Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Brain Academy Bikin Harapan Bersemi

Menjelang kenaikan kelas ke kelas XII Nafila putri saya mengajak kami, ayah bundanya untuk ngobrol, waktu itu di meja makan pada saat makan malam bersama di rumah.

"Bun, kalau ikut les untuk persiapan masuk kuliah itu gimana ya Bun...? Perlu nggak?
"Kalau menurut Bunda perlu dong, agar belajarnya lebih terarah dan fokus" , jawab saya
"Boleh aja kalau mau ikut bimbel, asalkan bukan karena ikut-ikutan teman" , kata ayahnya.
"Dan musti pinter membagi waktu, antara PR sekolah dengan waktu bimbelnya." tambah saya.
"Kakak maunya di Brain Academy ya bimbelnya..." 
"Oya, denger-denger Brain Academy bagus tuh" , ayah berkomentar
"OK, coba besok kita melihat-melihat ke Brain Academy Center yang di Jalan Letjen S. Parman ya", tutup saya sambil googling di smartphone.
"Yeayy...!" seru Nafila bersemangat.

Brain Academy
Putri kami Nafila sedang berpose di lobby Brain Academy Center S. Parman, Medan.
Sumber gambar: Dokumentasi pribadi 


Mengapa Menjatuhkan Pilihan pada Brain Academy?

Bimbel di kota kami bisa dibilang banyak, namun apa alasan yang membuat Nafila, saya, dan ayahnya satu suara menjatuhkan pilihan pada Brain Academy untuk persiapan masuk kuliah Nafila. Berikut alasan-alasannya:

1. Lokasinya strategis

Brain Academy Center di Medan ada di Jalan S. Parman, Letda Sujono, dan di Jalan Yos Sudarso. Semuanya terletak di lokasi strategis yang dapat dijangkau dari mana saja. Brain Academy Center yang terdekat dari kediaman kami adalah Brain Academy S. Parman, waktu tempuh dari rumah sekitar 25 menit. 

2. Ruang belajar yang nyaman

Mengikuti bimbel sepulang sekolah tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi anak. Namun saat tiba di tempat bimbelnya Brain Academy Center S. Parman, putri saya dan teman-temannya langsung disambut dengan hawa sejuk pendingin ruangan ketika baru saja membuka pintu lobi Brain Academy.

Waktu mengantarkan Nafila ke Brain Academy, saya memang tidak sampai masuk ke ruang kelasnya. Namun berdasarkan informasi dari Nafila, Aghniya dan Grace, temannya, ruang kelas tempat mereka belajar sangat nyaman. Selain full AC, ada air purifier agar sirkulasi udara tetap bersih dan terjaga.

3. Metode pembelajaran yang komprehensif

Brain Academy by Ruangguru mengusung tagline "Bimbel online & tatap muka terbaik untuk SD, SMP, SMA, dan persiapan masuk PTN" semisal berhalangan hadir langsung di Brain Academy Center, karena ada kegiatan di sekolah atau dalam keadaan tidak fit untuk datang, website Brain Academy memiliki sejumlah fitur keren yang dapat digunakan untuk menunjang proses belajar anak.

Pernah suatu ketika Nafila sedang tidak enak badan, maka saya menghubungi Master Teacher Walinya mengabarkan bahwa Nafila tidak bisa datang bimbel. Master Teacher Wali mengatakan tidak usah khawatir tertinggal materi pelajaran, sekiranya Nafila sudah fit kembali, bisa belajar melalui live teaching.

Fitur Klinik PR juga sangat membantunya dalam mengerjakan soal-soal yang sulit. Tinggal bikin janji dengan Master Teacher yang akan membantu, ketemu di Brain Academy Center tempat belajar, sat-set soal yang sulit langsung teratasi dan dipahami Nafila dengan baik cara penyelesainnya.

Berikut yang dapat diakses Nafila di Brain Academy Center:
  • Belajar dengan kombinasi tatap muka dan online
  • Klinik PR bahas soal sulit dengan Master Teacher
  • Akses Brain Academy Online & ruangbelajar
  • Modul Belajar
  • Tryout PTS, PAS hingga UTBK-SNBT
  • Kelas Pengembangan Diri
Wah, banyak ya yang diperoleh, duh serasa bundanya ingin ikut bimbel lagi nih, melihat fasiltas yang diberikan Brain Academy untuk para siswanya.

