Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Ingin Memasang CCTV

Saat ini CCTV banyak diminati masyarakat untuk meningkatkan keamanan. Berbagai merek CCTV terbaik juga telah hadir di tengah masyarakat. Keamanan adalah alasan utama seseorang untuk memasang CCTV di lingkungan rumah mereka. 

Banyak sekali CCTV yang akhirnya tidak bisa bekerja secara maksimal karena salah penempatan. Hal itu terjadi karena banyak yang lupa terkait apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memasang kamera CCTV tersebut.

Merek CCTV terbaik
Sumber gambar: Pexels

Oleh sebab itu, dalam pemasangan CCTV sebaiknya perlu mempertimbangkan beberapa hal agar CCTV dapat bekerja secara maksimal dan menjangkau daerah yang Anda inginkan.

Nah, apa saja yang perlu dipertimbangkan?

6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Ingin Memasang CCTV

CCTV terbaik
Pexels

Memasang CCTV pada dasarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah, akan tetapi jika Anda kurang yakin dalam memasangnya sebaiknya perlu memanggil teknisi yang lebih tahu cara pemasangan CCTV yang tepat. 

Jika ingin memasang sendiri sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan agar menghindari kesalahan pemasangan.

Inilah 6 hal yang patut Anda pertimbangkan saat pemasangan CCTV

1. Menentukan Cakupan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menentukan cakupan rumah yang akan dipasangi CCTV. Anda dapat mempertimbangkan beberapa tempat yang sekiranya sangat beresiko terjadi pencurian ataupun kejahatan lain.

Pada dasarnya dalam menentukan cakupan ini Anda juga bisa meminta bantuan analis untuk mempertimbangkan tempat-tempat mana saja yang harus dipasangi CCTV. Namun, tentunya tempat-tempat mendasar seperti akses masuk ke rumah, kamar-kamar ataupun ruangan yang menyimpan aset harus dipasangi CCTV agar lebih aman.

2. Jenis Kamera yang Digunakan

Saat ini telah hadir berbagai dengan spesifikasi yang beragam, misalnya saja dari jenis kamera yang ditawarkan. Ada kamera nirkabel yang banyak digunakan saat ini. Kelebihan dari kamera CCTV nirkabel ini Anda tidak perlu lagi memasang kabel-kabel dan pengawasan bisa dilakukan dari jarak jauh sekalipun.

Ada juga kamera directional tradisional, yang juga disebut kamera bullet namun kamera ini hanya bisa menunjuk pada satu arah saja sehingga cakupannya tidak luas. Selain itu, ada kamera dome, yang biasanya digunakan mal dan kantor perusahaan, kelebihan kamera ini yakni menyediakan cakupan 360 derajat di sekelilingnya. 

Demikian referensi bagi Anda yang ingin memasang CCTV. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Lokasi CCTV

Selanjutnya perlu pula Anda pertimbangkan mengenai lokasi CCTV yang akan dipasang. Anda harus bisa membedakan mana CCTV yang akan ditaruh di luar ruangan dan dalam ruangan. Carilah lokasi yang sekiranya sangat berisiko terjadi pencurian.

Umumnya kamera luar ruangan sangat mudah dimusnahkan oleh pencuri. Untuk itu Anda perlu memaksimalkan kamera dalam ruangan karena tempatnya lebih tersembunyi dan sulit ditemukan. Anda bisa menggunakan jenis kamera dome dengan cakupan 360 derajat di dalam ruangan untuk jangkauan yang luas.

4. Pertimbangkan Izin Pemasangan

Izin pemasangan CCTV juga perlu Anda pertimbangkan, misalnya saja jika Anda memasang CCTV di luar rumah, pasti rumah tetangga beserta aktivitasnya juga akan ikut tersorot. Apabila tetangga tidak nyaman dengan hal ini, Anda bisa mengubah sudutnya.

Beberapa perumahan ataupun apartemen biasanya membutuhkan izin dalam pemasangan CCTV. Namun, ada juga perumahan yang tidak memerlukan izin untuk memasang CCTV.

5. Aspek Teknis

Hal berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yakni aspek teknis. Hal ini menyangkut apakah CCTV dapat merekam video HD atau tidak. Kemudian pertimbangkan juga perangkat keras dan juga penyimpanan dari CCTV tersebut. Beberapa CCTV saat ini sudah menggunakan penyimpanan awan atau cloud untuk merekam secara online.

6. Kondisi Pencahayaan

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan yakni kondisi pencahayaan di tempat yang akan dipasangi CCTV. Peletakan kamera CCTV indoor ataupun outdoor sangat mempengaruhi cahaya di sekitar terlebih jika malam hari.

Sebaiknya, Anda menguji kamera CCTV di berbagai tempat apakah dapat bekerja secara maksimal atau tidak dengan pencahayaan itu. Salah satu rekomendasi merek CCTV terbaik yakni yang telah memiliki fitur illuminator artifisial atau filter IR yang dapat mengoptimalkan cahaya yang masuk ke kamera.

Hikvision AcuSense, Smart CCTV Terbaik Untuk Keamanan Hunian Anda

Saat ini banyak merek CCTV terbaik di tengah-tengah kita, salah satu rekomendasi merek CCTV yang paling diminati banyak orang yakni produk Hikvision series AcuSense. Pasalnya CCTV ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan merek CCTV lain yang ada di pasaran. 

Berikut ini beberapa keunggulan yang dapat Anda nikmati ketika memilih produk CCTV Hikvision AcuSense.
  • Menangkap gambar secara real time
  • Akurat dalam menangkap gambar dan suara
  • Mengandalkan teknologi kecerdasan
  • Mudah dipasang dan dikonfigurasi
  • Dapat meminimalisasi alarm palsu pada kamera
Untuk meningkatkan keamanan, Anda dapat mempercayakan kepada merek CCTV terbaik, Hikvision series AcuSense. Produk ini sudah dipercaya oleh berbagai kalangan untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan keamanan. 

Sehingga, Anda tidak perlu was-was lagi ketika meninggalkan rumah atau usaha karena CCTV ini akan bekerja secara optimal. Selengkapnya mengenai Hikvision AcuSense bisa Anda lihat di sini.

Salam,
Fadlimia CCTV


3 komentar untuk "Beberapa Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Ingin Memasang CCTV"

  1. Enaknya cctv ini tempat masangnya jangan yang terlalu terlihat orang awam.
    Karena kalo mau macam macam yg negatif, pelaku bisa saja pinter menghindari cctv, ye kan

    BalasHapus
  2. Teringat dulu pernah pasang CCTV kak, kurang bagus hasilnya karena pencahayaan kurang.
    Duh dulu memang gak beli Hikvision AcuSense.
    Kalo beli ini mesti dah jelas ya apa aja yang terrkam di CCTV.

    BalasHapus
  3. Makasi ya kak infonya. Kebetulan juga lagi mempertimbangkan untuk pasang CCTV. Baca artikel kakak jadi dapat insight baru 😊👍

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.