Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VPS dan 5 Keuntungan Menggunakan VPS Server untuk Website

Dalam meningkatkan performa website terkadang kita sering dihadapkan pada dua dilema yang memusingkan: pertama, untuk bertahan dengan shared hosting yang kita punya karena harganya yang murah atau yang kedua, upgrade ke VPS server yang lebih mumpuni.

Mana yang akan Anda pilih? Kalau Anda belum pernah mendengar tentang VPS server sebelumnya, ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan beralih ke tipe server yang satu ini.

Pengertian VPS Server

Apa itu VPS server?

VPS (Virtual Private Server) merupakan server virtual yang beberapa di antara serangkaiannya dibuat di satu server fisik. Bisa dibilang, VPSmenyerupaishared hosting karena untuk menggunakannya Anda mesti menyewa sebagian dari server fisik untuk Anda sendiri bersama dengan pengguna lainnya, dan inilah yang menjadikan biaya “sewanya” sangat rendah.

Namun, meskipun metode pemakaiannya mirip dengan shared hosting,jumlah ruang dan sumber daya komputasi yang Anda dapatkan dengan VPS jauh lebih memadai daripada yang lazimnya Anda peroleh ketika menggunakan shared hosting.

Domainesia

Perbedaan VPS dan shared hosting lainnya yang paling mendasar yakni setiap VPS benar-benar independen dari akun-akun pengguna lainnya yang menumpang di server fisik yang sama. Masing-masing memiliki sistem operasinya sendiri, dan perbedaan mencolok ini memberikan setiap penggunanya keleluasaan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi pilihan mereka sendiri.

Juga, ini berarti bahwa kinerja website yang bernaung di bawahnya terbebas dari pengaruh aktivitas pengguna lain sekalipun mereka harus saling berbagi server fisik. Pendeknya, VPS bekerja seperti server khusus berukuran “serba pas” yang terletak tepat di tengah-tengah shared hosting dan hosting situs web mandiri lainnya.

Lalu, mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk beralih ke VPS server? Simak 5 keuntungan menggunakan VPS server untuk website di bawah ini.

5 Keuntungan Menggunakan VPS:

1. Pemeliharaan kualitas server yang terjamin

Untuk kinerja yang optimal, situs web Anda perlu dijalankan pada server terbaik. Dengan begitu, kecepatan loading situs web Anda akan senantiasa terjamin dan, tidak peduli seberapa banyak aplikasi yang Anda pasang, serveryang bagus semestinya bekerja dengan sempurna setiap saat.

Sebagai bagian dari layanan terkelola yang disediakan untuk pengguna VPS, bukan cuma software Anda yang semestinya diurus, tetapi hardware-nya juga. Dengan VPS, kualitas server terus ditingkatkan, dipantau kinerjanya dan dipelihara, menolong Anda untuk menjaga peringkat website Anda supaya berada di posisi teratas dalam setiap persaingan algoritma yang ketat.

2. Memungkinkan penggunaan beberapa VPS server sekaligus

Sebagai alternatif dari managed hosting dengan biaya rendah, VPS server memungkinkan website untuk menggunakan beberapa VPS sekaligus di satu waktu yang bersamaan guna menjalankan sederet aplikasi yang berbeda.

Misalnya, Anda memiliki dua VPS dengan pengaturan yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda pula, Anda dapat menggabungkannya di bawah naungan satu server yang sama. Hal ini hanya memungkinkan untuk terjadi apabila Anda menggunakan VPS server.

Bayangkan berapa nominal yang lumrahnya harus Anda gelontorkan untuk menyewa beberapa server sekaligus. Biayanya tentulah tidak murah, apalagi jika Anda harus memasangnya seorang diri pula.

3. Proses upgrade hosting yang mudah

Salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai VPS server yakni berkat proses upgrade-nya yang gampang dilakukan ketika Anda berkehendak untuk meningkatkan hosting Anda ke opsi yang lebih besar.

