Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh di Era New Normal

Kemenkes RI membeberkan jika orang dengan daya tahan tubuh lemah rawan tertular COVID-19. Oleh karena itu, agar Anda senantiasa terhindar dari infeksi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19, Anda sebaiknya melakukan cara-cara yang disarankan untuk meningkatkan imun tubuh Anda, lebih-lebih lagi di era new normal.

Sistem imun terdiri dari berbagai macam organ, sel, dan protein yang saling berinteraksi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sistem imun memainkan peran krusial bagi tubuh Anda, yakni melindungi Anda dari substansi-substansi berbahaya yang berisiko mengakibatkan Anda jatuh sakit, contohnya yaitu kuman dan virus.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda, mulai dari aktif bergerak hingga menjaga mindset yang positif. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda ikuti untuk membentengi sistem imun tubuh Anda sekaligus menghalau penularan COVID-19 di masa pandemi:

1. Rutin Berolahraga

Tahukah Anda? Selain memperkuat daya tahan tubuh Anda, rupa-rupanya olahraga teratur juga berdampak bagus bagi kualitas tidur Anda. Ini karena ketika berolahraga, tubuh Anda memproduksi hormon yang menekan tingkat stres di dalam tubuh, kemudian menjadikan Anda lebih rileks dan tidur lebih lelap di malam hari.

Kondisi pikiran dan fisik yang stabil amat diperlukan dalam memelihara kesehatan tubuh, khususnya untuk menjaga daya imun tubuh. Beberapa penelitian telah membuktikan pengaruh positif dari olahraga rutin terhadap respons imun bahkan pada penderita COVID-19 dengan daya tahan tubuh lemah.

Maka dari itu, Anda sebaiknya membiasakan diri untuk sedikitnya bergerak aktif selama tiga puluh menit setiap harinya agar sistem imunitas Anda tahan serangan penyakit.

2. Penuhi Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Sistem Imun

Beberapa nutrisi tertentu dicap berkhasiat bagus guna meningkatkan imun tubuh. Nutrisi-nutrisi penting tersebut lazim dijumpai pada pangan segar, antara lain:

Vitamin C: Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jenis vitamin ini dapat Anda temukan pada berbagai macam makanan selain jeruk, contohnya, sayuran hijau, paprika, wortel, dan buah-buahan tertentu.

Vitamin D: Penuhi kebutuhan harian vitamin D Anda untuk menguatkan pertahanan tubuh dan menangkal virus-virus mematikan. Selain berjemur, cara lainnya untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh yakni dengan mengonsumsi ikan berlemak.

Asam Folat: Asam folat berfungsi membentuk sel-sel di dalam tubuh, di mana kekurangan nutrisi ini dapat mengakibatkan melemahnya sistem imun. Beberapa makanan yang mengandung asam folat tinggi antara lain sayur mayur dan kacang-kacangan.

Zat Besi: Zat besi dibutuhkan dalam proses penyebaran oksigen ke sel-sel di sekujur tubuh, termasuk bagi sel-sel darah putih yang memiliki peranan penting terhadap daya tahan tubuh.

redoxon

Terkadang, menyantap makanan sehat saja tidak cukup. Imun tubuh perlu dirawat dengan memberikan lapisan perlindungan ekstra. Misalnya, konsumsi suplemen kesehatan seperti Redoxon setiap hari. Terdapat kandungan vitamin C, vitamin D, asam folat, zat besi, dan sederet nutrisi penting lainnya di setiap tabletnya yang amat dibutuhkan oleh sistem imun.

3. Hindari Stres Pikiran Berlebih

Meski stres dan cemas berlebih (anxiety) adalah gangguan yang umumnya menyerang kondisi psikis seseorang, ternyata keduanya juga diketahui dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik, salah satunya yaitu penurunan daya tahan tubuh.

