Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Challenge Kreasi Merah Putih Bersama Tiga Sapi

Tak terasa sudah masuk bulan Agustus saja pada tahun 2022 ini ya, bulan kemerdekaan Republik Indonesia. 77 tahun bangsa kita merdeka dari penjajahan, saatnya mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Berkarya produktif di bidang masing-masing.

Turut memeriahkan dirgahayu RI, saya pun tak mau ketinggalan, pingin bikin camilan yang disukai suami dan anak-anak. Biasanya saya membuat bakwan, godok-godog pisang, puding, bubur kacang hijau, aneka mie berkuah, kolak labu kuning, dan masih banyak lagi. 

Challenge Kreasi Merah Putih

Nah, pada Challenge Kreasi Merah Putih kali ini camilan yang saya bikin tidak perlu goreng-menggoreng. Selain kami sekeluarga sedang dilanda batuk pilek (wah, bisa kompakan ya), meski bapil ringan namun mesti telaten juga memastikan asupan makanan keluarga agar tidak mengandung minyak-minyakan dulu.

Saya memutuskan bikin puding saja, puding adalah makanan terbuat dari pati, yang diolah dengan cara merebus, kukus, dan bisa juga dengan cara membakar (boiled, steamed, and baked) sehingga menghasilkan gel dengan tekstur yang lembut.

Kebetulan anak-anak kurang suka puding jelly, maka saya memilih puding agar-agar atau puding ager yang tidak ada kandungan jelly-nya.

Challenge Kreasi Merah Putih diadakan di akun Instagram Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dan hadiah untuk pemenangnya total senilai Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah)!. Seru, kan.

Challenge Kreasi Merah Putih
Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi / dokpri

Challenge Kreasi Merah Putih Bersama Tiga Sapi


Challenge Kreasi Merah Putih kali ini saya menyertakan Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai bahan campuran utama agar-agarnya. Mengapa memilih Tiga Sapi untuk membuat camilan kami sore ini, karena alasan-alasan berikut:

1. Harga Lebih Hemat dan Isinya Lebih Banyak

Tiga Sapi Susu Evaporasi harganya hanya Rp. 15.000 per pcs 500 gram. Ekonomis kan, isinya juga lebih banyak 25%, buktinya bisa untuk membuat 1 buah puding ager berukuran sedang.

2. Bisa Ditutup Kembali

Tiga Sapi Susu Evaporasi jika sudah dibuka bisa ditutup kembali jadi tidak takut tumpah, terbuang percuma dan pastinya lebih hygienis.

3. Harum Vanili dan Rasanya Lebih Lezat

Saya pernah menonton ulasan jujur dari seorang vlogger, ia membandingkan lima merek krimer kental manis. Dan taraa... Tiga Sapi Kental Manis keluar sebagai juaranya. Karena memiliki harum vanili yang mengundang selera, dan rasanya lebih lezat.

4. Cocok sebagai pengganti santan

Tiap pekan, keluarga saya, pasti ada satu menu yang harus pakai santan, entah itu soto, kari, sayur lodeh, kolak, bubur, dan lain-lain. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini sangat cocok dijadikan pengganti santan. Malah lebih gurih ketimbang santan yang terbuat dari nabati.

5. Lebih Praktis dan Ekonomis

Tiga Sapi Kental Manis juga lebih praktis dan ekonomis, bentuknya kemasan kalengnya lebih tinggi dan isinya lebih banyak. Harganya Rp. 12.000,- per kaleng 490 gram.

6. Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat mengonsumsi Tiga Sapi Kental Manis adalah sebagai sumber kalsium, Vitamin D3, Vitamin A yang tinggi.

Itulah alasan saya memilih Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis dalam Challenge Kreasi Merah Putih ini.

Resep Puding Sehat, Lezat, Nikmat

Baiklah, berikut resep kreasi merah putih puding sehat, lezat, nikmat. Sehat karena mengandung zat-zat baik yang terdapat di dalam Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis, serta bubuk puding agar-agar.

