Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Oli yang Cocok Untuk Mobil Avanza

Toyota Avanza merupakan salah satu mobil keluarga yang cukup populer di Indonesia. Pasalnya selain bentuk serta ukuran yang didesain khusus untuk keluarga, mobil Avanza juga memiliki perawatan yang cukup mudah. 

Salah satu perawatan yang wajib dan rutin dilakukan adalah mengganti oli mobil. Untuk penggantian oli mobil Avanza Anda bisa lakukan di bengkel terpercaya yang bisa Anda temukan lewat website otoklix.com.

otoklix
Source: Popmama

Oli Yang Cocok Untuk Mobil Avanza

Seperti yang kita ketahui oli berfungsi sebagai pelumas agar mesin bisa bekerja dengan baik, sekaligus sebagai penyekat dan pendingin pada mesin mobil. Oli mobil mengandung lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah friksi antar komponen mesin, mencegah goresan serta pembentukan korosi. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis oli yang akan berpengaruh pada kinerja mobil dalam jangka panjang.

Berikut beberapa jenis oli yang cocok untuk jenis mobil Toyota Avanza.

1. TOP 1 HP 1 Zenzation 10W-40

Rekomendasi oli yang pertama untuk mobil Avanza adalah TOP 1 Zenzation. Sejak dulu nama TOP 1 sudah dikenal sebagai salah satu merk pelumas kendaraan yang berkualitas. Salah satu produknya adalah TOP 1 Zenzation dengan kandungan sintetik 30 persen lebih banyak dibandingkan dengan oli lainnya, sehingga memiliki masa pakai yang lebih lama untuk mobil Toyota Avanza.

Keunggulan oli TOP 1 Zenzation telah terbukti saat dilakukan pengujian bersama yang membuktikan bahwa TOP 1 Zenzation tetap stabil meski sudah menempuh 15.000 km. Oli TOP 1 menggunakan teknologi dengan kandungan zat Ester Fortified yang dapat menjaga komponen mesin saat pertama kali dihidupkan.

Hal tersebut akan membuat mobil Toyota Avanza memiliki performa yang responsif. Selain itu, teknologi Max TBN yang terdapat dalam oli akan memberikan proteksi ganda sehingga terhindar dari korosi dan karat. Oli TOP 1 Zenzation telah memenuhi Euro 6 Standard yang membuktikan jika oli tersebut adalah salah satu oli yang ramah lingkungan karena mampu menurunkan emisi gas buang.

2. TOP 1 HP Sport 10W-40

Masih dari merek yang sama yaitu TOP 1 sebagai salah satu rekomendasi oli yang cocok untuk mobil Avanza, yaitu Top 1 HP Sport 10W-40. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang sama dengan TOP 1 Zenzation, hanya saja Top 1 HP Sport telah dilengkapi dengan zat aditif Xtra Clean Additives yang mampu mengikat kotoran sisa pembakaran serta membersihkan mesin mobil sampai ke celah terkecil.

Selain itu, oli Top 1 HP Sport merupakan oli full sintetik sehingga mempunyai masa pakai yang lebih lama, lebih tahan panas dan menjaga temperatur mesin mobil agar tetap stabil. Stop-and-Go formula yang terdapat pada oli Top 1 HP Sport 1, menjadikan kerja mesin tetap optimal meski digunakan pada jalan perkotaan yang mengalami macet.

3. Fastron Techno 10W-40

Oli yang cocok untuk mobil Toyota Avanza selanjutnya adalah produk lokal dari Pertamina yaitu Fastron Techno 10W-40. Fastron Techno merupakan oli yang diformulasikan dengan bahan base oil sintetik yang cocok untuk mobil Toyota Avanza. Fastron Techno mempunyai tingkat kekentalan yang stabil sejak mesin dihidupkan pertama kali serta tahan terhadap suhu yang ekstrem.

