Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Untuk Bisnis Dengan Daya Saing Tinggi Bersama RuangKerja

Memiliki perusahaan harus terus berpikir untuk meningkatkan daya saing lebih tinggi lagi. Artikel saya kali ini bertajuk solusi untuk bisnis dengan daya saing tinggi bersama Ruangkerja. Sebelumnya, apa salah satu prasyarat agar sebuah perusahaan dapat terus bersaing di era digital seperti sekarang ini? Berikut ulasannya.

Faktor Pendukung Agar Perusahaan Punya Daya Saing Tinggi

Sumber Daya Berkualitas

Suatu perusahaan bisa terus bersaing, jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini bisa dikatakan sebagai faktor utama. Bagaimana karakter SDM yang bermutu tersebut?

1. Memiliki keinginan terus bertumbuh

Keinginan terus bertumbuh atau growth mindset ini sangat penting dan kerap menjadi pembeda antara SDM berkualitas dengan yang tidak.  Keinginan terus bertumbuh ini adalah syarat mutlak jika ingin sukses dalam karir, tidak mau diam dan selalu bersemangat dalam belajar banyak hal.

2. Dapat memahami perkembangan zaman dengan cepat

Di era revolusi industri 4.0 ini semua dituntut memiliki personal agility, yaitu kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat tanpa harus kehilangan keseimbangan. 

Untuk itu, dibutuhkan banyak pelatihan harus dilakukan, tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di zaman yang segalanya serbacepat, termasuk di dalamnya perkembangan ilmu pengetahuan.

Ditambah lagi, persaingan bisnis di segala lini sekarang kian terasa semakin ketat. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan perlu memastikan bahwa SDM yang dimiliki dijamin benar-benar bermutu.

Mengapa SDM Harus Berkualitas?

SDM yang menjadi bagian penting dalam institusi bisnis, haruslah berkualitas agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat urgen bagi kemajuan perusahaan.

Tantangannya, di masa pandemi Covid-19 ini, terdapat sejumlah hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM seperti yang biasanya dilakukan. Tidak diperbolehkannya interaksi secara tatap muka langsung dan pembatasan untuk mengadakan acara yang mengundang kerumunan, menjadi salah satu kendalanya. Padahal, anggaran sudah disiapkan.

Langkah Tepat Agar Tetap Bisa Mengadakan Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM

Lantas bagaimana langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM?

lms ruangkerja
LMS Ruangkerja

Pelatihan online adalah jawabannya. Didukung dengan teknologi yang semakin memudahkan setiap individu atau kelompok melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung, pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital.

Learning Management System (LMS)

Mungkin Anda pernah mendengar Learning Management System (LMS). Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital. Di dunia perguruan tinggi, mahasiswa menjadi bagian dari satu sistem pembelajaran online melalui LMS ini.

Nah, untuk dunia kerja, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru.

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.

Teknologi Mobile Learning

Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.

Apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?

Sistem Learning Journey

Kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh ruangkerja. Dengan menggunakan sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.

Fitur Learning Plan

Kemudian terdapat fitur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.

Selain itu, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar.

Fitur Kolaborasi

Oh ya, ada hal menarik juga dari salah satu fitur yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan.

Leaderboard

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.

LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal

Sistem Cloud-Based

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan?

Jawabannya adalah YA Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan Anda akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

Kesimpulan

Solusi untuk bisnis dengan saya saing tinggi bersama Ruangkerja sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang ingin SDM-nya berkualitas. 

Bersama Learning Management System (LMS) Ruangkerja dengan teknologi mobile learning, sistem learning journey, fitur learning plan, fitur kolaborasi yang interaktif dengan para ahli, ada leaderboard, dan sistem cloud-based. Sangat mendukung untuk meningkatkan mutu SDM yang dapat memajukan kinerja perusahaan.

Salam, 
ruangkerja by ruangguru








7 komentar untuk "Solusi Untuk Bisnis Dengan Daya Saing Tinggi Bersama RuangKerja"

  1. Sekarang tu semua serba mudah. Untuk meningkatkan kualitas SDM pun sudah banyak caranya. Salah satunya dengan memanfaatkan Ruangkerja by Ruangguru.

    BalasHapus
  2. Ruangguru emang berbagai fasilitas edukasi tersedia ya.,
    Sekarang untuk traning karyawan juga udah mudah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba,, selalu ada jalan utk upgrade kualitas tengah pandemi gini yaa

      Hapus
  3. Sudah saatnya karyawan juga melek teknologi ya mba. Pakai LMS Ruangkerja ini karyawan minimal juga harus tahu menjalankan aplikasi di smrtphone.

    BalasHapus
  4. Paket lengkap ini ruangguru, sekarang ada fitur ruangkerja. Penasaran sama mentor-mentornya siapa aja ini. Masih cocok dengan suasana terkini yang masih pandemi, lebih baik mengisi waktu dengan hal bermanfaat seperti ikutan ruangkerja.

    BalasHapus
  5. Wah ruang kerja jadi solusi nih ya mbak di saat pandemi gini, daya saing tinggi di perusahaan harus tetap ditinggkatkan dong, noted mbak. Semua jadi mudah dengan ruang kerja

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.