Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Belajar SEO Di Kelas Online Bersertifikat

Saya mulai ngeblog sejak tahun 2009, waktu itu menulis artikel blog sesuka hati saja, sama sekali tidak berpikir bahwa blog saya akan banyak dibaca orang lain plus menghasilkan cuan pula. Yang penting segala isi benak dan perasaan saya tercurah dengan rutin di blog. Rasanya plong. Titik.

Di artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman belajar SEO di kelas online bersertifikat. Selain memotivasi diri sendiri agar tak berhenti belajar, syukur-syukur pembaca juga terinspirasi untuk belajar SEO pula.

Mengapa penting belajar SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari, yaitu upaya  mengoptimasi website atau blog untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Mesin pencari tak hanya Google, ada Bing kepunyaan Microsoft, ada Naver dari Korea Selatan, dan ada Baidu dari Tiongkok.

Mengapa mempelajari SEO ini menjadi penting untuk publisher, advertiser, blogger, digital marketer, dan siapa saja ingin menjadi SEO specialist? 

kelas online bersertifikat

Semua orang menelusuri informasi di mesin pencari

Di zaman digital seperti sekarang ini semua orang menelusuri informasi di mesin pencari Google. Anak sakit, mencari penyebab dan cara mengatasi di Google, mahasiswa hunting referensi bikin makalah juga di mesin pencari. 

Sering disebut orang juga Mbah Google, si kakek segala tahu, masalah kehamilan, kelahiran, solusi hukum sampai inspirasi ruang tamu minimalis yang cozy untuk keluarga, mencarinya di Google.

Masa' tidak ada keinginan sih untuk menjadi bahan bacaan orang lain? Meski menulis untuk menyalurkan penuhnya isi kepala, tidak ada salahnya kan sekalian mempelajari cara artikel blog kita nangkring di page one (baca: pejwan) Google. 

Mendatangkan trafik organik

Trafik dalam istilah blogging berarti gambaran lalu lintas kunjungan yang terjadi di suatu blog dalam waktu tertentu. Trafik organik adalah gambaran lalu lintas kunjungan ke blog yang berasal dari pengunjung organik pula maksudnya bukan dari iklan bersponsor atau dibayar. 

Sedemikian pentingnya trafik organik ini sampai ada statement, "No traffic is no money." Para business owner yang ingin website produknya lebih cepat ditemukan pembaca pastinya mencari blog yang trafik organiknya besar.

Agar lelah menulis bisa "terbayar"

Terbayar di sini tidak semata-mata berarti rupiah dollar juga. Namun saat tulisan yang sudah dihasilkan dengan pemikiran yang mendalam, meluangkan waktu, terkadang mesti menunggu anak balita anteng pula (kalau saya), eh tiba-tiba tidak ada yang membaca. Sayang kan. 

Pengorbanan dan jerih payah menulis tidak sepadan dengan hasil yang didapatkan. Paling tidak, saat blog kita dibaca visitor, menginspirasi, dijadikan referensi, dan berdampak baik, bagi kita insyaallah akan mengalir pahalanya plus pahala orang yang mengajak orang lain pula dari hasil membaca blog kita. Menarik, kan.

Meningkatkan kredibilitas blog

Teman-teman narablog yang belajar SEO pastinya berbeda dengan yang asal menulis saja. Karena yang memperhatikan ketentuan SEO ia akan berusaha memenuhi aturan penulisan dan melakukan optimasi mesin pencari dengan cara yang benar. Memangnya ada ya cara yang tidak benar? Oh, ada. 

Coach Ilman Akbar, di kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Satu Google menjelaskannya. Nama langkah-langkah curang itu adalah black hat SEO. Kata Coach Ilman, biasanya yang menempuh jalan tidak jujur akan cepat turun dari halaman satu. So, kenapa harus curang, lebih baik belajar SEO saja. 

Visitor menemukan melalui berbagai kata kunci yang digunakan

Menulis SEO pastinya diawali dengan riset kata kunci atau keyword research. Sehingga dari judul, permalink, deskripsi penelusuran, penyebaran kata kunci, dan struktur tulisan, kesemuanya mendukung tulisan kita melaju ke page muda. Melalui kata kunci-kata kunci inilah visitor akan sampai di artikel kita, menyenangkan ya.

