Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Mobil Bekas

Sampai sekarang ini masih ada banyak lho orang yang membeli mobil bekas, karena dinilai lebih murah atau juga memiliki kesan tertentu. Asuransi mobil seperti Garda Oto memang sangat diperlukan saat membeli mobil bekas, agar supaya tingkat keamanan tetap tinggi.

Pembelian mobil bekas jelas beresiko, akan tetapi memang biasanya permasalahan harga dan selera itu lebih diutamakan.

Ada banyak sekali risiko dari membeli mobil bekas, mulai dari kondisi mesin yang kurang baik, perawatan mobil, dan banyak lagi. Dan semua itu sudah pasti akan sangat berpengaruh pada keamanan pada saat berkendara, oleh karena itulah perlu ada tips khusus. 

garda oto


Tips Membeli Mobil Bekas

Kali ini kami akan bagikan beberapa tips khusus untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas agar tidak menyesal di kemudian hari.

1. Mengecek Dokumen Secara Lengkap

Tips yang paling pertama itu adalah mengecek dulu dokumen, ini mungkin adalah hal yang memang paling penting sekali. Karena setiap kendaraan itu pasti memiliki dokumen, dokumen ini yang akan menentukan apakah mobil tersebut legal atau tidak di Indonesia. 

Dokumen yang harus ada itu mulai dari BPKB sampai STNK kendaraan mobil tersebut, ini adalah hal yang penting sekali. Dokumen ini juga sangat dibutuhkan biasanya untuk pengurusan balik nama atau juga mungkin mendaftarkan ke asuransi. 

Sebaiknya Anda mencari yang dokumennya itu lengkap dan tidak ada keterlambatan pembayaran pajak, supaya Anda tidak keluar uang lebih banyak lagi. Pastikan ada dokumen yang legal dan tidak bermasalah supaya Anda bisa daftarkan ke asuransi seperti Garda Oto.

2. Cari Tahun yang Tidak Terlalu Lama

Tips yang kedua adalah jangan mencari mobil bekas yang tahunnya terlalu lama, karena memang resikonya sudah pasti lebih tinggi. Untuk yang tidak tahu, semakin lama tahun mobil maka akan semakin tinggi juga risiko terjadinya kerusakan dan lain sebagainya. 

Bahkan asuransi pun biasanya membatasi kendaraan yang bisa diberikan asuransi atau yang bisa dijamin oleh asuransi. Oleh karena itu membeli mobil bekas mungkin menguntungkan, akan tetapi persoalan risiko jelas akan jauh lebih besar. 

alah satu risiko adalah part dari mobil yang mungkin sudah sulit untuk ditemukan, ini jelas harus menjadi pertimbangan yang penting. Dan mungkin Anda akan bisa mengeluarkan biaya lebih besar untuk perawatan mobil yang Anda beli bekas ini.

3. Mengecek Kondisi Mesin dengan Membawa Montir


Tips yang ketiga adalah mengecek kondisi mesin, ini mungkin bagian yang paling penting saat Anda membeli mobil bekas. 

Apakah kondisi mesinnya itu masih bagus, apakah ada kebocoran atau tidak, apakah semua fungsi mesin masih normal atau tidak dan lain sebagainya. Kondisi mesin harus cukup diperhatikan, sehingga Anda akan bisa mendaftarkan mobil ke asuransi Garda Oto.

Untuk Anda yang mungkin tidak begitu memahami soal mesin, maka perlu adanya bantuan dari montir atau teman Anda. Montir itu sudah pasti akan lebih memahami soal mesin dan juga bagaimana kondisi mesin dari sebuah mobil. Jadi tidak ada salahnya Anda bawa atau mengajak montir saat mengecek kondisi mobil itu seperti apa.

4. Membeli Mobil Bekas ke Teman

Tips yang keempat adalah membeli mobil ke teman, terutama teman dekat yang Anda sudah kenal baik dalam kepemilikan mobil. Kalau Anda beli ke teman tentunya Anda akan tahu bagaimana teman Anda merawat mobil dan juga bagaimana cara mereka membawa mobil. 

Karena itulah tentunya risiko yang mungkin harus dihadapi itu mungkin akan lebih kecil daripada membeli dari entah siapa.

5. Membeli Melalui Penjual Terpercaya

Tips yang kelima adalah membeli melalui penjual yang terpercaya, ini juga mungkin menjadi cara agar supaya Anda lebih aman. Kondisi mobil bekas itu bisa beragam, namun bila di penjual terpercaya kemungkinan besar kondisi mobil itu masih cukup baik. 

Bila pun ada kerusakan, biasanya mereka akan jujur soal kerusakan dan akan memasang harga yang wajar sesuai kerusakannya.

Kredibilitas dari penjual itu penting dilakukan, terlebih lagi ketika Anda melakukan pembelian mobil bekas secara online. Bahkan sekarang pun sudah ada aplikasi khusus yang bisa membantu pembelian mobil bekas, dan menurut kami Anda harus cari yang terpercaya. 

Sehingga akan ada rasa aman dan nyaman saat membeli sama seperti saat Anda memilih asuransi Garda Oto.

6. Langsung Beli Asuransi untuk Mobil Tersebut

Tips yang keenam adalah langsung mendaftarkan asuransi mobil tersebut, agar supaya bisa lebih tenang dan juga aman. Dalam asuransi itu ada penanggungan kerusakan, kecelakaan, atau juga biaya servis yang mungkin bisa ditanggung sesuai kebijakan dari perusahaan asuransi. 

Jadi saat membeli mobil memang sebenarnya akan lebih tenang dan aman kalau Anda langsung beli asuransi.

Salah satu asuransi mobil pilihan yang terbaik itu adalah Garda Oto.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Mobil Bekas"