Ada berbagai paket hosting yang dapat Anda pilih, di mana masing-masing paket menawarkan beraneka ragam layanan yang menggiurkan (terutama bagi Anda yang berangan-angan untuk mengembangkan website Anda), seperti kapasitas penyimpanan dan memori yang lebih besar.

Terlebih lagi, Anda juga berkesempatan untuk “turun level” andai paket yang Anda punya saat ini terlalu besar. Soal kemampuan untuk upgrade dan downgrade, VPS server merupakan pilihan hosting yang paling fleksibel yang tersedia di pasaran saat ini.

4. Jaminan keamanan yang lebih ketat

Secara substansial, VPS server lebih aman ketimbang shared hosting. Dengan VPS server, kecil kemungkinannya website Anda terpapar risiko diretas (hacking) atau terinfeksi virus. Alasan utamanya yakni, sebagai satu kesatuan, aplikasi dan data yang disimpan di VPS server benar-benar terpisah antara satu pengguna dengan pengguna lainnya.

Misalnya, pengguna lain di server yang sama kedapatan terinfeksi malware, Anda usah khawatir jika malware tersebut menyebar ke sistem Anda.Pun begitu, kemungkinanhacker untuk menyerang website Anda lewat file pengguna lain adalah nol persen.

Di samping itu, VPS server umumnya juga menawarkan berbagai tindakan keamanan tambahan lainnya, termasuk update sistem operasi, firewall, monitoring ekstra, dan backup rutin.

5. Rendah biaya maintenance

Untuk mendukung perkembangan website Anda dalam jangka panjang, Anda perlu memastikan bahwa pengeluaran Anda di kategori maintenance tidaklah melebihi anggaran yang telah Anda buat.

Untuk itulah, VPS server hadir sebagai solusi cemerlang antara shared hosting dan managed hosting, baik dari segi kapasitas yang ditawarkan maupun biaya.

Bayangkan saat ini Anda hendak pindahan ke rumah baru. Anda harus mengangkut sofa lama, tetapi tidak terdapat cukup ruang di mobil Anda untuk itu. Apakah itu berarti Anda harus menyewa truk gandeng? Tidak, bukan? Analogi ini mencerminkan layanan yang ditawarkan VPS server. Dengan VPS, Anda dapat menemukan alternatif yang paling pas untuk kebutuhan Anda saat ini.

Pemilik website pemula mungkin menganggap upgrade ke VPS server ibarat langkah besar yang menakutkan. Namun, selaku pelaku usaha, Anda semestinya tidak perlu ragu untuk mengambil lompatan tersebut. Apalagi kini sudah hadir penyedia layanan VPS Server untuk Website yang berkualitas seperti www.domainesia.com/vm. Jadi tidak usah ragu, sebab DomaiNesia kini memberikan pelayanan yang optimal untuk semua produk layanannya, terutama untuk urusan layanan Virtual Private Server.

Dan Seperti yang telah Anda amati dari kelima keuntungan menggunakan VPS server untuk website di atas, VPS menawarkan kinerja berkualitas dengan biaya yang terjangkau. Anda bisa mendapatkan semua layanan yang Anda butuhkan dengan biaya yang ramah di kantong.

Berkatnya, Anda berkesempatan untuk memperoleh lebih banyak ruang penyimpanan, memori, dan kekuatan processing data yang lebih baik ketimbang shared hosting. Pun, data-data Anda akan senantiasa aman dari serangan hacker maupun malware. VPS server merupakan paket serba lengkap yang lain daripada yang lain.

Salam, 

VPS server Domainesia





21 komentar untuk "VPS dan 5 Keuntungan Menggunakan VPS Server untuk Website"

  1. Sekarang ini perusahaan nggak perlu punya ruangan server sendiri yang high maintenance ya mbak karena biaya operasional lumayan besar dengan pemasangan AC di ruangan server yang kudu super dingin dan temperatur tertentu.

