Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Mobil Bekas

Sampai sekarang ini masih ada banyak lho orang yang membeli mobil bekas, karena dinilai lebih murah atau juga memiliki kesan tertentu. Asuransi mobil seperti Garda Oto memang sangat diperlukan saat membeli mobil bekas, agar supaya tingkat keamanan tetap tinggi.

Pembelian mobil bekas jelas beresiko, akan tetapi memang biasanya permasalahan harga dan selera itu lebih diutamakan.

Ada banyak sekali risiko dari membeli mobil bekas, mulai dari kondisi mesin yang kurang baik, perawatan mobil, dan banyak lagi. Dan semua itu sudah pasti akan sangat berpengaruh pada keamanan pada saat berkendara, oleh karena itulah perlu ada tips khusus. 

garda oto


Tips Membeli Mobil Bekas

Kali ini kami akan bagikan beberapa tips khusus untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas agar tidak menyesal di kemudian hari.

1. Mengecek Dokumen Secara Lengkap

Tips yang paling pertama itu adalah mengecek dulu dokumen, ini mungkin adalah hal yang memang paling penting sekali. Karena setiap kendaraan itu pasti memiliki dokumen, dokumen ini yang akan menentukan apakah mobil tersebut legal atau tidak di Indonesia. 

Dokumen yang harus ada itu mulai dari BPKB sampai STNK kendaraan mobil tersebut, ini adalah hal yang penting sekali. Dokumen ini juga sangat dibutuhkan biasanya untuk pengurusan balik nama atau juga mungkin mendaftarkan ke asuransi. 

Sebaiknya Anda mencari yang dokumennya itu lengkap dan tidak ada keterlambatan pembayaran pajak, supaya Anda tidak keluar uang lebih banyak lagi. Pastikan ada dokumen yang legal dan tidak bermasalah supaya Anda bisa daftarkan ke asuransi seperti Garda Oto.

2. Cari Tahun yang Tidak Terlalu Lama

Tips yang kedua adalah jangan mencari mobil bekas yang tahunnya terlalu lama, karena memang resikonya sudah pasti lebih tinggi. Untuk yang tidak tahu, semakin lama tahun mobil maka akan semakin tinggi juga risiko terjadinya kerusakan dan lain sebagainya. 

Bahkan asuransi pun biasanya membatasi kendaraan yang bisa diberikan asuransi atau yang bisa dijamin oleh asuransi. Oleh karena itu membeli mobil bekas mungkin menguntungkan, akan tetapi persoalan risiko jelas akan jauh lebih besar. 

alah satu risiko adalah part dari mobil yang mungkin sudah sulit untuk ditemukan, ini jelas harus menjadi pertimbangan yang penting. Dan mungkin Anda akan bisa mengeluarkan biaya lebih besar untuk perawatan mobil yang Anda beli bekas ini.

3. Mengecek Kondisi Mesin dengan Membawa Montir


Tips yang ketiga adalah mengecek kondisi mesin, ini mungkin bagian yang paling penting saat Anda membeli mobil bekas. 

Apakah kondisi mesinnya itu masih bagus, apakah ada kebocoran atau tidak, apakah semua fungsi mesin masih normal atau tidak dan lain sebagainya. Kondisi mesin harus cukup diperhatikan, sehingga Anda akan bisa mendaftarkan mobil ke asuransi Garda Oto.

Untuk Anda yang mungkin tidak begitu memahami soal mesin, maka perlu adanya bantuan dari montir atau teman Anda. Montir itu sudah pasti akan lebih memahami soal mesin dan juga bagaimana kondisi mesin dari sebuah mobil. Jadi tidak ada salahnya Anda bawa atau mengajak montir saat mengecek kondisi mobil itu seperti apa.

4. Membeli Mobil Bekas ke Teman

Tips yang keempat adalah membeli mobil ke teman, terutama teman dekat yang Anda sudah kenal baik dalam kepemilikan mobil. Kalau Anda beli ke teman tentunya Anda akan tahu bagaimana teman Anda merawat mobil dan juga bagaimana cara mereka membawa mobil. 

Karena itulah tentunya risiko yang mungkin harus dihadapi itu mungkin akan lebih kecil daripada membeli dari entah siapa.

5. Membeli Melalui Penjual Terpercaya

Tips yang kelima adalah membeli melalui penjual yang terpercaya, ini juga mungkin menjadi cara agar supaya Anda lebih aman. Kondisi mobil bekas itu bisa beragam, namun bila di penjual terpercaya kemungkinan besar kondisi mobil itu masih cukup baik. 

