Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Investasi Reksa Dana Agar Untung

Artikel ini berisi tentang cara investasi reksadana agar untung. Di zaman pandemi seperti ini informasi mengenai apa saja melimpah ruah di internet. Termasuk mengenai investasi. Apa sih tujuan kamu berinvestasi? Ingin kaya rayakah? 

Sebelumnya perlu diluruskan bahwa tujuan memiliki investasi bukanlah untuk jadi tajir melintir, tetapi untuk mencapai tujuan finansial kamu. Misalnya setelah pandemi mau jalan-jalan ke Korea, atau ingin ganti ponsel pintar, anak masuk kuliah, beli kendaraan baru, dan lain-lain.

Tentunya kita akan mulai dari pengertian investasi terlebih dahulu. Istilah investasi berasal dari bahasa latin, yaitu investire yang berarti memakai. Dalam bahasa Inggris, disebut investment. Para ahli memiliki pandangan yang berbeda mengenai konsep teoritis tentang investasi

Fitzgeral mengartikan investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber dana yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang. Dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang. Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai investasi reksadana.

cara investasi reksadana agar untung

Apa Itu Reksadana?

Pengertian reksadana menurut Pasal 1 ayat (27)  Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, adalah wadah  yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Kegiatan dari perusahaan investasi reksadana ini adalah dengan cara mengelola uang masyarakat baik dalam bentuk lembaga investor maupun dari investor perorangan yang selanjutnya yang tersebut akan diinvestasikan di media investasi, baik di pasar modal, pasar uang, maupun properti. 

Alasan Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan

Pluang adalah aplikasi finansial yang dikelola dan dikembangkan oleh PT. Bumi Santosa Cemerlang, dengan misi untuk membuka akses lebih luas bagi masyarakat ke pasar finansial, mudah dipahami baik oleh investor pemula maupun investor yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Dana yang dihimpun dalam investasi reksadana akan dialokasikan dengan aman oleh manajer investasi dan bank kustodian di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut alasan investasi reksadana di Pluang menjadi lebih penting.

1. Transaksi super aman

Dalam hal ini Pluang bekerjasama dengan Pluang Grow yang diawasi OJK dan dananya dilindungi di bank kustodian. Kustodian adalah pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lainnya. Termasuk penerimaan deviden, bunga. dan hak-hak lainnyadalam penyelesaian transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

2. Satu dana, aset beragam

Untuk menurunkan risiko rugi dan menjaga return kamu. Manajer investasi akan membantu mendiversifikasi portofoliomu.

3. Investasi dimulai dari harga segelas kopi

Hmm, pasti berpikirnya berapa dulu harga segelas kopinya nih, atau minum kopinya di mana dulu. Nah, berinvestasi reksa dana di Pluang benar-benar mewakili harga segelas kopi yaitu sebesar Rp. 15.000. Tidak ada alasan untuk menunda reksa dana karena tak punya uang ya... 

Ilustrasi segelas kopi / dokpri 

4. Likuiditas tinggi

Reksa dana sangat mudah untuk dijual dan dibeli, sehingga kamu bisa berinvestasi sekarang juga.

Tips Membeli Reksa Dana

Investasi reksa dana tentunya juga memiliki risiko. Jika untung bisa naik tinggi, jika terjun bebas pastinya bikin deg-degan. Untuk itu kamu perlu tips membeli reksa dana, sebagai berikut:
  • Sesuaikan profil dengan risiko
  • Tetapkan tujuan finansial yang ingin dicapai
  • Untuk waktu yang jangka panjang
  • Modal sedikit tidak masalah asalkan rutin setor setiap bulannya

Kesimpulan

Cara investasi reksa dana agar untung adalah dengan mengumpulkan informasi mengenai reksa dana yang kemungkinan mengalami fluktuasi harga di setiap harinya. Namun dengan bergabung di platform atau aplikasi jual beli reksadana seperti Pluang Reksa Dana, maka kamu akan dapat memutuskan kapan akan beli dan jual agar keuntungan bisa maksimal.

Gimana, tertarik menginvestasikan uangmu di reksa dana, sebaiknya dicoba dan dirasakan dulu kemudahan dan praktisnya teknologi yang memberikan banyak fasilitas dan kemudahan investasi reksa dana. Bukankah bisa dimulai dari harga segelas kopi!