Efeknya akan semakin memperburuk ketahanan tubuh Anda lebih-lebih lagi kalau Anda mengalami stres dalam jangka panjang. Hasil sebuah studi yang dirilis pada tahun 2018 oleh sejumlah ilmuwan asal Swedia mengungkap keterkaitan antara stres akut dengan penyakit autoimun.

Siapa pun rentan terjangkiti stres, terlepas dari usia dan jenis kelaminnya. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu bagaimana cara mengatasi stres yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Misalnya, Anda barangkali ingin mencoba latihan pernapasan, bermeditasi, atau yoga.

4. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Selagi Anda tidur, sistem imun Anda memproduksi protein yang disebut sitokin yang bertugas menarget infeksi dan peradangan pada tubuh. Sitokin juga dilepaskan ketika Anda tengah beristirahat. Dengan kata lain, kurang tidur bisa berujung pada akibat yang cukup fatal, terutama bagi daya tahan tubuh Anda.

Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur sebanyak delapan jam per hari. Tergantung dari kondisi bawaan masing-masing, ada yang mungkin perlu tidur lebih lama, ada pula yang butuh istirahat lebih singkat.

Jika Anda kerap merasa lelah saat beraktivitas di siang hari, besar kemungkinannya tubuh Anda tidak mendapatkan cukup istirahat di malam hari.

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat disertai diet yang seimbang adalah langkah penting selanjutnya yang bisa Anda ambil untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Para ahli menyarankan agar Anda mulai mengonsumsi makanan utuh (whole foods), yaitu makanan yang tidak melewati proses pemurnian di mana semua bagiannya dapat dimakan, dan mengurangi takaran gula, garam, dan minyak di dalam makanan Anda.

Terdapat beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh Anda secara alami, seperti jeruk, brokoli, bayam, paprika merah, jahe, bawang putih, dan lain-lain. Walaupun begitu, ahli gizi tetap merekomendasikan supaya Anda tidak memilih-milih makanan dan mengonsumsi makanan sehat secara berimbang.

Selain lima cara di atas, terdapat beberapa cara meningkatkan imun tubuh lainnya yang juga ampuh memperkuat kekebalan tubuh, seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mempraktikkan kebiasaan hidup bersih. Demikian artikel tentang cara meningkatkan imun tubuh di era now normal, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,
redoxon fadlimia



8 komentar untuk "5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh di Era New Normal"

  1. Sudah lama enggak mampir ke blog kakak Mia, kangen rasanya. Tulisan kak Mia itu selalu menginspirasi. Terima kasih kak Mia buat tipsnya. Memang covid ini sudah mulai menurun, tapi jangan lengah, tetap harus jaga kesehatan dan pola makan yang baik 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Cinggu Litha... semoga sehat selalu yaa... kuyy kita jaga iman dan imun tubuh agar aman yaa hehe

      Hapus
  2. Menghindari stres berlebih. Setuju banget sih Mba. Ketika pikiran kita stres pasti imun bisa langsung turun.,

    BalasHapus
  3. Tipsnya mantul nih. Tapi kayaknya jam istirahat saya yang harus diperbaiki, kebanyakan lembur ngejar deadline, wkwkwkwk. Makasih sudah diingatkan. Penting banget saat ini untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah 4 dari 5 point sudah kulakukan. Sayang istirahat blm bisa lagi kayak dulu. Maklum Busui kak

    BalasHapus
  5. Olah raga rutin dan makan sehat udah aku jalanai, tinggal stress kadang gak terhindarkan sama tidur gak cukup nih.
    Makasih tipsnya kak

    BalasHapus
  6. Nomor 3 setuju banget kak Mia, kadang pikiran yang stress bisa jadi sumber penyakit dan daya imun tubuh menurun, efeknya kemana-mana nafsu makan juga juga menurun dan lebih mudah terpapar virus

    BalasHapus
  7. kalo nutrisi gak cukup dari makanan, bisa didopping sama multivitamin ya. Olah raga alhamdulillah aku dan suami mulai semangat lagi nih uni, jalan sehat tiap pagi.

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.