Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belanja Online Pakai Kartu Kredit Supaya Kantong Aman

Saat ini semakin banyak orang yang kalap belanja online di berbagai e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, dan sebagainya. Tak sedikit yang akhirnya menyesal karena terlalu boros melakukan pembelian. Untuk mengatasi masalah keuangan tersebut, Anda bisa apply kartu kredit online dan memanfaatkan berbagai layanannya agar belanja lebih hemat.

Anda bisa mendapatkan kartu kredit secara mudah tanpa perlu pergi ke kantor bank. Selain itu, syarat pengajuan kartu kredit juga cukup sederhana, baik dari ketentuan maupun dokumen yang perlu disiapkan. Dengan adanya kartu kredit, kebutuhan belanja Anda bisa terpenuhi dan lebih irit. Bagi Anda yang belum tahu caranya, simak penjelasan kali ini.

apply kartu kredit online
Sumber gambar: Freepik


Apply Kartu Kredit Online

Kartu kredit online menjadi salah satu inovasi produk perbankan yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi digital. Produk ini disediakan oleh pihak bank untuk memudahkan transaksi keuangan di era digital. Ada berbagai layanan menarik yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Apply kartu kredit online bisa dilakukan dari rumah berkat adanya aplikasi mobile banking. Jadi Anda tidak perlu repot berangkat ke kantor bank dan mengantri untuk mendaftar kartu kredit. Biasanya tiap-tiap bank memberlakukan syarat yang berbeda-beda untuk pengajuan kartu kredit. Namun secara umum berkas yang harus Anda siapkan, di antaranya fotokopi KTP, fotokopi NPWP, dan fotokopi kartu kredit.

Ada minimal penghasilan atau gaji calon kreditur yang diberlakukan oleh tiap bank. Bank membutuhkan informasi tersebut untuk melihat kemampuan kreditur mengembalikan pinjaman dana. Anda juga harus memastikan riwayat kartu kredit Anda bersih dari catatan buruk.

Kelebihan Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit bisa menjadi solusi bagi Anda yang gemar berbelanja online. Sebab, suku bunga kartu kredit lebih kompetitif dan jelas daripada pinjaman hutang seperti pay later. Lalu, apa saja kelebihan berbelanja online dengan kartu kredit?

1. Transaksi Lebih Mudah

Anda pasti tidak ingin aktivitas yang merepotkan, seperti saat belanja. Kartu kredit menghadirkan kemudahan bagi Anda dalam belanja online. Penggunaan kartu kredit jauh lebih praktis dibandingkan metode pembayaran yang lain. Anda cukup memasukkan card verification value code saja untuk pembayaran. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot transfer pembayaran sendiri.

2. Dapat Digunakan untuk Pembayaran Luar Negeri

Siapa bilang kartu kredit hanya bisa kita gunakan untuk pembayaran di dalam negeri? Kalau Anda berbelanja di toko luar negeri, Anda bisa memakai kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Namun, selalu pastikan Anda mencermati setiap ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Bank. Mulai dari minimum transaksi, besar cicilan, dan biaya administrasinya.

3. Tidak Perlu Transfer Uang

Kalau Anda sudah checkout barang yang ingin dibeli, selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda pilih. Namun, setiap metode pembayaran memiliki tenggat waktu tertentu yang harus segera Anda bayar. Kalau tidak, pesanan Anda akan hangus dan Anda harus memesannya kembali.

Bila menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran, transaksi pembelian akan otomatis terbayar dan masuk tagihan. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke ATM atau menggunakan fitur perbankan untuk membayar pesanan Anda.

4. Angka Pembayaran Lebih Fleksibel

Kartu kredit menawarkan pembayaran yang lebih fleksibel. Anda bisa mengatur pengeluaran sesuai kebutuhan. Cara ini mengatasi batasan dan metode transfer uang secara virtual yang memungkinkan saldonya tidak mencukupi saat melakukan pembayaran.

Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit

apply kartu kredit online
Freepik

Belanja online menggunakan kartu kredit memang sangat mudah dan menguntungkan. Namun, bagaimana keamanannya? Supaya Anda terbebas dari berbagai kasus penipuan dan pencurian identitas, perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Belanja di Situs Terpercaya

Sebelum memutuskan bertransaksi online menggunakan kartu kredit, pastikan Anda sudah memastikan reputasi kredibilitas toko online yang Anda pilih. Cobalah untuk mencari tahu review dari situs online seperti Google dan media sosial. Kalau semua review mengatakan baik, Anda tidak perlu ragu membeli barang di sana.

2. Ketahui Alamat URL

Mungkin Anda pernah mendapat penawaran dari email yang berisi tautan link? Tautan tersebut mungkin saja mengarahkan Anda ke alamat palsu yang sengaja untuk mencuri data kartu kredit Anda.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda ketikkan alamat situs toko secara langsung dan hati-hati. Dengan begitu, Anda tidak perlu cemas kalau terkena phising data.

3. Pastikan URL Aman

Pada umumnya, situs online yang aman, alamat URL-nya diawali dengan 'https://'. Kalau tidak, ada kemungkinan situs tersebut kurang aman untuk bertransaksi dengan kartu kredit.

Cara Belanja Online dengan Kartu Kredit

Setelah memahami tips belanja online dengan kartu kredit, berikutnya Anda bisa mempelajari cara belanja menggunakan kartu kredit. Caranya cukup mudah dan tidak ribet. Berikut beberapa langkahnya:
  1. Pertama-tama, Anda bisa login ke akun e-commerce pilihan Anda.
  2. Setelah login, Anda bisa checkout barang yang mau Anda beli.
  3. Lanjutkan pesanan hingga menuju metode pembayaran.
  4. Pilih pembayaran melalui 'kartu kredit' atau 'credit card' sebagai metode pembayaran yang Anda pilih.
  5. Berikutnya, Anda bisa harus mengisi data pada bagian "informasi tagihan" dan "informasi kartu kredit". Anda harus memastikan data dan nomor CCV Anda masih berlaku.
  6. Berikutnya Anda bebas mencentang "simpan nomor dan masa berlaku kartu". Kalau data Anda tidak mau disimpan, Anda tidak perlu mencentangnya.
  7. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke finalisasi pembayaran dan isi kode otorisasi (3D secure) yang sudah dikirimkan oleh bank. Kode tersebut biasanya dikirimkan melalui pesan SMS.
  8. Terakhir, periksa seluruh informasi mengenai barang yang Anda beli serta tagihan yang akan Anda bayarkan. Kalau dirasa sudah sesuai, Anda bisa menekan "OK" untuk menyelesaikan pesanan.

Kartu Kredit PermataShoppingCard

Jika Anda mencari kartu kredit yang sangat mendukung untuk belanja online, maka PermataShoppingCard adalah pilihan yang tepat. Produk dari PermataBank ini menawarkan banyak layanan dan keuntungan untuk kebutuhan belanja di era digital, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Kartu kredit dari PermataBank ini bisa Anda miliki secara mudah tanpa perlu pergi ke bank. Anda bisa mendaftar melalui aplikasi mobile banking PermataMobileX yang bisa diunduh di Play Store atau App Store.

PermataShoppingCard menawarkan beragam kelebihan yang dapat Anda manfaatkan untuk belanja online. Kartu kredit ini menawarkan cashback 5% hingga Rp200 ribu hingga berbagai promo dari merchant online.

Sejumlah kelebihan lainnya akan Anda dapatkan dari PermataShoppingCard, di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran untuk satu tahun pertama, fitur contactless card, dan masih banyak lagi. Informasi selengkapnya serta langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.

Salam,
Fadlimia Permata Shopping Card




1 komentar untuk "Tips Belanja Online Pakai Kartu Kredit Supaya Kantong Aman"

  1. Semudah itu yaaa.. Kali dulu bikin cc ngisi formulir sampe pegel blom lagi kadang marketingnya malesin.. banyak dramanya.. makasi infonya ya mii

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.