Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Kesehatan Dengan Olahraga Renang

Di era adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19 ini banyak varian penyakit berpotensi menular di sekitar kita. Tentu saja tidak mau ikut tertular dan orang terdekat kita terjangkit penyakit. Terlebih di musim penghujan seperti sekarang ini.

Jika tak ingin tubuh gampang sakit, jalan terbaiknya adalah dengan memperkuat imun. Tak sedikit cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bisa jadi dengan minum vitamin, olahraga renang, dan lain sebagainya. 

Olahraga Berenang

Nah, ada olahraga yang banyak digemari banyak orang, dari yang muda sampai yang tua. Apa itu? Yup, berenang. Olahraga yang berkaitan dengan air ini banyak digemari karena tidak hanya jadi kegiatan olahraga, berenang juga bisa jadi sarana hiburan yang menyenangkan.

olahraga berenang
Klikdokter

Seperti yang umumnya kita ketahui, berenang dapat membuat tubuh lebih fleksibel. Apalagi kalau renangnya di area rumah dan pekarangan sendiri pasti lebih nyaman. Seperti yang dibuat oleh kontraktor kolam renang Semarang.


Tetapi tahukah kamu? Manfaat berenang tidak berhenti di situ saja. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan. Yuk, simak manfaat-manfaat lain dari berenang!

1. Menurunkan Berat Badan

Reminder, nih! Meski berenang merupakan olahraga yang minim cedera, berenang harus dalam kondisi tubuh yang stabil dan fit agar bisa merasakan khasiatnya.

Melansir Obesityaction, berenang adalah latihan fisik ideal bagi:

  •  Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.
  •  Orang yang tidak dapat melakukan olahraga menahan beban seperti berjalan, jogging atau berlari.
  • Berenang yang menggabungkan tubuh bagian bawah dan tubuh bagian atas secara bersamaan, sama dengan latihan seluruh tubuh.

2. Terapi Radang Sendi

Penderita radang sendi atau arthritis cukup sulit menentukan olahraga yang tepat, karena untuk bergerak saja terasa nyeri. Selain merangsang sirkulasi darah, berenang juga dapat mengurangi kekakuan otot, juga rasa sakit. 

Tujuan melakukan renang pun bisa membuat otot menjadi lebih kuat seiring bertambahnya usia.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sejak lama diketahui, berenang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Latihan fisik berupa renang melibatkan semua otot, sehingga mendorong jantung untuk bekerja meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Otak dan Mental

Selain mendukung kesehatan fisik, ternyata tujuan berenang juga dapat meningkatkan kinerja otak, terutama pada anak-anak.

Studi di Journal of Speech, Language, and Hearing Research menerangkan tentang manfaat renang yang berdampak meningkatkan pembelajaran pada anak-anak.

5. Mendukung Kehamilan Tetap Sehat

Saat hamil, bumil tetap perlu melakukan olahraga untuk mendukung kehamilan tetap sehat dan kuat. Salah satu olahraga yang disarankan adalah berenang.

Seseorang yang benang dapat membuat badan lebuh dan mengobati penyakit yang muncul di kala kehamilan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga secara teratur termasuk berenang dapat meningkatkan kualitas tidur, lho. Rasa lelah sehabis berenang bisa membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak yang kelelahan setelah berenang pun bisa membuat tidurnya menjadi lebih pulas di malam hari.

8. Membakar Kalori Lebih Banyak

Berenang menggunakan hampir semua otot utama, seperti otot perut, dada, bisep, trisep, glutes, paha belakang, dan paha depan.

Artinya, manfaat renang secara rutin dapat membakar kalori lebih banyak.

dapun kalori yang dibakar sekitar 350-420 kalori per jam, lebih besar dari berjalan, yang membakar sekitar 177-279 kalori per jam.

9. Terapi untuk Penderita Asma

Mengajak anak-anak melakukan olahraga air berupa berenang, akan membantu mengendalikan keparahan gejala asma.

Ini disebabkan karena kelembapan udara yang tinggi di sekitar area kolam renang membuat saluran napas menjadi tidak kering. Artinya, risiko terjadinya serangan asma menjadi lebih kecil. 

Wah, banyak ya manfaatnya yang jarang diketahui. Ngomong-ngomong, kalian tahu pasti tahu kan, biasanya kita bisa berenang di kolam renang umum, pantai, atau lain-lain? Pasti menyenangkan bukan jika punya kolam renang pribadi?

jasa konstruksi kolam renang Semarang


Dengan kolam renang pribadi, kita bisa mengekspresikan diri lebih baik. Tanpa takut dengan pandangan orang lain, juga tentu saja privasi aman. Tunggu apa lagi? Ayo buat kolam renang milik kamu sendiri di jasa pembuatan kolam renang Semarang.

Salam sehat,

Ragapool


9 komentar untuk "Jaga Kesehatan Dengan Olahraga Renang"

  1. Aku amat suka renaaang, tiap abis renang tuh badan serasa lebih ringan dan enakan. Terus kalau renang tuh nggak secapek olahraga yang panas-panasan gt kaya lari hehehe, preferensi siiih. Setuju yg gerak ini dari atas dan bawah, jd berasa menyebar aja gitu.

    Trs jd inget dulu ada guru penjasku yg terapi kesehatan masalah tulangnya tuh dg berenang, memang manfaatnya sebanyak itu yah :D

    BalasHapus
  2. Bener bangeeet. Manfaat renang buanyak buat kesehatan. Aku pun merasakan kl pagi/siang/sore berenang, malamnya tifur pulesss. Bangun tidur esok harinya terasa fresh. Duuuududu, semoga suatu saat bisa punya kolam renang semdiri, aamiin

    BalasHapus
  3. Waktu kecil sempet pengen punya rumah yang ada kolam renangnya
    Enak gitu ya bisa berenang tiap hari, hihihi
    Apa lagi anak kecil kan seneng main air

    BalasHapus
  4. Ya Allah pengennya punya kolam renang pribadi ya kak. Biar bisa renang sepuasnya trus gak repot keluar rumah. Awak yang masih 35 aja kadang udah gak beres sendi nya kak. Makanya pengen rajin renang.

    BalasHapus
  5. Suka cemburu sama yang pandai berenang, kutak bisa soalnya wkwkwk.
    Padahal sekarang enak, sudah ada tempat2 berenang khusus muslimah.

    BalasHapus
  6. Renang memang olahraga minim cedera dan bagus sekali untuk semua kasus. Baik buat meningkatkan kebugaran juga buat salah satu media terapi buat anak anak khusus yg memiliki keterbatasan gerak.

    BalasHapus
  7. Olahraga favorit Alfie nih kak. Suka banget renang. Memang betul kalau renang bisa meningkatkan kualitas tidur. Badan jadi ringan banget. Teringat waktu belum bisa renang, Alfie dekati orang yang pande dan langsung minta ajarin.

    BalasHapus
  8. Kalau berenang itu enak banget ya semua anggota tubuh bergerak dan bikin ringan

    BalasHapus
  9. berenang salah satu olahraga yang saya sukai, selain segar karena di air juga olahraga ini bergerak semua tubuh kita, dulu saya sampai kursus agar olahraga ini benar dilakukan dan paham dasar-dasarnya

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.