Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Cara Menjalankan Reksadana Pasar Uang

Saat ini, Reksadana pasar uang menjadi pilihan banyak investor. Investasi ini cocok untuk yang belum berpengalaman dalam hal Reksadana maupun sebagai pilihan tepat untuk diversifikasi investasi.

Sesuai namanya, Reksadana ini merupakan instrumen investasi yang mengalokasikan dana investasi di pasar uang. Penanaman modal ini cocok untuk yang punya modal kecil maupun besar.

Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Salah satu alasan kenapa Reksadana ini banyak disukai karena menawarkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

1. Reksadana dengan Imbal Hasil yang Relatif Lebih Tinggi

Keuntungan Reksadana pasar uang atau imbal hasilnya berpotensi mulai dari 6% hingga 7% per tahun. Imbal hasilnya jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai bunga pada tabungan biasa maupun deposito.

Anda bisa mengalokasikan dana pada tabungan ke dalam Reksadana untuk mendapatkan potensi keuntungan yang lebih besar. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan bahkan berkali-kali lipat dibandingkan tabungan konvensional.

2. Jumlah Dana Penempatan Fleksibel

Reksadana pasar uang adalah investasi yang bisa Anda mulai dengan modal yang fleksibel. Begitu juga untuk instrumen pasar uang yang tidak memerlukan jumlah modal yang sangat besar.

Di lain sisi, modal adalah aspek yang menentukan seberapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Semakin besar modal investasi, tentu akan semakin tinggi juga keuntungan yang diterima.

3. Fleksibilitas Jangka Waktu Investasi

Reksadana pasar uang adalah jenis investasi dengan jangka waktu yang tergolong fleksibel. Anda bebas memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan finansial. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa semakin lama jangka waktunya, semakin besar juga potensi keuntungannya.

4. Cocok untuk Diversifikasi

Ketika investasi saham sedang menurun, Anda bisa memanfaatkan pasar uang sebagai pilihan alternatif. Bahkan pasar uang juga menjadi salah satu dari beberapa instrumen yang menjadi wadah untuk pengelolaan dana Reksadana.

reksadana pasar uang
Sumber gambar: PNGWing

Diversifikasi juga merupakan metode dalam menjalankan investasi Reksadana. Metode ini akan meminimalisir risiko kerugian karena manajer investasi akan menempatkan dana ke banyak instrumen investasi.

5. Dikelola oleh Profesional

Kelebihan Reksadana pasar uang berikutnya yaitu investasi akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Dengan begitu, dana yang Anda keluarkan akan dikelola oleh pihak yang memiliki berpengalaman dalam mengoptimalkan kinerja Reksadana.

Sistem pengelolaan ini merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Reksadana. Kredibilitas manajer investasi yang menangani dana Anda pun tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

6. Minim Risiko

Investasi yang menawarkan potensi keuntungan masih menjadi pilihan banyak orang hingga saat ini. Reksadana pasar uang adalah pilihan yang paling ideal untuk Anda yang juga ingin mendapatkan potensi return atau keuntungan.

Investasi ini memiliki risiko yang tergolong minim. Itulah kenapa Reksadana sangat cocok untuk yang sudah berpengalaman maupun yang belum.

Cara Kerja dan Langkah-Langkah Menjalankan Reksadana Pasar Uang

Pada dasarnya, cara kerja Reksadana khususnya pasar uang ini tergolong mudah dipahami. Pertama-tama, investor dapat memilih perusahaan atau lembaga keuangan yang menyediakan Reksadana. Kemudian investor dapat memilih produk dan manajer investasinya untuk penempatan dana. Barulah manajer investasi akan mengelola dana milik investor tersebut.

Dana akan dikelola pada berbagai instrumen investasi, salah satunya yaitu pasar uang. Dana akan dikelola sepenuhnya oleh manajer investasi atau tim ahli finansial. Sementara itu, investor tinggal duduk manis dan menantikan potensi keuntungan yang dihasilkan.

Adapun langkah-langkah menjalankan Reksadana adalah sebagai berikut:

  • Mendaftar Identitas Investor

Mendaftar identitas investor adalah langkah pertama untuk berinvestasi. Adapun cara pembuatannya sendiri sangat mudah dan sudah dapat dilakukan dari mana saja secara online.

