Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo Tunjuk Tangan Dukung Generasi Maju

#AyoTunjukTangan Dukung Generasi Maju – Anak-anak adalah penerus masa depan bangsa yang perlu dibekali sedari kecilnya. Salah satu solusi agar anak Indonesia dapat tumbuh menjadi generasi maju yaitu dengan membuka akses edukasi dan nutrisi agar dapat diserap dengan baik. Sayangnya, tidak sedikit anak Indonesia yang jauh dari kata angka berkecukupan gizi.

Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

Pada tahun 2021 ini, sebagai bagian dari usaha untuk men-support akses kemajuan anak Indonesia, SGM Eksplor melaksanakan rangkaian inisiatif kolaboratif melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan. 

Saya dan si kecil ikut gerakan sosial #AyoTunjukTangan

Aksi sosial ini berhasil meraih dukungan terhadap akses pendidikan dan gizi berupa dukungan gawai dan beasiswa pendidikan daring bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar, rehabilitasi 10 sekolah dan 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia. Wow,
amazing!

Kemajuan SDM Indonesia untuk mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting pemerintah, agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat. 

Pemerintah meyakini bahwa anak-anak Indonesia saat ini dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif dan akan dapat meraup manfaat maksimal dari bonus demografi untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. 

Namun, untuk dapat mencapai hal tersebut, Indonesia harus berinvestasi sekarang juga untuk generasi muda, termasuk di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fondasi untuk dapat mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal. 

Oleh karena itu, pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang. Demikian pernyataan dari Jumeri, Dirjen PAUD dan Dikdasmen Kemendikbudristek

nutrisi anak
Ayo Tunjuk Tangan dukung anak Indonesia maju


Anak Indonesia Maju

Di masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini, diprediksi semakin mempersulit akses nutrisi dan pendidikan, yang penting bagi tumbuh kembang anak Indonesia maju. Minimnya sambungan internet untuk mendukung pembelajaran daring, dan perangkat digital yang tidak mencukupi, menjadi masalah tersendiri.

Di desa-desa warga yang memiliki komputer, laptop atau ponsel pintar cuma 15% saja. Di daerah kota, jumlah pelajar yang memiliki perangkat PC berbeda 10% saja, yaitu 25%. Kenyataannya, tak sedikit siswa yang menggunakan gawai untuk mengakses pembelajaran dari sekolah dengan cara bergantian dengan saudara lainnya atau orang tua. Alhasil siswa mengharapkan contekan PR dari temannya. 

Itu tadi dari aspek pendidikan, dari aspek kecukupan gizi, kondisi pandemi Covid-19 makin mempersulit terpenuhinya nutrisi anak, sehingga dikhawatirkan anak menjadi kurang gizi yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya.

Cara Mendukung Tercapainya Generasi Maju


Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine mengatakan bahwa untuk terciptanya generasi maju, berikut yang harus dilakukan:
  1. Pengembangan kualitas hidup seorang anak sejak dini
  2. Dukungan dari lingkungan sosial secara kolektif dan masif
  3. Kesadaran masyarakat bahwa pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal penting
  4. Kolaborasi pemerintah dan swasta dalam membentuk support system yang postif
Kolaborasi dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk ikut peduli dan ambil bagian dalam menyelesaikan masalah nutrisi dan pendidikan yang dihadapi anak-anak Indonesia.

SGM Eksplor Dukung Generasi Maju

Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju, sehingga seharusnya tidak boleh ada anak yang tertinggal, termasuk dalam memperoleh akses nutrisi dan pendidikan. 

Kenyataannya, 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai. Untuk itu, sejalan dengan visi Pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul, SGM Eksplor terus berupaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung intervensi yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. 

tumbuh kembang anak
Sumber Infografis SGM Eksplor

Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan” merupakan salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk bersama-sama tunjuk tangan, berinisiatif untuk mendukung kemajuan anak Indonesia. Begitu penjelasan dari Astrid Prasetyo Marketing Manager SGM Eksplor.

Selain berkolaborasi dengan masyarakat, di tahun 2021 ini SGM Eksplor melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan juga berkolaborasi dengan pihak-pihak berikut:
  • Pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek
  • Pelaku industri lainnya yang mempunyai kesamaan komitmen untuk mewujudkan anak Indonesia maju. Di antaranya Telkomsel dan CAKAP

Telkomsel

Telkomsel selaku salah satu perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul. 

Untuk itu, Telkomsel sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia, demikian kata General Manager CSR Telkomsel, Andry P. Santoso.  Dengan menjalankan peran sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik. 

CAKAP

Seiring sejalan dengan Telkomsel, platform pembelajaran online CAKAP mendukung kolaborasi bersama SGM Eksplor dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan. “Dengan visi meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia, CAKAP sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia, bangga dapat terlibat berkontribusi dalam inisiatif gerakan sosial #AyoTunjukTangan

CAKAP telah memberi program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia. Pengetahuan Bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu pembelajaran penting bagi masyarakat sejak usia dini. 

