Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makin Untung Investasi Lewat Obligasi Ritel Indonesia

Investasi menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan agar fondasi keuangan menjadi lebih stabil dan kokoh. Jika uang disimpan hanya dalam bentuk tabungan, semakin lama nilainya akan semakin tergerus inflasi.

Tentu kamu sangat memahami seperti apa inflasi terus menerus mempengaruhi nilai uang termasuk tabungan. Dengan investasi, penggerusan inflasi bisa diminimalisasi. Namun, bukan berarti seluruh instrumen investasi dapat mengatasi inflasi.

Memilih instrumen investasi yang paling tepat bisa memberikan dampak positif untuk keuangan. Hal ini bahkan bisa mempengaruhi keberhasilan ketika mengelola keuangan secara keseluruhan. Salah satu jenis investasi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah obligasi.

investasi obligasi ori
Pexels


ORI, Obligasi Ritel Indonesia yang Mampu Atasi Inflasi

ORI menjadi salah satu jenis investasi yang kalah popular bila dibandingkan dengan deposito dan emas. Padahal, ORI bisa memberi return sangat signifikan bila dibandingkan dengan investasi yang lain.

ORI memberikan imbal hasil dengan nilai di atas besarnya nilai inflasi, ORI sendiri merupakan surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh negara sebagai pihak yang berutang untuk memperoleh dana pinjaman yang berasal dari masyarakat.

Dana ini nantinya akan dipergunakan oleh pemerintah untuk modal pembangunan yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat Indonesia. ORI mempunyai tingkat keamanan yang tinggi karena investasi ini diselenggarakan oleh pemerintah.

Keuntungan Investasi Obligasi ORI

Ketika melakukan sebuah investasi, tentu saja keuntungan menjadi hal yang kamu harapkan. Hal ini harus dipahami dari awal sehingga kegiatan investasi bisa memberi hasil yang maksimal. Berikut beberapa keuntungan investasi ORI, seperti:

1. Capital gain

ORI menjadi instrumen yang bisa diperjualbelikan di pasar sekunder yakni BEI atau Bursa Efek Indonesia. Proses ini dapat dilakukan bila investor ingin menjual ORI yang sudah dibelinya sebelum masa jatuh tempo.

Tentu saja bila nilai penjualan lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai beli, investor bisa memperoleh sejumlah keuntungan atau capital gain dari penjualan ini.

2. Kupon ORI

Investor ORI nantinya akan memperoleh kupon yang dibagikan setiap bulan dengan nilai tetap. Meskipun terdapat fluktuasi harga pasar, nilai ini tidak akan terpengaruh. Bila melihat waktu pembagian kupon, kamu akan merasa seperti diberi gaji bulanan.

3. Risiko rendah

Sebagai investor, risiko yang dimiliki sebuah investasi tentu menjadi salah satu pertimbangan yang kamu perhatikan bukan? Untuk obligasi ini, kamu tidak perlu cemas jika ORI mengalami gagal bayar.

Pemerintah sendiri sudah menjamin keamanan ORI dengan Undang Undang no 24 tahun 2002 yang berisi mengenai Surat Utang Negara.

4. Jangka waktu pendek

Untuk merasakan manfaat investasi dari ORI, kamu tidak membutuhkan waktu lama. Setelah beli obligasi online, kamu bisa mendapatkan manfaatnya. Jangka waktu ORI biasanya hanya 3 tahun saja. tetapi, kamu bisa mencairkan ORI sebelum masa jatuh tempo.

Risiko Investasi Obligasi ORI

Meskipun memberikan keuntungan, layaknya jenis investasi yang lain, obligasi ini juga memiliki sejumlah risiko yang harus kamu pahami dari awal. Risiko yang dimiliki ORI memang bisa dikatakan sangat kecil, namun tetap harus kamu waspadai, seperti:

1. Adanya risiko pasar

ORI memiliki risiko yang kecil, namun tetap mempunyai risiko kerugian yang disebabkan karena penurunan harga di pasar sekunder. Kerugian tersebut dapat muncul saat investor melakukan penjualan di pasar sekunder sebelum masa jatuh tempo.

DBS by Digibank
Pexels

Jika kamu melakukan penjualan sebelum masa jatuh tempo, harga jual yang diperoleh bisa lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya. Namun risiko seperti ini bisa kamu hindari bila kamu tidak menjual ORI sampai masa jatuh tempo. Atau, kamu menjual ketika harga lebih tinggi dibanding harga beli.

2. Risiko likuiditas

Mirip dengan kasus risiko pasar, likuiditas bisa terjadi disebabkan karena penjualan ORI sebelum jatuh tempo tiba. Investor bisa saja mengalami kesulitan melakukan penjualan ORI di pasar sekunder dengan harga jual wajar.

Beli Obligasi Online dengan Mudah di Aplikasi digibank by DBS

Setelah mengenal obligasi khususnya ORI, apakah kamu mulai tertarik melakukan investasi ini? Di awal tahun ini, sepertinya sudah saatnya untukmu menambah koleksi portofolio investasi. ORI dengan seri ORI021 dapat dijadikan pilihan.

Kamu bisa beli obligasi online melalui Aplikasi digibank by DBS. Berikut berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan, seperti:

1. Memberikan potensi keuntungan yang menggiurkan

ORI021 mampu memberikan potensi keuntungan yang sangat menggiurkan ketika dijual, sehingga sayang untuk melewatkannya begitu saja. Lebih-lebih pembelian bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

2. Pembelian dimulai dari Rp 1 juta

Berminat membeli ORI021 namun ingin mencobanya terlebih dahulu? Tidak perlu khawatir, kamu bisa membeli obligasi ini dari uang gajimu bulan ini, karena pembelian ORI021 mulai dari Rp 1 juta.

3. Imbal hasil yang menggiurkan

ORI021 memberikan imbal hasil yang menggiurkan sebesar 4,90%p.a. Sehingga, jika kamu menginvestasikan dana sebesar Rp 100 juta, kamu bisa mendapatkan imbal hasil sebesar Rp 4.9 juta tanpa berbuat apapun.

4. Keuntungan akan kamu terima setiap bulan

Nantinya, kamu akan mendapatkan keuntungan setiap bulan. Sehingga hasil investasimu akan lebih maksimal.

5. Dapat diperjualbelikan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ORI021 dapat diperjualbelikan mulai tanggal 15 April 2022. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir ketika membutuhkan dana mendadak.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki obligasi ORI021, sayang bukan jika melewatkannya begitu saja? Jangan sampai niat menabung malah membuat tabunganmu tergerus inflasi dan tidak memberikan imbal hasil apa-apa. Unduh Aplikasi digibank by DBS sekarang juga dan nikmati keuntungannya.

Salam, 
Digibank



Posting Komentar untuk "Makin Untung Investasi Lewat Obligasi Ritel Indonesia"