Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat Kecantikan Dengan Madu, Menjaga Lingkungan Dan Menyejahterakan Masyarakat

Artikel ini berisikan tentang cara merawat kecantikan dengan madu, menjaga lingkungan, dan menyejahterakan masyarakat. Sebagai seorang perempuan tentu saja saya sangat memperhatikan perawatan kecantikan. 

Siapa sih yang tidak ingin terlihat selalu menarik, awet muda, dan hal positif lainnya. Untuk merealisasikan upaya merawat kecantikan, tak jarang saya membeli produk lokal maupun impor. Namun, belakangan sepenuhnya saya memilih produk dalam negeri.

membudidayakan madu

Definisi cantik juga tidak sebatas fisik semata, karena ada yang lebih bernilai dari yang sifatnya lahiriah, yaitu kecantikan hati. Memiliki sifat-sifat yang terpuji, ramah lingkungan dan ramah sosial, serta berkepribadian yang baik. 

Bahan-bahan perawatan wajah dan tubuh berlimpah dan dapat ditemukan di alam. Produk komoditas  berkelanjutan dan selfcare diolah dan dikelola oleh kelompok komunitas hingga unit usaha kecil dan menengah dari berbagai daerah di Indonesia. 

Cara Merawat Kecantikan Dengan Madu

Khasiat madu untuk merawat kecantikan sudah terkenal sejak dulu kala. Madu selalu dijadikan campuran ramuan untuk obat, kecantikan dan makanan. Kandungan antimikroba dan antioksidannya dipercaya dapat menenangkan kulit. 

Ya, kulit juga perlu ketentraman setelah dipoles dengan berbagai macam varian produk sintetis berbahan kimiawi. 

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab masalah pada kulit seperti kulit tampak kusam, jerawat, penuaan dini, keriput, dan kanker kulit. 

Lalu bagaimana cara merawat kecantikan wajah dengan madu? Berikut ulasannya:

Membuat kulit wajah tampak lebih bersih

Caranya: campurkan 1 sdm madu dengan irisan tomat, lalu oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan sejenak 15-20 menit, cuci setelahnya kamu akan mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih bersih dan sehat.

Melembapkan kulit wajah

Caranya: oleskan madu pada wajah lalu diamkan selama 5-10 menit lalu cuci dengan air hangat

Menjaga kelembutan kulit

Caranya: bersihkan wajah dengan madu 1-2 kali dalam seminggu secara rutin

Menunda proses penuaan

Tua itu pasti namun jika telaten mengoleskan madu setiap malam sebelum tidur, cara ini dapat memperlambat datangnya penuaan.

Mencerahkan kulit wajah

Caranya: campurkan madu dengan 3 sdm air mawar dan 1/4 cangkir madu, oleskan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Setelahnya cuci dengan air dingin.

Menyamarkan kerutan di wajah

Caranya: campurkan madu dan susu lalu oleskan ke bagian kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. 

Lantas apa hubungannya merawat kecantikan dengan menjaga lingkungan serta menyejahterakan masyarakat? Mari kita bahas bersama.

Merawat kecantikan sekaligus menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat

Pernah tidak berpikir bahwa madu yang kita jadikan salah satu andalan dalam merawat kecantikan, itu diperoleh dengan suatu usaha yang tekun. Tidak setiap saat bisa memanen madu dari beternak lebah. Harus menunggu musim bunga datang dengan banyak nektar mekar di daerah tersebut.

Membudidayakan lebah madu adalah salah satu upaya konservasi hutan

Lalu apa kaitannya merawat kecantikan dengan madu dengan menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat? Tentu erat sekali. Membudidayakan lebah merupakan salah satu upaya konservasi hutan dan memperbaiki habitat. 

Demikian pernyataan Marlis Nawawi, pegiat The Local Enablers yang dilansir laman Mongabay. Keberadaan lebah madu ini adalah salah satu komponen tak terpisahkan dari ekosistem, dan sebagai indikator mutu lingkungan.

Kalau lebah menghilang dari permukaan bumi, manusia hanya punya sisa waktu hidup 4 tahun. Tak ada lebah maka tak ada penyerbukan, tak ada lagi tumbuhan, tak ada lagi hewan, dan tak ada lagi manusia (Albert Einstein)
Sedemikian pentingnya lebah ini dalam kehidupan makhluk hidup di bumi sampai-sampai Enstein pun pernah mengatakan hal demikian.