Untuk itu, melalui inisiatif ini kami berharap lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris secara mudah hingga memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global ke depannya” demikian penjelasan Senior Business Development Manager CAKAP, Siti Messyana Putri.

Kolaborasi untuk Anak Indonesia Maju

Semangat gotong royong dan kolaborasi berbagai pihak ini, melandasi arah gerak SGM Eksplor, bahwa bersama kita dapat mewujudkan generasi maju Indonesia. Rangkaian inisiatif yang dilakukan melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan adalah bentuk dukungan dan komitmen SGM Eksplor untuk terus bersama-sama memperkuat pendidikan dan kualitas hidup masyarakat di masa depan.

Termasuk di dalamnya anak-anak yang saat ini memiliki tantangan kesulitan akses. Inisiatif ini diharapkan dapat ikut mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.

Sarihusada Tingkatkan Nutrisi Anak

PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil & menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar internasional seperti SGM Eksplor, dan SGM Bunda. 

Sarihusada merupakan bagian dari kategori bisnis Danone Specialized Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan melalui makanan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Ada dua bisnis Danone di Indonesia, terdiri atas dua kategori utama, yaitu Air Minum dalam Kemasan dan Minuman Non Karbonasi (Waters), serta Specialized Nutrition dengan memiliki 26 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang.

Kesimpulan

#AyoTunjukTangan dukung terciptanya generasi maju, gerakan sosial dari SGM Eksplor berkolaborasi dengan masyarakat, Kemendikbudristek, Telkomsel, dan CAKAP. Mari kita dukung terus gerakan ini demi anak Indonesia maju, di masa kini dan masa yang akan datang.

#AyoTunjukTangan #GenerasiMaju #SGMEksplor

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Indah Novita

External Communications for Specialized Nutrition

Danone Indonesia

Telp: 021.2996.1234

Email: Indah.novita@danone.com

Salam,
fadlimia ayo tunjuk tangan



Referensi: 


UNICEF. 2020. Menguatkan Pembelajaran Digital di Seluruh Indonesia.

Zemrani, et al. 2021. A hidden side of the COVID-19 pandemic in children: the double burden of undernutrition and overnutrition.

UNICEF. 2020. COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia

12 komentar untuk "Ayo Tunjuk Tangan Dukung Generasi Maju "

  1. SGM emang peduli banget ma anak Indonesia ya kak. Sering banget ngadain acara webinar dan acara edukasi lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih SGM menginisiasi gerakan Ayo Tunjuk Tangan ya

      Hapus
  2. SGM Eksplor keren ya programnya benar-benar bermanfaat bagi anak Indonesia agar menjadi generasi maju

    BalasHapus
  3. Wah SGM ini terus berinovasi lebih baik untuk masyarakat,aku juga udah ikutan donasi Lo kak...
    Berkali-kali lah...
    Seneng nya semakin banyak donasi semakin banyak yang terbantu

    BalasHapus
  4. susu SGM memang dah melekat dengan anak anak di Indonesia. programnya jiga bgs ya kak, harus kita dukung

    BalasHapus
  5. Yes, untuk mendukung generasi maju harus ada support system dari semua lini. Mulai dari keluarga, lingkungan hingga masyarakat. Salut juga banyak yang ikut gerakan SGM dukung generasi maju seperti Telkomsel dan juga aplikasi belajar CAKAP

    BalasHapus
  6. Nah beneran ya istilah "butuh orang sekampung untuk membuat seorang anak bersinar".

    Masyarakat harus di edukasi agar 'peduli generasi' tak hanya anak sendiri saja tapi juga menciptakan support system buat anak-anak berkembang dengan baik

    BalasHapus
  7. Inovasi SGM ini keren ya, kak. Mengajarkan anak anak untuk berani.

    Berani apa? Tuh inovasinya belajar bahasa Inggris sejak usia dini. Ga salah kalau ponakan di rumah minuam susu SGM.

    Siapa anak SGM? Ayo tunjuk tangan!

    BalasHapus
  8. Wah, keren banget kampanye ayo tunjuk tangan ini kak. Kerjasama yang baik antara produsen makanan anak bernutrisi dan Pemerintah. Jadi benar-benar didukung oleh banyak pihak. Salut buat SGM!

    BalasHapus
  9. Programnya bagus banget ya, btw dari dulu SGM dari concern mendukung generasi yang unggul dan cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener...
      Beberapa kali baca kegiatan kegiatan dari SGM yang memang bagus bagus..
      Ini juga termasuk susu anaknyang legend.
      Inget saya, dulu adik adik saya minum susu itu ya SGM

      Hapus
  10. SGM selalu berinisiatif dlm gerakan sosial #AyoTunjukTangan. Gerakan ini benar2 sangat baik untuk menciptakan respon baik utk anak yg skrng kurang peduli dgn lingkungan masyarakat langsung

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.