Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Minyak Goreng Yang Bagus

Tips Memilih Minyak Goreng yang Bagus - Hayo, siapa di sini yang suka makan gorengan? Tahu kan kalau minyak goreng lagi mahal? Ngomongin merk minyak goreng kali ini saya akan membahas tentang cara memilih minyak goreng yang bagus.

Mengapa Orang Indonesia Suka Makan Gorengan

Nah, pertanyaan ini pasti dengan mudahnya kita jawab kan. Alasannya karena gorengan itu enak, murah harganya, banyak variannya, seperti tempe goreng, french fries, bakwan (bala-bala), pisang goreng, dan masih banyak jenis gorengan lainnya. 

Apalagi kalau ngemil gorengan di saat hari hujan dan ditemani kopi panas, wuih nikmat sekali. bakal tak terasa kalau gorengannya sudah habis sepiring, hehe.

Belum lagi masakan yang digoreng seperti ikan goreng, oseng-oseng, tumisan sayur, dan lain-lain. Semua itu menggunakan minyak goreng yang bagaimana ya. Berikut tips memilih minyak goreng yang bagus.

checklist.id


Tips Memilih Minyak Goreng yang Bagus

Minyak goreng juga ada macam-macamnya lho, ada yang terbuat dari kelapa sawit, ada pula dari minyak sayur. Ada yang cocok untuk dipakai menggoreng fried chicken sampai kriuk, ada pula yang cocoknya dipakai menumis sayuran. Lalu bagaimana tips memilih minyak goreng yang bagus? Berikut bahasannya:

1. Perhatikan warnanya

Warna minyak goreng yang bagus itu berwarna kuning jernih keemasan. Maka pilihlah minyak goreng yang warnamya cerah, jangan yang warnanya sudah keruh. 

Saya pernah dengar rumpian ibu warung, katanya minyak goreng yang sudah berubah warna dikasih zat kimia tertentu eh bisa jernih lagi trus dijual lagi deh jadi minyak goreng curah. Hmm, benar tidak ya... makanya ikuti informasi dari web situs yang terpercaya artikelnya.

2. Perhatikan aromanya

Pilihlah minyak goreng yang memiliki aroma khas, tidak berbau tengik, jadi dari aromanya kita bisa menentukan minyak goreng tersebut bagus atau tidak. Minyak goreng berbau apek sudah pasti sudah rusak.

3. Perhatikan bahan dasar yang digunakan

Minyak goreng berbahan dasar kelapa sawit biasa disebut minyak sayur. Ada juga minyak goreng yang terbuat dari minyak jagung. Minyak sayur lebih ekonomis dan mudah didapat di mana saja. 

Minyak jagung tidak dianjurkan digunakan untuk menggoreng makanan yang membutuhkan minyak secara banyak, tetapi layak dipakai untuk menumis. Tetapi perlu diingat bahwa minyak jagung ini mengandung lemak tak jenuh yang lebih menyehatkan bila dikonsumsi.

4. Cari tahu kandungan lemak pada kemasan luar minyak goreng

Minyak goreng mengandung lemah jenuh, lemak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda.  lemak. Sebaiknya mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dengan asupan kalori yang baik. 

Hal ini berguna agar kita yang mengonsumsinya terhindar dari kenaikan berat badan yang menimbulkan kondisi tidak sehat. Maka bacalah informasi yang tercantum pada kemasan luar minyak goreng.

5. Sesuaikan dengan kebutuhan

Kamu harus tahu juga mana minyak goreng yang tepat jika digunakan untuk menggoreng dan mana minyak goreng yang pas dipakai untuk menumis. Minyak berstruktur encer seperti minyak jagung pas untuk menumis, sedangkan minyak yang berstruktur kental cocok untuk deep fryed.

6. Pilihan minyak goreng yang bagus

Apa sajanya nih merk minyak goreng yang recommended untuk diinfokan di sini? Ini nih, Teman-teman... 

Ada minyak goreng Bimoli, minyak goreng Filma, minyak goreng Tropical, minyak goreng Rose Brand, minyak goreng Sania, minyak goreng Sunco, minyak goreng Sunco, minyak goreng curah, minyak goreng Sovia, minyak goreng Resto. 

Nah, silakan dipilih ya minyak goreng dengan kualitas bagus di atas. 

Kesimpulan

Demikian tips memilih minyak goreng yang bagus, yaitu perhatikan warnanya, perhatikan aromanya, dan perhatikan bahan dasar yang digunakan, apakah minyak dari kelapa sawit ataukah minyak jagung.

Buat teman-teman yang suka masak dengan minyak goreng dan gemes dengan kelangkaan minyak, pastinya membutuhkan informasi tentang pembelian minyak goreng yang bagus dan terjangkau, silakan kepoin web situs ceklist.id ya. Dijamin nggak akan bakal kecewa deh.

Salam,
merek minyak goreng








2 komentar untuk "Tips Memilih Minyak Goreng Yang Bagus"

  1. Minyak goreng di sekitar saya masih banyak yang mahal dan nggak seberlimpah dulu. Kalau pun ada, mereknya lebih variatif, beda dengan merek kebanyakan yang saya kenal dulu. Sekarang banyak bermunculan merek minyak goreng sawit.. Makasih infonya, Mbak, membantu sekali... (Vita/ mamanesia.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya ke blog saya Mba Vita,, betul sekali,, migor kok bs jadi langka begini ya, lebih baik kepoin info terpercayanya deh hehe

      Hapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.