4. Harga paket belajar yang terjangkau

Ruang belajar yang nyaman, fasilitas yang lengkap dengan metode pembelajaran yang komprehensif tadinya saya pikir harganya pasti mahal. Alhamdulillah ternyata harga paket belajarnya relatif terjangkau. Rasanya sepadan bahkan lebih, yang diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan. 

Nomor WhatsApp orang tua akan dihubungi dan dibagikan informasi detail mengenai paket-paket pilihan beserta biayanya. Sehingga orang tua dan anak bisa memutuskan paket bimbel yang mana yang akan diambil dan cocok dengan kondisi kantong orang tua. 

5. Adanya Master Teacher Wali Asuh

Adanya Master Teacher Wali Asuh ini sangat membantu siswa dalam menyusun goal planner-nya. Memotivasi siswa dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Kebetulan Master Teacher Wali Asuhnya Nafila namanya Jenner, kami biasa menyapanya Bang Jenner.

Orangnya ramah, sabar menjawab satu per satu pertanyaan saya dan suami, serta fast respons sekali jika dihubungi via Whatsapp. Tiap siswa dibuatkan WAG bersama Master Teacher Wali Asuh, agar komunikasi dengan orang tua siswa berjalan dengan lancar.

Terus terang kalau tidak dibantu oleh Bang Jenner saya tidak memahami teknis dan trik untuk mengikuti SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi). Dulu namanya SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang biasa dikenal dengan jalur undangan.
Brain Academy Center S. Parman
Nafila dan saya, bundanya ketika menjemputnya pulang belajar dari Brain Academy / Dokumentasi pribadi

Semua siswa kelas XII pastilah berharap namanya masuk ke daftar siswa yang eligible, karena eligible adalah tiket untuk berhak ikut SNBP. Meski SNBP kerap disebut sebagai jalur hoki, jalur rezeki, bahkan ada siswa yang bilang, jalur Gatcha. Saking kecilnya kemungkinan lulus. Tetapi tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Berikut panduan dan saran dari Bang Jenner untuk Nafila:
  1. Jaga nilai rapor dari Semester 1-5 usahakan tidak turun dari skor nilai PTN tujuan. Misalnya untuk FSRD ITB butuh skor nilai minimal 88.
  2. Proaktif bertanya ke guru wali kelas di sekolah atau guru BK, perihal pengumuman nama-nama siswa yang eligible.
  3. Diskusikan dengan guru BK mengenai kemungkinan hanya 1 siswa untuk 1 tujuan program studi d PTN idaman. Agar tidak bersaing dengan teman sendiri satu sekolah. Meskipun kalau dilihat testimoni siswa peserta SNMPTN yang lulus tahun lalu ada yang barengan sama-sama teman 1 sekolahnya diterima di prodi yang sama di PTN tersebut.
  4. Jika memang mantap ingin memilih satu jurusan di PTN impian, sebaiknya kosongkan pilihan kedua. Biasanya di antara 2 pilihan, yang satu harus PTN berada satu kota dengan asal peserta.
  5. Unggah portofolio terbaik untuk jurusan yang mensyaratkan adanya portofolio (biasanya seni dan olahraga), dan lakukan finalisasi maksimal di H-3 deadline unggah dari panitia SNPMB BPPP (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) - (Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan)/ BP3 2023. Tahun lalu dikelola oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).
Tentunya setelah semua ikhtiar dilakukan dengan optimal, hal yang sangat penting dilakukan adalah melangitkan doa. Biarkan takdir dan doa bertarung di langit. 

Semoga Nafila sukses menembus SNPB, sekiranya tidak rezeki lulus di SNBP, insyaallah akan ikut berjuang melalui jalur berikutnya yaitu SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), yang tahun lalu dikenal dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Yuk, teman-teman sesama orang tua tunggu apalagi, bimbel Brain Academy adalah pilihan terbaik anak untuk menuju kampus impiannya. Jangan lupa ikuti terus informasi terbarunya di media-media sosial Brain Academy by Ruangguru.

Twitter: https://twitter.com/ruangguru/
Instagram: https://www.instagram.com/ruangguru/
Facebook: https://www.facebook.com/ruanggurucom/

Dan download aplikasi Ruangguru di App Store atau Play Store

Klinik PR
Doakan Nafila lulus seperti kakak-kakak ini ya / Dokumentasi pribadi

Kesimpulan

Brain Academy bikin harapan bersemi. Harapan Nafila diterima di PTN impian dan harapan orang tua terhadap perguruan tinggi terbaik untuk anaknya. Pilihan kami jatuh pada Brain Academy sebagai bimbel online & tatap muka terbaik untuk SD, SMP, SMA, dan persiapan masuk PTN. 