Bayangkan jika kita menulis saja sekehendak hati, tanpa kata kunci, yang ada blog kita tenggelam di halaman antah-berantah. Teman bloger saya menyebutnya halaman tempat menyembunyikan jenazah, OMG lebay ya, hehe. 

Pengalaman belajar SEO di Kelas Online Bersertifikat Skill Academy

Waktu itu masuk pesan dari teman di sebuah grup WhatsApp. Isinya mengajak teman-teman anggota grup untuk ikut kelas SEO di aplikasi kursus online di Skill Academy. Tanpa membuang waktu saya langsung pergi ke website yang dimaksud. 

Skill Academy by Ruangguru adalah platform yang diciptakan dari Ruangguru, berupa situs dan aplikasi kelas online bersertifikat tempat meningkatkan keterampilan dan mengasah softskill yang sangat bermanfaat di dunia kerja.

Keuntungan ikut kursus di aplikasi kelas online Skill Academy

  1. banyak pilihan kelas yang bisa kamu ambil, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini. Kamu pasti bingung saking variatifnya. Kalau saya pingin ambil semuanya!
  2. dapat diakses melalui berbagai device, seperti HP, laptop atau komputer. Jadi kalau kamu kelupaan membawa laptop, di perjalanan bisa sambil kursus via smartphone.
  3. bisa bayar tunai melalui Gopay atau datang langsung ke minimarket terdekat dari rumah kamu.
  4. sering ada promo menarik, diskon dan bahkan kelas gratis. 
  5. diajari oleh pengajar yang praktisi di bidangnya. Seperti di kelas SEO yang saya ikuti, dibimbing langsung oleh Ilman Akbar, Product Manager of Traveloka, praktisi SEO yang mendapat julukan Head of SEO di kalangan spesialis SEO. Keren, kan.
  6. Mengajarnya sangat mudah dimengerti terutama oleh ibu-ibu seperti saya. Kelas terdiri dari 14 video, 3 kuis, 4 dokumen, pre-exam, exam, dan sertifikat. 
  7. Jika sedang sibuk atau ada kegiatan yang tidak bisa ditunda, menyimak video pembelajarannya bisa di-pause dan dilanjutkan lagi saat sudah senggang.
  8. Memperoleh ilmu "rendang" yaitu pengenalan dasar SEO, memahami SEO lebih jauh, melakukan riset kata kunci dalam SEO, faktor dalam website (onpage SEO), faktor yang tidak berhubungan dengan website (offpage SEO), tolok ukur dan analisis, exam dan pre-exam.
  9. Setelah dinyatakan lulus ujian, secepat itu pula sertifikat elektronik bisa kita unduh. Berikut sertifikat saya:
online certificate

Kesimpulan

Pengalaman belajar SEO di kelas online bersertifikat Skill Academy By Ruangguru memberikan saya tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan yang sangat berguna untuk diterapkan di personal blog saya. 

Perlahan-lahan sebagian artikel saya memperoleh posisi di page muda, meski belum semuanya terutama yang tingkat persaingan kata kuncinya sangat tajam. Senang sekali pernah ambil kursus di Skill Academy ini, harga kursus yang terjangkau, pelayanan CS yang baik, dan aplikasinya juga mudah diakses tidak banyak error.

Hmm, habis ini mau ambil kelas yang mana lagi ya di Skill Academy... teman-teman boleh kasih rekomendasi dong, drop komen di kolom komentar ya. Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Skill Academy by Ruangguru











23 komentar untuk "Pengalaman Belajar SEO Di Kelas Online Bersertifikat"

  1. Wah, berarti sama nih kita kak. Dyah juga pernah ikut kelas belajar seo dengan mas ilham akbar ini. Sayangnya kemarin gak sampai tuntas karena prepare mau pindahan rumah. hiks.. rugi banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ilman Akbar, Dyah Sayang... kl Ilham beda lagi kali hihi

      Hapus
    2. Wkwkwk... typonya keterlaluan ya kak. maksudnya Ilman Akbar kak. kemarin juga ikut kelas ini

      Hapus
  2. sebagai blogger emang penting banget belajar seo ya kak, aq pun sampe sekarang masih ikut kelas seo biarpun nyari yang gratisan dulu

    BalasHapus
  3. Asik ya Uni Mia, langsung dapat sertifikat begitu pelatihan onlinenya beres. Keren banget ini Skill Academy. Jadi tertarik pengen nyoba dan ikut review juga. Hehehe.