Hal tersebut membuat oli tidak akan mudah menguap dan bisa mencegah timbulnya deposit. Selain itu, kandungan zat aditif yang terdapat pada Fastron Techno bisa membersihkan ruang mesin mobil Toyota Avanza secara aktif serta memberikan perlindungan optimal terhadap keausan yang dapat menurunkan performa mesin mobil.

4. Shell Helix HX7

Produk oli dari Amerika serikat yaitu Shell juga cocok digunakan untuk jenis mobil Toyota Avanza salah satunya Shell Helix HX7. Diformulasikan dengan base oil sintetis dengan teknologi Flexi Molecule yang bisa membentuk lapisan perlindungan dan aktif membersihkan ruang mesin hingga celah terkecil. Shell Helix HX7 diklaim mampu bekerja 40 persen lebih baik untuk melindungi mesin dari keausan dibandingkan oleh jenis lainnya.

5. Castrol Magnatec 10W-40

Rekomendasi oli yang cocok untuk mobil Toyota Avanza lainnya adalah Castrol Magnatec 10W-40. Produk ini telah memiliki sertifikat API SN yang mengandung base oil sintetik dengan teknologi molekul pintar yaitu Self Healing Leayer. 

Fungsi dari teknologi tersebut adalah membuat molekul pintar tetap melekat pada komponen mesin mobil seperti magnet meski oli telah kembali ke bak penampungan.

Sehingga komponen mesin mobil mendapatkan perlindungan ekstra, sejak mesin dihidupkan selama proses pemanasan. Selain itu, teknologi molekul pintar yang dimiliki oleh Castrol Magnatec berfungsi menjaga molekul mesin mobil saat kondisi lalu lintas padat dan memberikan perlindungan 20 persen lebih terhadap keausan mobil.

Castrol Magnatec memiliki tingkat kekentalan yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk digunakan mobil Toyota Avanza dengan pemakaian di atas lima tahun.

Fadlimia Otoklix

Itulah tadi 5 jenis oli yang cocok untuk mobil Avanza. Seperti yang telah disebutkan di atas Anda bisa lakukan penggantian oli mobil lewat website Otoklox atau bisa juga lewat aplikasinya, dan Anda dapatkan potongan Rp100 ribu dengan memasukan kode voucher
PAKOTO saat melakukan booking di aplikasi Otoklix.

Salam, 
PAKOTO



8 komentar untuk "5 Jenis Oli yang Cocok Untuk Mobil Avanza"

  1. Jadi tau 5 jenis oli yang cocok untuk mobil Avanza. Termasuk bagaimana cara penggantian oli mobil lewat website Otoklox atau aplikasinya. dapat potongan pula Rp100 ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih,, Bg Sani.. kan gak ada salahnya kita tahu jenis oli yg cocok utk mobil kita ya kan hehe

      Hapus
  2. Hihihihi awak tau nya pakai mobil aja. Pas ganti oli tinggal antar mobil ke bengkel. Kebetulan mobil kami daihatsu ya tinggal antar aja ke bengkel daisatsu hehhehhhehe nggak pernah nanya bg di ganti oli apa ni udah tau total biaya aja tun up dan ganti oli.

    BalasHapus
  3. bekal banget nih kalo someday punya mobil, pengetahuan tentang Oli udah dapat hehe

    BalasHapus
  4. Ternyata untuk jenis mobil tertentu punya oli khusus ya kak Mia.

    Trus kalo semisal berganti-ganti Merek oli yang berbeda apakah ada pengaruhnya juga?

    BalasHapus
  5. Lumayan juga kalo ganti oli di otoklox. Bisa pake kode pakoto dapet potongan hingga 100rb ya.
    Nanti kasih tau paksuami ah.. Biar lebih hemat saat ganti oli..

    BalasHapus
  6. Belom punya mobil, tapi info ini bagus sekali manatau kemudian hari punya mobil merk dan tipe yang sama jadi gampang perawatan nya.

    BalasHapus
  7. awak seumur-umur gak pernah tau apa jenis oli dari kendaraan yang awak pernah pakek kak. hahahhah. nice for share ya kak.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.