Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan Pinggang Dengan Gerakan Olahraga Berikut Ini!

Pinggang yang kecil dapat membentuk rasa percaya diri seseorang. Setidaknya dengan mempunyai ukuran pinggang yang ramping akan bisa membuat Anda bisa menggunakan pakaian yang diinginkan dengan lebih mudah karena cocok dan lebih mudah untuk memadu padukan gaya pakaian. 

Cantik pakai rok
Orang dengan pinggang kecil, cantik pakai rok / sumber gambar: Medium


Gerakan Olahraga yang Tepat

Adapun untuk cara mengecilkan pinggang bisa menggunakan gerakan olahraga yang membantu untuk membuat ukuran pinggang lebih ramping, yaitu gerakan berikut ini:

1. Plank

Jenis olahraga pertama yang dapat dicoba untuk dilakukan secara rutin bagi yang mempunyai tujuan untuk dapat mengecilkan ukuran pinggang adalah plank. Gerakan plank adalah gerakan yang sangat efektif untuk melatih otot di sekitar daerah perut. Selain itu plank juga dapat membantu untuk membuat postur tubuh lebih baik dan sehat.

Ketika melakukan plank untuk mengecilkan pinggang bisa dilakukan dengan menahan gerakan plank selama 30 detik atau lebih ketika kuat untuk menahannya. Di mana ketika sudah terbiasa dengan gerakan plank akan membuat lebih kuat untuk menahan beban tubuh dan semakin baik untuk membentuk otot perut dan dapat mengecilkan ukuran pinggang karena bisa membantu untuk membakar lemak di sekitar perut.

2. Standing oblique crunch

Cara mengecilkan pinggang selanjutnya yang dapat dilakukan dengan gerakan olahraga adalah standing oblique crunch. Gerakan tersebut merupakan jenis yang membantu untuk dapat mengencangkan otot pinggang sehingga akan membantu untuk mempunyai pinggang lebih ramping. 

Standing oblique crunch sendiri merupakan gerakan yang bisa dilakukan dengan berdiri dan dapat menyiapkan peralatan yaitu beban dengan berat 2 hingga 4,5 kg.

Langkah untuk melakukan gerakan standing oblique crunch sangat mudah yaitu tinggal menstabilkan lengan, turunkan lengan kanan dan jaga agar pinggang tidak bergerak. Arahkan posisi badan ke kanan dan kiri dengan beberapa kali pengulangan untuk mendapatkan manfaat yang terbaik. 

Gerakan standing oblique crunch yang dilakukan secara rutin akan dapat membantu sebagai pengganti sit up yang memberikan manfaat mengecilkan lingkar pinggang.

3. HIIT

Gerakan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah High intensity interval training atau HIIT. Jenis gerakan ini mempunyai manfaat untuk membantu mengecilkan pinggang dengan lebih efektif dibandingkan gerakan kardio yang lain. 

Sehingga tidak heran bagi Anda yang mempunyai tujuan untuk mengurangi lingkar pinggang dengan cepat, bisa memilih untuk olahraga gerakan HIIT dengan rutin.

Olahraga dengan gerakan HIIT mempunyai intensitas tinggi dan juga dilakukan dalam waktu singkat, sehingga sangat cocok untuk yang mempunyai kesibukan. 

Di mana untuk melakukan gerakan HIIT yang dapat dilakukan adalah pemanasan selama kurang lebih 5 menit, kemudian di lanjut ke gerakan inti selama 15 hingga 30 detik, dan pendinginan atau istirahat dengan gerakan yang intensitasnya lebih rendah selama 90 detik. 

Dengan mengurangi gerakan HIIT akan membantu untuk mencapai pinggang lebih ramping.

4. Side bend

Gerakan selanjutnya yang dapat dipilih untuk membantu membuat pinggang lebih kecil adalah side bend. Seperti namanya, side bend merupakan jenis gerakan yang cukup untuk menekuk badan ke samping. 

Gunakan dumbbell di tangan dan tangan satunya di daerah pinggang. Kemudian cukup dengan menekuk badan ke samping dan tangan yang mencapai lantai. Ulangi gerakan side bend tersebut hingga 20 kali dan ganti di bagian sisi tubuh lainnya sehingga memberikan manfaat yang lebih efektif.

Cara mengecilkan pinggang
Di Fithub bisa melakukan berbagai macam gerakan untuk mengecilkan pinggang / sumber gambar: Fithub

5. Gerakan yoga

Bagi Anda yang ingin memilih jenis olahraga yang sangat cocok untuk memberikan manfaat ukuran pinggang yang lebih ramping adalah yoga. Olahraga yoga mempunyai banyak gerakan yang dapat diikuti untuk membantu mengatasi obesitas dengan efektif utamanya yang ada di daerah perut. 

Dengan melakukan yoga secara rutin akan membantu untuk meningkatkan kesehatan sekaligus dapat mencapai tujuan pinggang yang ramping karena membantu membakar kalori tubuh dengan efektif.

Selain gerakan tersebut, masih ada banyak lainnya jenis gerakan yang bisa membantu sebagai cara mengecilkan pinggang yang dapat diikuti. Untuk dapat rutin dan termotivasi untuk melakukan gerakan yang membantu mengecilkan perut tersebut dapat melakukan gerakan olahraganya di FIT HUB yang menawarkan kelas yoga, HIIT, pilates, dan lainnya yang membantu untuk mendapatkan ukuran pinggang yang Anda inginkan.

Salam,
Fadlimia Fithub



2 komentar untuk "Cara Mengecilkan Pinggang Dengan Gerakan Olahraga Berikut Ini!"

  1. Pernah nyoba plank kak. Ya Allah memang ya gak semudah keliatannya. Awalnya, satu menit aja itu udah kek prestasi kali kak. Sampe bergetarrrr nahan biar gak jatuh.

    BalasHapus
  2. Ahh awak salah baca judul. Tebaca cara mengecilkan ikat pinggang pulak.
    Awak juga nyoba plank. Mudah-mudah susah memang.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.