    BalasHapus
  4. Wah, Kak Mia belajar juga di Skill Academy. Salut aku karena Kak mia masih ingin terus belajar. Materinya SEO lagi yang cocok untuk kita2 ini ya Kak

    BalasHapus
  5. Kemarin saya juga ambil kelas ini kak. Materinya cukup lengkap. Mudah dipahami juga.

    BalasHapus
  6. Wih mantap sekali kak
    Ada sertifikatnya juga ya. Bakalan makin keren nih blognya setelah menguasai ilmu SEO. Selamat ya, kak

    BalasHapus
  7. Sebagai seorang blogger dan pekerja digital memang penting sih menurutku untuk belajar SEO. Karena dampak dari belajar SEO ini sangat beragam, termasuk mampu untuk membuat artikel tulisan yang bisa bersaing dan ramah dengan google search. Skill Academy memang udah okelah ya karena beberapa kali sudah digaet dengan tokped, laz, shope dan e-coomers lainnya, termasuk kartu prakerja juga. Makasih sharingnya kak fadlimia..

    BalasHapus
  8. Keren kak Mia..
    Mau juga ah ikut kelas belajar SEO di skill Academy. Ada pula sertifikat ya kak.. bisa menambah portofolio buat diri.

    BalasHapus
  9. Halaman tempat menyimpan jenazah?
    aduh jangan sampai kayak gitu ya, saking sepinya nggak ada yang baca kali ya sampai ada istilah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. awakpun baru tau istilah ini Mba Nanik .
      Sayang juga emang kalo blog kita banyak tulisan bagus tapi gak ada yang baca. Memang butuh ilmu SEO nih.

      Hapus
  10. Wow,, skil academy ada kelas SEO bersertifikatnya. Ini bisa dicoba banget nih. Soalnya sih SEO itu penting kan apalagi untuk seorang yang suka menulis dalam blog. Yuni mau nyoba.

    BalasHapus
  11. Wah, tertarik juga nih kursus skill akademi...tentu saya akan mengambil yang beririsan dengan aktivitas sekarang seperti blog dan menulis. Makasih banyak Mbak...

    BalasHapus
  12. aku juga ikut kelas SEO di aplikasi kursus online di Skill Academy. Tapi belum kelar hehe. Seruuu penjelasannya gamblang banget.

    BalasHapus
  13. Ya, kalau blogger mengerti SEO, maka dia akan mudah untuk menempatkan webnya di halaman pertama Google. Meski sekarang lebih banyak dikuasai oleh Tribun, tetapi tentunya masih ada kesempatan untuk nangkring di pejwan. Semangat!

    BalasHapus
  14. Pengen banget deh bisa belajar teknik SEO secara mendalam ini. Penasaran banget dan ilmunya sangat bermanfaat di dunia perbloggingan. Saya pun juga menargetkan untuk membidik kelas SEO. Wuah ternyata ada juga di skill academy ini. Auto lihat -lihat deh. Mana tau bisa kebeli kelasnya.

    BalasHapus
  15. Aku juga mau ikut kursus SEO di skill academy.
    Ternyata bisa menaikkan adsense ya.. kwkwkwkwk
    Kemaren udah liat liat websitenya
    nanti tak liat lagi lah..

    BalasHapus
  16. Ternyata ada juga di skill academy, jd kepo juga mo cari mana yg cocok smaa ku, SEO dah pasti hehe

    BalasHapus
  17. wah asik ya dapat pengalaman belajar di kelas SEO + bersertifikat lagi di kelas skill academy kernnn

    BalasHapus
  18. saya belum pernah nih ikut pelatihan seo, pengen juga sih tapi takut belum sempat waktunya huhuhu
    Makasih ulasannya mba, bikin saya jadi pengin daftar ehehehe

    BalasHapus
  19. Wow, Skill Academy makin memanjakan para pekerja online yah. Meskipun belum pernah ikut kelas SEO manapun, saya sepakat sih kalau blogger kudu setidaknya paham lah soal ilmu SEO meskipun dikit2

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.