Tiga Sapi Kental Manis
Puding Sehat Lezat dan Nikmat


Membuatnya juga tidak menggunakan gula pasir lagi, sehingga tidak melebih batas asupan gula harian yaitu 36 gram (9 sendok teh) untuk pria dewasa, 24 gram (6 sendok teh) untuk wanita dewasa, dan kurang dari 24 gram (6 sendok teh) untuk anak-anak usia 2 hingga 18 tahun.

Lezat karena aroma puding beraroma vanili pengaruh campuran dari Tiga Sapi Susu Evaporasi, dan nikmat karena campuran dan topping memakai Tiga Sapi Kental Manis, manisnya pas, tidak terlalu manis namun juga tidak terlalu tawar, jadinya terasa nikmat.

Bahan-Bahan:

  • 1 bungkus bubuk agar-agar (saya menggunakan merek Mutiara) plain (tidak berwarna)
  • 1 pcs 500 gram Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • 3 sdm Tiga Sapi Kental Manis
  • Buah, di sini saya memakai buah kiwi, dan belakangan anak saya menambahkan irisan mangga arum manis saat menyajikannya

Cara Membuat:

  • Masukkan tepung agar-agar ke dalam panci berukuran sedang
  • Campurkan 1 pcs 500 gram Tiga Sapi Susu Evaporasi, lalu mulai hidupkan kompor
Mengapa tidak dari awal menyalakan kompor sebab agar-agar powder segera mengental jika terkena panas.
  • Aduk-aduk dengan spatula supaya bubuk ager tercampur seluruhnya dengan cairan susu dan tidak muncul dalam butiran gelembung tanda adukan tak merata.
  • Tuangkan 3 sdm Tiga Sapi Kental Manis ke dalam panci, sambil terus diaduk-aduk.
Proses pembuatannya cepat dan praktis, cocok untuk ibu bekerja seperti saya

  • Saat mengaduk rasanya spatula sudah mulai berisi dan airnya mendidih, segera matikan kompor.
  • Pindahkan ke loyang dan tunggu hingga mengeras sempurna
  • Lengkapi puding dengan garnish potongan buah. Kebetulan saat menata-nata, putri saya mengambil alih, katanya pingin challenge kreasi merah putih ini topping-nya dia yang buat.
  • Setelah selesai, berikan sentuhan akhir dengan membubuhi keseluruhan tampilan puding dengan Tiga Sapi Kental Manis, hmm.. lezat dan nikmat!
Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis
Dalam sekejap puding hampir ludes!

Kesimpulan

Challenge Kreasi Merah Putih Bersama Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis sukses dipraktikkan. Tiga Sapi Susu Evaporasi dengan keunggulan harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ pcs 500g. dan isi lebih banyak 25%.

Tiga Sapi Kental Manis dengan keunggulan lebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: sebagai sumber kalsium dan Vitamin D3, tinggi Vitamin A & B1. Harga ekonomis, Rp.12.000/kaleng 490g.

Rasanya yang lezat dan nikmat menambah kebahagiaan keluarga pada sore itu. Saking enaknya, puding yang tadinya akan didiamkan di dalam kulkas supaya dingin ketika disantap, hampir habis tak bersisa. Untunglah anak saya dengan sigap mengamankannya dengan memasukkan puding ke dalam lemari pendingin. "Lebih enak lagi kalau dimakan dingin-dingin", katanya. 

Gimana dengan bunda semua... sudah mencoba bikin kreasi merah putih masakan bersama Tiga Sapi pada Challenge Kreasi Merah Putih? Yuk, ikutan challenge-nya... MERDEKAAA!!!

kreasi merah putih
Selamat menikmati...