    Apalagi domainesia juga perusahaan besar dan cukup terpercaya juga. Makasih informasinya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertimbangan seperti ini sangat diperhatikan perusahaan ya Mbak Ren

      Hapus
  2. VPS tuh bagusnya kalau kita punya usaha kalik ya. Jadi lebih aman dan lebih cepet ya? Domainesia termasuk hosting yang bagus yah reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, banyak temen2 bloger pakenya Domainesia ya

      Hapus
  3. Jadi pilihan jatuh pada VPS server ya kak.. karena merupakan paket serba lengkap yang lain daripada yang lain.
    Tapi tetep belinya pake domainesia ya kannn

    BalasHapus
  4. Banyak istilah baru yang saya twmui di tulisan mbak.. hehe ketauan nih kudetnya. Tapi punya server ini cocoknya buat yang punya perusahaan besar ya mbak..

    BalasHapus
  5. baik kak, terimakasih infonya. cuma memang kalau server lokal ini sering dipandang sebelah mata oleh beberapa kawan yang memang mainnya dibidang ini (internet), kalau masih lokal maka sama aja (kurang berkualitas), sehingga saya lebih sering dapat rekomendasi server luar. sampe hari ini saya juga masih pakai server luar. pernah punya pengalaman gak enak juga pakai server lokal hihi.

    semoga seiring makin majunya teknologi, server lokal juga makin berbenah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu pake domainesia bang. Biar server lokal jadinya gak dipandang sebelah mata lagi.
      Semoga semakin maju lah teknologi informasi lokal kita.

      Hapus
  6. Aku masih pakai shared hosting karena visitor belum banyak banget. VPS memang bisa banget jadi pilihan buat yang visitor blog udah puluhan hingga ratusan ribu per bulannya.

    BalasHapus
  7. Domainesia memberi manfaat yang baik ya kak, jadi tidak terllau banyak mengeluarkan biaya untuk maintance. Kalau untuk bs kayak blogku diperlukan juga kah kaa?

    BalasHapus
  8. Noted, domainesia ya kak, next kalau butuh server dll gini cuss ke domainesia aja deh recomendednya kak mia nih

    BalasHapus
  9. Saya pakai Domanesia mbak tapi blm VPS dan baru tau kalau bagus ternyata ya ..idem lah layanan hosting web nya juga bagus,..terbaik emang Domanesia ini

    BalasHapus
  10. Baru tau nih ada vps. Banyak banget ya manfaatnya salah satunya buat keamanan data. Ini ni yang docari semua orang. Apalagi biayanya juga terjangkau

    BalasHapus
  11. Aku juga lebih pilih server lokal sih daripada yg lain. Katanya benerinnya lebih mudah kalau nanti ada trouble gituy

    BalasHapus
  12. Duh, saya juga perlu belajar lagi nih terkait dengan PVS ini ya kan. Apalagi kelihatannya bakalan banyak banget aktivitas ngeblog di masa depan. Takut pula nanti lemot.

    Sip, sip tinggal cek lagi dah artikel ini kalau mau pakai PVS.

    BalasHapus
  13. seberapa pentingkah kita bikin PVS ini di blog kita kak Mia? dan domainesia gak tau kenapa sering berseliweran di timeline, proud of local product. semoga kedepannya masih banyak yg melek ttg PVS ini...

    BalasHapus
  14. Jadi kepo nih sama Domainesia, layanan untuk penggunanya semakin keren saja termasuk layanan VPSnya, kepikiran juga untuk pindah hosting ke sini, makasi infonya ya kak :)

    BalasHapus
  15. Istilahnya baru kenal semua. Pendatang baru. Makasi infonya kak.

    BalasHapus
  16. Terima kasih informasinya ya ka mia..jadi lebih tau ni..

    BalasHapus
  17. Jadi, vps server ini lebih menguntungkan bagi pengusaha dibandingkan website pribadji spt blog saya ya mba..
    Mba Mia sendiri sudah beralih ke vps server kah?

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.