5 Langkah Menghilangkan Noda Lumpur Di Baju Putih

Senangnya Memakai Baju Putih

Setiap orang pasti memiliki baju putih. Entah itu untuk seragam sekolah, pakaian kerja, atau sekadar suka memakai baju berwarna putih. Warna putih melambangkan kemurnian, kesucian, dan lambang awal yang sukses.

 

cara menghilangkan noda di baju putih
Ilustrasi baju putih / freepik

Namun pernahkah kamu mengalami baju putih yang terkena noda? Wah, pasti tidak sedap dipandang lagi ya. Alih-alih ingin meraih makna warna putih yang kesannya bersih dan elegan, malah mengurangi rasa percaya diri kamu. Jika si noda membandel terlihat orang lain seakan menurunkan poin penampilan.

Apa saja noda yang relatif sulit dihilangkan dari si baju putih?

  1. Noda tinta terutama di bagian kantong, tinta merembes dari pulpen cair sehingga memunculkan noda kehitaman yang mengganggu pandangan mata.
  2. Noda oli, biasanya saat melihat bagian mesin kendaraan lupa kalau sedang memakai baju putih dan akhirnya noda menempel di area lengan baju. Noda oli biasanya yang paling sulit dihilangkan di antar noda lainnya.
  3. Noda lumpur, jika dalam jumlah banyak dan mengental juga susah dilenyapkan, meskipun sudah bersih dari lumpur, tetap meninggalkan bekas kecoklatan.
  4. Noda daki, biasanya di kerah baju putih anak, dan di pergelangan tangan untuk baju putih tangan panjang.
  5. Noda darah, percikan darah ke baju juga relatif sulit hilang tanpa bekas, mesti dicuci beberapa kali.

Kali ini saya membahas tentang noda lumpur. Lumpur sebagaimana kita ketahui merupakan campuran dari air dan tanah atau kerap juga disebut becek. Apalagi kalau jenis tanahnya yang lengket dan sulit untuk dibersihkan seperti tanah liat.

Pengalaman saya mencuci baju seragam sekolah anak yang penuh lumpur sehabis bermain sepak bola, wah sudah mengusahakan banget mencucinya sampai double dan triple cleansing

Sudah mencuci dengan bantuan mesin cuci, tidak bersih juga, lalu saya coba mencuci manual dengan mengucek-nguceknya pakai tangan, nodanya hanya memudar, namun tidak hilang sama sekali. Masih meninggalkan jejak di baju putih anak saya. 

Akhirnya setelah semua usaha tidak mendatangkan hasil, saya memutuskan membeli baju putih baru saja. Satu masalah pun selesai.

Cara Menghilangkan Noda Lumpur di Baju Putih

Berikut saya bagikan langkah-langkah menghilangkan noda lumpur di baju putih:

  1. Pertama pisahkan dahulu baju putih yang bernoda lumpur dengan baju berwarna lainnya yang tidak terkena noda lumpur. Hal ini untuk meminimalisir noda bercampur baur mengotori baju lainnya.
  2. Rendam baju putih bernoda lumpur dengan air kira-kira 30 menit. Setelahnya akan kelihatan air rendaman berubah warna menjadi coklat kehitaman tanda noda mulai lekang.
  3. Ganti air dengan air yang baru kemudian bubuhkan deterjen antinoda atau cairan pemutih pakaian terutama di atas bekas noda lumpur.
  4. Sabuni baju putih bernoda dengan sabun batangan, terutama tepat di bagian yang terkena noda, diamkan selama 1 jam di rendaman air.
  5. Kucek-kucek agak lama di bagian bekas noda, jika belum hilang, sabuni lagi lalu masukkan ke mesin cuci atau bisa juga disikat.

Demikian 5 langkah menghilangkan noda lumpur di baju putih berdasarkan pengalaman saya pribadi. Kamu punya cara lain nggak, dalam menghilangkan noda pada baju putih. Sharing di kolom komentar ya. Ditunggu.

Oya, kalau kamu sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan noda di baju putih tetapi tidak kunjung hilang juga, kamu bisa beli pakaian baru di Shopee. Saat ini, sedang berlangsung promo Fashion Wanita Day dalam Shopee 11.11 Big Sale yang menghadirkan penawaran spesial untuk aneka pakaian wanita! Tunggu apalagi.

Salam,

jual pakaian wanita


 









 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

28 Komentar untuk "5 Langkah Menghilangkan Noda Lumpur Di Baju Putih"

  1. Cucok banget tipsnya. Aku bysanya juga ngerendem pake varnish ato ngga kucek pake sabun batang juga it works..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl gak hilang juga bs beli baju putih yg baru lg di Shopee yaa Mba Lintang, hehe

      Hapus
  2. Kayak emak saya kalo nyuci baju, yang khusus warna putih akan dipisah. Dicuci manual dulu, kalo sekiranya udah gak ada noda atau kotoran, barulah dimasukkin ke mesin cuci...