Salam,
pluang reksa dana

Referensi:

https://pluang.com/produk/pluang-reksa-dana

Hukum Dagang dan Bisnis, Nurhilmiyah, Rawda Publishing, Medan. 2020

https://www.cermati.com/artikel/tips-jitu-investasi-reksa-dana-bagi-para-pemula

Konsep Dasar Investasi Reksadana, Aini <asururoh, http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/1526



17 komentar untuk "Cara Investasi Reksa Dana Agar Untung"

  1. Mengenal lebih jauh dahulu terkait jenis investasi yang akan kita jalankan selain bisa meminimalisir resiko juga menambah kita informasi kelebihan dan kekurangan investasi yang kita pilih itu ya...
    Sejauh ini Reksadana terbilang stabil dan minim resiko. Apalagi sekarang bisa tanam saham mulai dari lima belas ribu rupiah saja. Keren...

    BalasHapus
  2. Mbak, membaca ini jadi mengingatkan aku pengen invest tapi kenapa masih maju mundur gak karuan ya🙈

    Tapi, sependek pemahamanku reksadana ini memang yang paling minim resiko. Apalagi baru tahu bisa dimulai dari seharga kopi. Nampak perlu meneguhkan hati untuk memulai nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk Mbak Chriesty nyoba investasi di reksa dana yaa

      Hapus
  3. Harus dipelajari lebih lanjut ini.
    Karena saya kurang terbiasa bermain-main di reksadana..
    Mungkin pak suami rada paham ini, nanti diajak diskusi reksadana de....

    BalasHapus
  4. Di reksa dana enaknya bisa pilih risiko sesuai dengan keinginan, bener banget nih karena di reksa dana ada berbagai jenisnya, yang paling minim resiko reksa dana pasar uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak id udah ngerti banget ya kak id..
      Awak masih kurang paham tentang Reksadana. Pengen sih ikutan invest di Reksadana tapi itu tadi.. masih takut dengan resiko nya. Hehe

      Hapus
    2. Baru belajar cha, resiko setiap investasi ada koq tapi reksa dan resikonya lebih kecil daripada saham :)

      Hapus
  5. Uwow namanya Pluang Reksadana ya kak.. nanti awak coba cari aplikasinya. Ini nih Reksadana anti ribet, aman karena terdaftar OJK juga ya kan kak..

    BalasHapus
  6. Reksa dana menurut saya investasi yg relatif aman karena manajemen risikonya disebar merata. Sekelas reksa dana saham pun menurut saya cukup aman, sebab saya pernah punya kurang lebih 6 tahun dulu di BNI. Lumayan returnnya.

    BalasHapus
  7. Halo Mba Mia... Sangat menarik kalau bisa investasi. Apalagi mengingat sekarang ini finansial cukup beresiko kalau tidak disetting dengan cerdas. Aku perlu lebih banyak mempelajari soal investasi nih.

    BalasHapus
  8. Dari dulu aku sudah dengar investasi Reksadana ini kak Mia, tadi maju-mundur cantik karna minimnya informasi dan pengetahuan

    BalasHapus
  9. Udah berpikir untuk mencoba investasi lewat reksadana, lalu baca artikel ini semakin pengen aja dan segera dieksekusi. Investasi memang cara terkini ya mba, udah gitu jangka panjang akan sangat baik buat bisnis

    BalasHapus
  10. Wow, investasi di Pluang bisa dimulai dari seharga segelas kopi...bahkan lebih murah ini karena kopi di gerai ternama lebih dari ini harganya
    beneran ga ada alasan lagi untuk menunda investasi reksa dana lagi ya, mbak Mia

    BalasHapus
  11. Emang sih anak muda sekarang harus sudah melek informasi reksandana, saham dan teman temannya. Tapi sebelum masuk kesitu harus siapin informasi dan mental kuat kuat dulu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh.. diriku ini kebetulan termasuk ke dalam golongan yang gak melek reksadana. gak pernah sampai infonya ke saya, apa sayanya yang mudeng sama trend jaman sekarang yakkk
      maluakutu..

      Hapus
  12. Infonya sangat bermanfaat kak, dan saya juga lg menekunin dunia pe investasian khususnya reksadana tpi saya mainnya di bibit kak :)

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.