Lokasi yang strategis di tengah kota, ruang belajar yang nyaman, metode pembelajaran yang komprehensif, harga paket belajar yang terjangkau, dan yang sangat membantu adalah adanya Master Teacher Wali Asuh.

Demikian artikel reviu saya sebagai orang tua dari siswa Brain Academy Center S. Parman, Medan. Teriring doa semoga anak kami Nafila Zahra bisa lulus di SNPB 2023. Amin yra.

Artikel ini diikutsertakan dalam Ruangguru Blog Competition 2023.



Salam,
Brain Academy Center S. Parman Medan


















17 komentar untuk "Brain Academy Bikin Harapan Bersemi"

  1. Wahhh keren sekali, semoga tercapai yaa harapannya Nafilaa 🤗😊

    BalasHapus
  2. Wah udah banyak Kali ya bermunculan bimbel yang super keren sekarang ini. Kalau boleh dijapri harga paket belajarnya ya bu mia soalnya buat referensi Penting banget... Terima kasih sudah memberikan info bermanfaat ini yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Kak Siska, coba nanti saya japrikan nomor kontak PIC dari BA-nya ya...

      Hapus
  3. Wah, kalau di brain academy itu bayarnya berapaan ya Bu Mia?
    Pingin bisa ikutan juga. Ada program beasiswa nya nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung buka website Brain Academy by Ruangguru-nya ya, Yumna sayang. Ba suka ngasih diskon juga kok Alhamdulillah jadi meringankan orang tua.

      Hapus
  4. MasyaAllah sekarang Brain Academy sudah bisa kelas offline ya kak. Jadi semangat sih belajar tatap muka begini biar makin ngerti dan bisa langsung diajarin sama tutupi Brain Academy

    BalasHapus
  5. Emang bimbel2 ini sangat membantu untuk masuk ke ptn, banyak sekarang bermunculan ya salah satunya ruang guru, ruang guru ini peminat nya juga banyak saya liat, moga terus capai ya nafila apa yg di cita cita kan

    BalasHapus
  6. Banyak tempat bimbel bermunculan sekarang ya, salah satu nya ruang guru, dan saya sering mendengar tempat bimbel yang satu ini, bimbel sangan membantu untuk masuk ke ptn. Semoga nafila tercapai masuk ke ptn yang di inginkan

    BalasHapus
  7. Brain academy membatu diterima di PTN, Brain academy bisa cocok pilihan karena ada kelas offline (tatap muka) dan ada kelas online jadi kalo tidak bisa online jadi tidak ketinggal materi kelas, Terima kasih sudah memberikan infonya kak.

    BalasHapus
  8. Banyak banget penunjang belajar siswa mulai dari yang digital sampe konvensional. Semua ada kelebihan dan kurangnya. Yang penting gimana niat mau lebih berkembang dari yang lain

    BalasHapus
  9. Jadi teringat dulu kak, waktu masih SMA. Nanya ke orang-orang tempat bimbel karena mau les untuk ikut UMPTN (ketahuan ya umurnya ;D). Penting sih memang ikut bimbel, supaya lebih siap untuk menghadapi ujiannya. Semoga semua yang belajar di Brain Academy sukses meraih cita-citanya. ^_^

    BalasHapus
  10. Ihhh keren, ga perlu takut ketinggalan pelajaran kalo memang kondisi tidak memungkinkan datang. Fasilitas yg disediakan benar² oke banget. Kalau gini orang tua juga ga terlalu khawatir anaknya ketinggalan pelajaran

    BalasHapus
  11. Aamiin ya Allah..
    Semoga putrinya lulus di fakultas impian ya mba Mia..
    Anak saya masih SD, tp kalo lagi teringat suatu saat mau masuk perguruan tinggi, deg-degan bener saya

    BalasHapus
  12. Brain Academy ini ada untuk anak usia toodler gak ya mak programnya? Menarik soalnya konsep mereka. Manatau ya kan..

    BalasHapus
  13. Saya juga sedang berpikir untuk memasukkan anak saya di bimbel. Gara-gara baca tulisan ini, jadi pengen juga berkunjung ke brain academy. Mudah-mudahan Nafila dapat yang terbaik untuk kuliahnya ya kak.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.