Salam,
Tiga Sapi Fadlimia


21 komentar untuk "Challenge Kreasi Merah Putih Bersama Tiga Sapi"

  1. Hihi awak pernah bikin masakan dengan tiga sapi sebagai pengganti santan. Memang enak kok kak.
    Btw susu tiga sapi evaporasi ini kalo udah dibuka bisa bertahan sampai berapa lama ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya langsung digunakan agar rasanya tetap segar ya Mak Icha,,

      Hapus
    2. Hihihi. Sok nanyak tahan berapa lama, padahal ya kalo di rumah yang namanya susu. Kalo udah dibuka mana ada sisa kak. Hahaha

      Searching ah tiga sapi evaporasi

      Hapus
  2. ternyata takaran gula untuk wanita dewasa itu 6 sendok teh. Apa kabar badanku yang ga pernah kontrol minum dan makanan manis.
    untunglah ada artikel ini, jadi bahan pembelajaran baru buatku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, si Tiga Sapi Kental Manis dan Evaporasi ini manisnya pas, gak berlebihan

      Hapus
    2. Favorit awak yang praktis minum kopi tambah susu tiga sapi

      Hapus
  3. Kak, disini masak tomyam pakai susu tu tau tak,, lebih gurih dan lemak hahaha. Cobalah. Tapi liat puding itu seger ya, pengen minta haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, yg stay di Kuala Lumpur pun masak tomyam pake Tiga Susu Evaporasi lho,, kereen

      Hapus
  4. Salfok nomor 4. Susu pengganti santan. Baru tau kalau masakan berbahan santan bisa diganti susu. Kayaknya syedap tu pudingnya. Bisalah kapan-kapan nyobain resepnya.

    BalasHapus
  5. Duh segar kali kak liat pudingnya, mana pake buah-buahan lagi, pengen coba ah bikin puding pake susu evaporasi cap tiga sapi ini ini, bosan juga kalau asik pake santan aja ya kak :)

    BalasHapus
  6. Sedapnyoooo, ini enaaak betul kalau disantap dingin-dingin :D jadi tambah seger krn ada tambahan dr buahnya. Sy blm pernah coba pakai susu evaporasi utk membuat pudding, jd penasaran jg ini kayanya jd lbh enaak lembut gitu yap :D

    BalasHapus
  7. makanannya menggoda banget pas banget lagi lembur dan laper dari tadi, auto langsung mikir besok buat pudingnya mba. apalagi makannya di siang hari seger banget

    BalasHapus
  8. Pengganti santan dengan produk Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini pastinya lebih praktis, gurih dan menyehatkan ya. Saya yang belom mencobanya harus mencoba juga biar gak penasaran

    BalasHapus
  9. Resepnya gampang ya kayaknya buat bisa bikin camilan anak anak. Makasih idenya mom

    BalasHapus
  10. Cakep euy puddingnya. Rasanya juga pasti nikmat pakai Tiga Sapi sih..izin recook resepnya ya mbak. Anak-anak pasti suka nih.

    BalasHapus
  11. Naaahh,, produk kek gini nih yg rekom. Karena aku pribadi juga mau ngurang-ngurangin konsumsi gula dan santan. Solutif banget nih tulisannya. Makasi lho mba 😊🙏

    BalasHapus
  12. Sedapnyaaa 😍 bisa jadi salah satu bahan buat cemilan keenan nih, tiga sapi ini legend sih ya buat bahan bikin cemilan manis manis dan tambahan buat bikin minuman juga, teh tarik misalnya hmmmm jadi laperrr

    BalasHapus
  13. Ah harganya lebih ekonomis tiga susu sapi dibanding mereke berlogo merah itu. Tau gitu ibuku kusuruh kulakan susu ini aja

    BalasHapus
  14. Seger banget ya mbaa, aku jg mau bikin aah kebetulan kmrn juga habis bikin coffee jelly sama tiga sapi jugaa

    BalasHapus
  15. kudapan kesukaan anakku nih mbak, puding, mau coba buat pake tiga sapi ah kayaknya lebih mantep ya rasanya

    BalasHapus
  16. Belum pernah pake tiga sapi untuk masak ini itu. Padahal banyak kreasi masakan yang bisa dibuat ya. Bahkan bisa jadi santan juga. Baru tau euy.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.