu.

Dalam penerapannya, BeKind pernah berkolaborasi dengan grup musik Elemen dan KLa Project. Karya digital berupa video klip berbentuk animasi dilelang di marketplace OpenSea.

Sementara itu, Ayobantu pernah turut serta melakukan galang dana melalui blockchain bersama Indodax. Ayobantu membantu untuk melelang aset NFT berupa lukisan Oscar Darmawan, CEO Indodax. Hasil dari lelang tersebut disalurkan untuk pesantren Qoryatussalam. 

Nah, itulah rangkuman dari beragam cara kreatif penggalangan dana untuk donasi online. Jadi, tertarik mau galang dana yang seperti apa, nih?

Salam, 




2 komentar untuk "Beragam Cara Kreatif Galang Dana Donasi Online, Bisa Pikat Minat Millenial"

  1. Ternyata banyak cara untuk menggalang donasi khususnya kaum milineal. Menarik jual barang prelovee

    BalasHapus
  2. Unik juga ya, hasil lelang didonasikan. Kan bisa-bisa nilai donasi lebih besar daripada harga barang kalau dijual preloved. Ada penilaian dulu ga ya, barang seperti apa yang masih pantas didonasikan...

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.