  • Mempersiapkan Berbagai Persyaratan

Pastikan Anda mengetahui persyaratan berkas-berkas apa saja yang harus Anda siapkan. Setelah itu, pastikan semua kelengkapan persyaratan Anda siapkan kemudian setorkan.

  • Proses Berjalannya Investasi

Transaksi pada investasi Reksadana biasanya diproses berdasarkan NAB atau nilai aktiva bersih. Proses penerimaan transaksi bisa diterima setiap hari sebelum cut-0ff time atau batas waktu pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIB.

  • Penerimaan Konfirmasi Transaksi dan Laporan

Manajer investasi akan mengirim laporan perkembangan Reksadana setiap bulannya. Selain itu juga akan mengirim surat konfirmasi untuk setiap transaksi pembelian Reksadana.

  • Penerimaan Imbal Hasil

Reksadana bisa Anda jual atau dicairkan kapan saja tergantung waktu yang Anda tentukan sendiri. Anda bisa langsung menikmati imbal hasil sesudah melalui proses di atas.

  • Reksadana Pasar Uang yang Tepat dari DBS Treasures

Perbankan Prioritas DBS Treasure merupakan salah satu lembaga keuangan yang menyediakan Reksadana campuran. Salah satu wadah Reksadana yang ditawarkannya adalah pasar uang yang kelebihannya sudah kami paparkan di atas.

DBS Treasures menyediakan pilihan untuk diversifikasi investasi dengan Reksadana pendapatan tetap, saham atau ekuitas, pasar uang dan campuran. Selain itu juga menyediakan cara berinvestasi melalui instrumen Reksadana yang mudah dan cepat.

Kelebihan Reksadana Pasar Uang dari DBS Treasures

Tertarik untuk menginvestasikan uang pada Reksadana? DBS Treasures bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut keuntungan Reksadana pasar uang yang ditawarkan oleh DBS Treasures untuk para nasabahnya:

a. Aman dan terpercaya karena diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hal tersebut dikarenakan Reksadana dengan yang tersedia di DBS Treasure sudah terdaftar secara resmi di OJK.

b. Investasi akan dikelola oleh manajer investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasure. Manajer investasi ini mampu mengoptimalkan kinerja produk Reksadana pasar uang yang Anda pilih.


c. Nasabah akan mendapatkan wawasan terkait investasi Reksadana. Pasalnya, nasabah akan didukung penuh oleh tim finansial yang proaktif dalam mempersonalisasi dan mengomunikasikan peluang terkini dan analisa pasar.

d. Reksadana jenis pasar uang ini merupakan investasi yang minim risiko. Pasalnya, tim ahli akan mengurangi risiko kerugian melalui cara diversifikasi ke berbagai jenis instrumen investasi.

e. Switch, reksadana, jual, beli, hingga registrasi SID semua bisa diproses melalui aplikasi secara online.

e. Banyak pilihan reksadana baik dari fund house/manajer investasi dan berdasarkan kategori produk reksadananya.

Kesimpulan

Ingin berinvestasi di pasar uang tapi tidak tahu cara memulainya? Percayakan dana investasi Anda pada DBS Treasures yang menyediakan Reksadana pasar uang dengan potensi imbal hasil besar. Cara berinvestasi di DBS Treasure pun mudah, yaitu cukup dengan menjadi nasabah prioritas saja.

Gimana, Teman-teman... cukup tertarik kan, dengan berinvestasi melalui reksadana pasar uang? Ditunggu komentarnya ya, terima kasih.

Salam, 
pasar uang



1 komentar untuk "Keuntungan dan Cara Menjalankan Reksadana Pasar Uang"

  1. Alhamdulillah, sejak 2021, saya mulai beli reksadana pasar uang, Mbak Mia. Alasannya karena saya pemula, RDPU itu memang jangka pedek, minim resiko, walau memang keuntungan tidak sebanyak reksadaa campuran, atau reksadana saham. Terus, bisa ditarik kapan saja. Kapan saya butuh, diambil dulu hehehe.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.