    Kalo kotornya udah kebangetan, sementara itu baju kesayangan, ya terpaksa beli lagi, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh statement yang terakhir jangan lupa Shopee 11.11 ya hehe

      Hapus
  3. mantepp tipsnya, aku juga kalau nyuci selalu pisahin baju warna putih. apalagi baru pake sekali doank, nyesekk banget kalau kena noda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhubung udah masuk musim hujan, kayaknya pemakaian baju putih mulai dikurangi ya Mba Meyke. Rempong nyucinyaaa. Hihihi

      Hapus
  4. Jadi inget kalau ada noda dari minuman soda yang belum ilang di gamis warna putihku nih mbak.
    Udah berkali2 dicuci tapi belum ilang juga. #sad

    BalasHapus
  5. Udah masuk musim hujan nih ya uni. Anak-anak kita udah akrab ni sama noda lumpur bekas main hujan-hujanan. Hehehe. Tipsnya pas banget diberikan saat ini.

    BalasHapus
  6. Cocok banget nih tipsnya. Anak saya kalo pulang sekolah ada saja noda di bajunya yang bikin ibunya ngomel-ngomel :) Ntar saya suruh coba pakai tips ini, biar baju anak saya bersih lagi.

    BalasHapus
  7. Karena anak-anak sudah cukup besar, bajunya sudah jarang bernoda. Memang mesti dipisahkan dari baju putih jika ada baju yang bernoda ya, Mbak Mia. Dan lebih baik direndam dengan air biasa dulu baru dengan sabun. Kalau tetap ga mempan memang mesti beli baju baru mumpung Shopee ada 11.11 Big Sale

    BalasHapus
  8. Ternyata trik mencuci pakaian yang terkena noda lumpur itu,setelah warna air rendaman berubah segera ganti air yang baru abis itu dikasih detergent lagi ya.
    Hem,, biasanya sih langsung dikucek aja. Pantesan susah ngilangin bekas noda lumpur nya. Ternyata mesti 2x cara merendam nya ya. Atau ganti yang baru aja beli di aplikasi shoppe

    BalasHapus
  9. Noda tinta di saku itu paling sering saya alami, dan belum nemu formula tepat untuk menghilangkannya sampai bersih.

    wah shopee 11.11 big sale, mau bikin list dulu ah, biar nggak kalap belanjanya

    BalasHapus
  10. Salah satu alasan aku males pake baju putih itu kena noda dikit aja keliataaaan. Sebel banget. Tapi kalo udah berhubungan dg seragam, ya mau ga mau ttp dipakai ya. Makasih tipsnya, mbak. Jadi berkurang nih kekhawatiran pakai baju putih.

    BalasHapus
  11. Paling susah tuh emang bersihin noda tinta menurutku 😂 btw bicara shopeenaku emang selalu nunggu tanggal cantik biar dapat banyak flash sale hihi

    BalasHapus
  12. Baju putih, hitam, itu sepertinya wajib untuk dikoleksi ya. Selain mudah dipadupadankan, fleksibel juga dipakainya. Wah, jadi inget butuh tambahan koleksi baju atasan nih. Cuzz ah ke shopee

    BalasHapus
  13. Saya pakai cara terakhir mbak. beli baju putih baru. wkwkwwk.... udah nyoba semua tipsmu mbak. tapi tetep aja gak hilang noda putihnya. gmn hayo. sebelnya tuh noda di kelek alias ketiak. angkat tangan deh. punya saran gak mbak?

    BalasHapus
  14. Kalo baju putih udah kena noda, langsung pusing kepala saya kak. Karena biasanya akann sulit kembali seperti semula. Minimal masih kekuningan bekasnya. Mau nggak mau beli baju putih baru, hehe..

    BalasHapus
  15. Baju putih memang favorit awak kak. Tapi awak senewen kalo yang pake baju putih itu si nomer 3. Ya Allah mau marah pas nyuci. Kepengen aja rasanya beli baju baru aja lewat shopee. Heheh

    BalasHapus
  16. Butuh trik tersendiri menghilangkan noda di baju putih. Kalau saya, gak berani pakai baju putih huhu.

    BalasHapus
  17. Selain baju seragam di hari Senin, aku sangat menghindari anak-anak mengenakan pakaian putih. Aku sendiri sih memang kurang suka. Dan, beberapa bulan ini, aku bebas dong dari mencuci baju penuh lumpur karena anak-anak kan nggak pergi ke sekolah. Biasanya memang direndam dalam ember terpisah dan menggunakan deterjen khusus pakaian putih gitu.

    BalasHapus
  18. Oh ternyata begitu caranyaa ^^ Aku baru tau, terima kasih sudah diberi tahu ya kak.. Ahaa sama banget aku juga lagi ngepoin Shopee hihihi..

    BalasHapus
  19. Makanya Aku malas banget pake baju warna putih, soalnya membersihkan nya perlu effort deh hehehe

    BalasHapus
  20. Kalau udah malas atau usaha tapi enggak ada hasil cara termudah memang beli aja ya kak. Apa lagi ada promo oke, hehe.

    BalasHapus
  21. Saya pelaing sebel kalau baju putih kena noda rasanya pengen langsung di lem biru ..wkwk tapi baca artikel ini ternyata ada caranya ya boleh nih di coba

    BalasHapus
  22. Yuni pernah diajarin mama nyuciin baju pake sabun batang. Emang bersih sih. Cucok banget...

    BalasHapus
  23. Tips penting banget untuk di bookmark nih, karena tiap senin suami pakai baju putih dan nanti aku cucinya kalau udh banyak barengan seperti kaos dalam dan masker putih.

    BalasHapus
  24. Saya sebenarnya senang memakai putih, tapi ya itu malas karena gampang kotor. Tapi, kalau kotor dan tidak bersih tinggal beli saja di shopee ya mbak😊😊

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel