Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Blog di zaman sekarang sudah menjadi ladang untuk mencari penghasilan bagi setiap orang, termasuk mahasiswa. Meski berstatus sebagai mahasiswa perguruan tinggi, yang tugasnya seabrek, ada tugas mandiri, tugas kelompok, UTS dan UAS beserta tanggung jawab membaca setumpuk jurnal ilmiah dan buku teks.

Mengapa Penting Bisa Menghasilkan Uang dari Blog

Saat menelusuri bahan-bahan kuliah di internet, pastinya mahasiswa membuka-buka banyak media daring, tak terkecuali blog. Maka menjadi hal yang menarik pula jika mahasiswa yang membuat dan menyediakan bahan bacaan untuk mahasiswa lainnya. 
 
dapat cuan dari blog
 
Berikut latar belakang mengapa menghasilkan uang dari blog itu menjadi penting.

1. Jumlah mahasiswa Indonesia mencapai 7 juta orang

Menurut data yang dihimpun Badan Pusat Statisitik (BPS) tahun 2019, jumlah mahasiswa Indonesia mencapai 7 juta jiwa orang se-nusantara. Belum lagi mahasiswa asal Indonesia yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi luar negeri, dari berbagai strata. 
 
Biasanya mereka mengangkat judul tentang keindonesiaan pula di sana, pastinya membutuhkan bahan-bahan bacaan yang tersedia di blog-blog berbahasa Indonesia maupun Inggris yang kamu kelola.

2. Jumlah pengguna internet di Indonesia 202 juta orang

Semakin hari jumlah pengguna internet di Indonesia kian meroket, hingga tahun ini sampai di angka 202 juta orang, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 15,5% dari tahun 2020 lalu. 
 
Faktor serba digitalisasi akibat masa pandemi pastilah menjadi alasan yang teratas mengingat maraknya pembelajaran daring, webinar-webinar dan transaksi belanja online di tengah-tengah masyarakat kita.

3. Orang masih suka mencari informasi dengan membaca artikel blog

Meski situs berbagi video seperti Youtube terus mengalami peningkatan pengguna, bukan berarti blog semakin ditinggalkan orang. Justru di zaman digital seperti sekarang ini orang masih setia menelusuri informasi dengan membaca artikel-artikel postingan blog. 
 
Mengapa? Tulisan di blog biasanya lebih spesifik, menampilkan pembahasan tentang suatu masalah dari sudut pemikiran penulisnya. Di sinilah letak keunikannya sehingga pembaca memperoleh  ragam wawasan dan pandangan mengenai suatu hal secara rinci dengan membaca blog.

4. Mengoptimalkan penggunaan internet

Setiap harinya setiap orang temasuk mahasiswa pasti bersinggungan dengan internet. Entah itu di grup-grup obrolan kelas, teman sebaya, maupun yang disatukan melalui hobi yang sama. Lalu mengapa tidak dioptimalkan dengan mengelola blog saja? 
 
Sekali mendayung dua-tiga pulau dapat terlampaui, bukan. Sembari melengkapi materi untuk presentasi kelompok, mahasiswa juga bisa mengelola blognya. Dengan demikian ia pun secara langsung memupuk kebiasaan menulisnya.

5. Bisa untuk membantu orang tua membiayai skripsi sendiri

Nah, sebenarnya inti dari alasan penting menghasilkan uang dari blog ya untuk menjadi lebih mandiri dari segi finansial. Sebagai mahasiswa apalagi tahun terakhir, pastinya akan dihadapkan pada persoalan bagaimana agar berhasil mengerjakan skripsi atau tugas akhir dengan lancar. 
 
Penelitian skripsi terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, jika seorang mahasiswa sudah memiliki penghasilan dari blognya, maka cuan yang dihasilkan dari blog tersebut akan dapat membantu meringankan orang tua dalam membiayai skripsinya.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Setelah mengetahui latar belakang pentingnya menghasilkan uang dari blog, maka berikut akan diuraikan satu per satu tentang cara menghasilkan uang dari blog.

a. Buat blog di platform terbaik

Pertama sekali yang mesti kamu lakukan adalah membuat blog di platform terbaik. Apa itu platform terbaik? Yaitu platform yang paling banyak digunakan orang di dunia ini ketimbang platform lainnya. Platform terbaik itu adalah wordpress. 
 
Untuk itu kamu harus mempelajari cara membuat website dengan wordpress. Di sana akan dikupas tuntas bagaimana membuat dan mengoperasikan website atau blog berplatform wordpress dengan jelas dan mudah dipahami. 

b. Jawab permasalahan banyak orang dengan solutif

Pernah tidak membaca suatu artikel di website atau blog orang yang merupakan copy-paste dari website atau blog sebelumnya? Pastinya membuat jengkel kan, alih-alih menawarkan jalan keluar baru malah mengulang-ulang kembali kalimat yang sudah dimuat di website lain.

Nah, selaku mahasiswa yang kreatif, kamu mengambil peluang ini. Posting artikel-artikel yang bermanfaat untuk memecahkan persoalan orang lain. Salah satunya kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum ada jawabannya di Question Hub - Google. 
 
Buatkan artikel lengkapnya, kombinasikan jawaban dengan berbagai referensi ilmiah yang kamu punya. Bukankah seorang mahasiswa terus menerus bersentuhan dengan artikel ilmiah hampir setiap harinya? Ini menjadi peluang emas kamu untuk memperkaya tulisan blog.

c. Pasang Google Adsense

Jika menulis blog sudah menjadi bagian rutinitas kamu tentunya sudah banyak artikel yang diposting di blog. Harapannya sudah meningkat pula trafik kunjungan pembaca ke blog kamu. Maka kamu sudah bisa memasang Google Adsense. 

Google Adsense adalah memonetisasi website atau blog untuk meraih penghasilan. Kamu tinggal membuat akun Google Adsense dan pasang kodenya di blog, tunggu review dari pihak Google Adsense-nya maka tak seberapa lama jika artikel kamu sudah banyak dan berkualitas, situs kamu akan diterima menjadi penayang iklan. 

d. Mengikuti program afiliasi

Pemilik bisnis biasanya menawarkan program afiliasi kepada para bloger sebagai bagian dari pemasaran produknya. Kamu bisa turut serta dalam program afiliasi tersebut dengan cara menuliskan tentang informasi produk atau jasa yang di artikel blog yang mengarahkan pembaca ke website brand produk tersebut.

Blog dengan trafik yang ramai dan memiliki pembaca setia pasti dengan mudahnya merekomendasikan pengunjung blog ke website-nya business owner dan menghasilkan komisi sebagaimana kesepakatan kedua belah pihak.

e. Review produk

Bloger yang dipenuhi job order pastinya memiliki jadwal yang padat untuk mereview produk yang berasal dari brand campaign. Ada yang dikirimi seperangkat body care, kosmetik, susu anak, margarin, bumbu dapur dan lampu cerdas. Seru kan!

Selain memperoleh banyak barang tanpa biaya, sebagian tugas mereview kelebihan produk juga diberi fee yang lumayan bisa menambah pundi-pundi tabungan seorang narablog. Namun untuk kamu yang berpredikat mahasiswa diharapkan piawai memanajeri waktu. Sebab jangan sampai keasyikan mereview produk sampai meninggalkan perkuliahan dan telat setor tugas.
 
web hosting NH
Surgaonline

Kesimpulan

Cara menghasilkan uang dari blog sangat banyak, di antaranya bisa dengan memasang Google Adsense, mengikuti program afiliasi, dan mereview produk. Hal yang penting diingat adalah miliki blog dengan platfrom terbaik yaitu wordpress.org. Di mana membeli web hostingnya? Tentu saja di Niaga Hoster.

Salam, 
Fadlimia for NH


 

 

Referensi:
 
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-mendapatkan-uang-dari-blog/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/26/tertinggi-sejak-1997-jumlah-mahasiswa-indonesia-2018-capai-7-juta-jiwa

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
 
https://darinholic.com/inilah-alasan-mengapa-orang-tertarik-membaca-blog.html
 

 

 

 

27 komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang Dari Blog "

  1. Bener juga ya, ngeblog cocok banget buat mahasiswa yang mau cari tambahan penghasilan. Bisa melatih kemampuan menulis juga.

    Btw, blog yang ini Mia pakai WordPress atau Blogspot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg ini aku emang masih pakai BS, Teh... cm ada blog satu lagi pakai WP yang dot org. Makasih udah berkunjung lho, Teh Shanty

      Hapus
  2. dulu awal awal ngeblog ga ngerti juga kalau dari blog bisa dapet duit, makin lama udah paham juga
    dulu ngeblog juga awalnya buat sharing sharing biasa cerita keseharian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nihh, kita di awal2 ngeblog, blog dipake buat curhat doang, hehe

      Hapus
  3. Senengnya nge-blog itu karena ternyata hobi nulis yang bikin hepi, ternyata juga bisa menjadi pundi ekonomi. Jaman sekarang cari uang banyak jalannya ya kak, tergantung kita mau usaha atau nggak. Salah satunya dengan nulis blog kayak gini.