Menyejahterakan masyarakat

Membudidayakan madu masih merupakan hal yang langka dilakukan kalangan petani. Padahal dari beternak lebah madu ini petani mendapatkan banyak faedah. Selain hasil panen berupa madu dan uang, petani juga menyokong upaya pelestarian alam.

Jika beternak lebah madu, petani mestilah menanam sayur mayur dan tanaman yang menghasilkan bunga-bunga. Sehingga selain menghasilkan pekarangan yang asri dengan banyak tumbuh-tumbuhan, upaya ini  juga memberdayakan masyarakat untuk menanam kebutuhan pangan. Uniknya, lebah tidak merusak ekosistem sebab lebah membantu proses penyerbukan. Sarang lebah juga mampu mengatasi polusi udara.

menjaga lingkungan dengan beternak lebah
Shutterstock

Tak sedikit petani yang telah berhasil dalam membudidayakan lebah madu ini. Seperti yang dialami oleh kelompok tani Jero Wijaya di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Para petani binaan Self Help Group (SHG) yang bergerak di bidang pembudidayaan lebah madu ini memulai usahanya dengan meminjam dana sebesar Rp. 50.000.000 kepada CV Keling Kumang. 

Adapun jangka waktu pengembalian selama 48 bulan. Dana ini mereka alokasikan untuk membeli kotak lebah sebanyak 14 buah. Untuk satu kotak biasa, lebah mampu menghasilkan 2 kilogram madu. Sementara untuk kotak super, lebah bisa menghasilkan 5-6 kilogram madu. Wah, produktif ya!

Kesimpulan

Merawat kecantikan dengan madu memiliki khasiat yang sangat efektif untuk kulit. Dengan menggunakan madu, berarti kita pun turut mengusahakan lingkungan terjaga dan masyarakat sejahtera.

Berikut bisa kamu tonton mengenai Visi Ekonomi Lestari 


Demikian artikel saya tentang merawat kecantikan dengan madu beserta hubungannya dengan menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat. Ditunggu komentarnya ya, para pembaca. Terima kasih.

9 komentar untuk "Merawat Kecantikan Dengan Madu, Menjaga Lingkungan Dan Menyejahterakan Masyarakat"

  1. Kalau bicara manfaat madu sih, udah gak bisa dibantah lagi, banyak banget manfaatnya.
    Di rumah saya gak bisa kalau gak ada madu, soalnya pagi dan malam wajib minum madu. Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain dioles2kan ke kulit wajah juga dikonsumsi sehari-hari untuk menambah imunitas ya Mbak

      Hapus
  2. Kalau bicara manfaat madu sih, udah gak bisa dibantah lagi, banyak banget manfaatnya.
    Di rumah saya gak bisa kalau gak ada madu, soalnya pagi dan malam wajib minum madu. Heheheh

    BalasHapus
  3. Sepertinya aku tertarik sih mbak pakai madu cuma suka lupanya itu lho. udha nyiapin madunya eh malamnya lupa pakai, hihihi. Tapi memang madu itu khasiatnya banyak ya mbak

    BalasHapus
  4. Madu emang banyak manfaatnya ya buat kesehatan dan juga kecantikan. lebah memang makhluk kecil namun membawa banyak manfaat. Bahkan dalam Al Quran pun ada satu surat yang khusus membahas soal lebah ini

    BalasHapus
  5. madu dan propolis memang jadi ingredients skincare yang enggak pernah sepi ya kak. Bagus sekali untuk kulit agar lebih halus, kenyal, dan masalah anti aging.

    BalasHapus
  6. Madu sudah disebutkan di Al-Qur'an sebagai makanan yang bermanfaat bagi manusia. Rasanya yang manis memang bisa membuat orang ketagihan untuk terus minum dan minum.

    Kalau saya sih, cenderung lebih suka ke madu hitam pahit. Awalnya saya kira pahit-pahit gimana gitu? Ternyata pahit yang enak dan tetap menyegarkan. Cobain deh!

    BalasHapus
  7. Usaha seperti ini sangat harus didukung. Supaya banyak lagi masyarakat yang terbantu ekonominya. madu menjadi komoditas yang bisa digunakan di berbagai produk. Kerenlah...

    BalasHapus
  8. Tapi kadang aku masih bingung ka mia milih madu yang asli, susah banget buatku milih yang mana. Karena kebanyakan katanya sudah ditambah gula meski sedikit.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.