Bila pun ada kerusakan, biasanya mereka akan jujur soal kerusakan dan akan memasang harga yang wajar sesuai kerusakannya.

Kredibilitas dari penjual itu penting dilakukan, terlebih lagi ketika Anda melakukan pembelian mobil bekas secara online. Bahkan sekarang pun sudah ada aplikasi khusus yang bisa membantu pembelian mobil bekas, dan menurut kami Anda harus cari yang terpercaya. 

Sehingga akan ada rasa aman dan nyaman saat membeli sama seperti saat Anda memilih asuransi Garda Oto.

6. Langsung Beli Asuransi untuk Mobil Tersebut

Tips yang keenam adalah langsung mendaftarkan asuransi mobil tersebut, agar supaya bisa lebih tenang dan juga aman. Dalam asuransi itu ada penanggungan kerusakan, kecelakaan, atau juga biaya servis yang mungkin bisa ditanggung sesuai kebijakan dari perusahaan asuransi. 

Jadi saat membeli mobil memang sebenarnya akan lebih tenang dan aman kalau Anda langsung beli asuransi.

Salah satu asuransi mobil pilihan yang terbaik itu adalah Garda Oto.

9 komentar untuk "Tips Membeli Mobil Bekas"

  1. Beli mobil bekas harus tahu seluk-beluk tentang mesin saya pikir itu emang perlu
    Seandainya kita tidak tahu, betul tinggal bawa saja montir terpercaya ya. Dan yang pasti belinya di tempat terpercaya seperti Garda Oto yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya

    BalasHapus
  2. Beli mobil bekas memang selain surat suratnya harus lengkap, juga kita bawa orang yang mengerti kondisi mobil ya kak. Jangan sampe zonk. Apalagi ketika sudah kita bawa baru ketauan deh penyakitnya. Seremmm

    BalasHapus
  3. Kami malah punya pengalaman buruk pas beli mobil bekas ke temen.
    Kondisi mesinnya sangat tidak baik. Dikit-dikit mogok.
    Waktu kita komplain ke temen, dia gak mau tau...
    Jadi rada kapok dan hubungan pertemanan jadi canggung

    BalasHapus
  4. Mba Mia, tadi saya udah komen tapi kayak-kayaknya bakalan jadi anonim de komennya.
    Saya ulang lagi de komennya, kalo yang itu emang anonim, sila dihapus ya..

    Tadi saya nulis, kalau saya punya pengalaman buruk beli mobil bekas dari teman.
    (yaa mungkin tergantung pribadi temannya juga ya) dan itu bikin saya kapok beli mobil bekas dari teman.
    Mobil yang kami beli itu mesinnya error bin amburadul. Awal diperiksa ndakpapa, begitu dibawa pulang ke rumah, besoknya mulai lah mobilnya THH.
    Pas kita komplain ke si temen, dia ndakmau tau...
    hiks..
    Hubungan pertemanan pun jadi canggung.
    Kapok juga beli dari temen

    BalasHapus
  5. Iya ya penting banget asuransi buat mobil, baik itu mobil baru maupun mobil bekas. Prinsip sedia payung sebelum hujan, ya Mbak Mia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget! kan sayang kalo udah ngeluarin uang yang ga sedikit meskipun mobil bekas, tapi tetap harus banyak biaya embel-embel lainnya

      Hapus
  6. Belakangan ini rasanya banyak orang yang cenderung memilih untuk membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru sebab harganya bisa "masuk kantong" pun jika ingin dibayar secara cash, nggak terlalu memberatkan. Tapi ternyata beli mobil bekas juga butuh banyak pertimbangan lainnya, termasuk tempat membelinya yang terpercaya juga kondisi kendaraannya. Iya sih, penting memang segera mendaftarkannya ke asuransi walau beli kendaraan tangan kedua.

    BalasHapus
  7. Membeli mobil bekas menurut saya sih sah-sah saja, asal harus benar-benar tahu bagaimana riwayat sebelumnya ya mbak. Jadi ketika ada kerusakan kita tidak kaget

    BalasHapus
  8. Soal asuransi kendaraan ini keknyaa keluargaku jg perlu diedukasi nih. Soalnyaa ngga hanyaa buat beli mobil baru aja, tp mobil second juga butuh asuransi yaa mbaa

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.