    BalasHapus
  4. dulu kepikiran hanya menulis dan bercerita saja untuk membuat jejak digital atau sekedar share yang berguna. Ternyata makin kesini banyak manfaat yang didapat

    BalasHapus
  5. iya ternyata dari ngeblog bisa menghasilkan uang juga, dan alhamdulillah ngebantu perekonomian keluarga. asal bisa di mantain dengan baik

    BalasHapus
  6. Dari awal nulis di blog ya pengen nulis aja sih, tapi ngeblog ini banyak manfaatnya, salah satunya menghasilkan cuan hihi

    BalasHapus
  7. elsa menyesal tidak tau blog bisa menghasilkan uang sejak kuliah hahaha. google adsense nya msh ditolak mulu nih kak, any tips?

    BalasHapus
  8. Makasih banyak neh Kak tipsnya. Penting banget neh buat yang blognya mau dioptimasi supaya menghasilkan cuan

    BalasHapus
  9. Awak bersyukur lah kak, meski agak telat kenal komunitas kita di blogger tapi Alhamdulillah penghasilan di blog lumayan ya kak..
    Bisalah Bawak anak jalan-jalan akhir tahun nanti. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik,,,, ikut makkkk, hehe.. Coba taunya dari jaman kuliah dulu ya kan, lumayan buat nambah jajan biar nggak minta2 lagi ke orangtua.

      Hapus
  10. Waah asyik ya kalo ngeblog dapet cuan lumayan. Aku belom sampe ke sana tuh. Mau dong tipnya biar makin kenceng cuannya 😄😍

    BalasHapus
  11. Makasih banyak kak tipsnya, baca ini jadi semangat ngeblog lagi 😁 maklum da score melorot huhu

    BalasHapus
  12. wah semuanya saya sudah jalankan mba, sayangnya mungkin beberapa hal yang saya lakukan belum maksimal. semangat buat maksimalin blognya niy. biar bisa menghasilkan cuan juga selain menyalurkan hobby menulis

    BalasHapus
  13. Tentunya ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari blog ya,Mba. Saya sejak 2010 sudah menulis blog dan Alhamdulillah sudah banyak yang dihasilkan dari ngeblog. Cara-cara bermanfaat nih yang dibagikan di artikel ini biar makin banyak yang bisa mulai berpenghasilan juga.

    BalasHapus
  14. Ngeblog cocok banget kerjaan bikin nyaman di rumah aja, alhamdulillah aku nyaman dengan kerjaan ini hehe...

    BalasHapus
  15. Banyak jalan menuju roma, tanpa harus ngantor atau keluar rumah tetep bisa mengais pundi, ya aku akui, ngeblog ini kalo konsisten ngebantu banget perekonomian kita

    BalasHapus
  16. Enak banget yaa kak bisa kerja dari rumah. Duhh jadi semangat ngeblog lagiii. Oiya ngomong2 niagahoster lagi ada promo ga kak?

    BalasHapus
  17. Tips dan trik yang bagus banget dibaca adik-adik mahasiswa. Saya juga mulai ngblog pas masih jaman mahasiswa dulu gegara lagi cari tugas di internet eh nyangkut di blog seseorang yang menginspirasi saya untuk ikutan bikin blog juga.

    BalasHapus
  18. Sepertinya juga gak hanya mahasiswa kak, siswa SMU pun ada juga yang membuat tulisan di blog untuk memenuhi tugasnya. Maka dari perlu dilanjutkan ya peluang tersebut untuk mendapatkan cuan

    BalasHapus
  19. Sepakat banget. Hari gini kalau ga punya blog itu sayang banget ya kak. Apalagi kalau ga dijadikan tempat untuk tambahan penghasilan. Double sayang nya

    BalasHapus
  20. Kak, ngomong-ngomong proses approval google ads itu berapa lama sih? aku belum pernah nyoba sih. Tapi penasaran..

    BalasHapus
  21. Emang ya penghasilan dari blig itu menjanjikan banget sih kalau aku dari sponsor post hihi kalau dari ads belum huhu.

    BalasHapus
  22. Zaman kuliah dulu, aku full cuma ngandelin duit dari ortu. Rasanya nyesel banget kak. Coba dulu diseriusin nulis ma ngeblog, pasti lumayan banget bisa meringankan ibu.

    BalasHapus
  23. Benar sekali kak bnyak skrng jasa iklan di blog gak adsense, mala skrng terbarunya dri halaman fb pun bisa kita sambungkan ke blog supaya dpt duit. 👍

    BalasHapus
  24. Selain itu bisa ikutan lomba2 blog. Sebagai ajang asah kemampuan, sama keberuntungan. Kalau menang, hadiahnya lumayan banget. Aaplagi kalo hadiahnya uang tunai, mantapp

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.