Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Obligasi Pemerintah Seri SR & ORI, Simak Di Sini!

Investasi dalam bentuk Obligasi Pemerintah bisa Anda coba untuk menyimpan dana atau aset dan membuatnya berkembang, contohnya adalah Obligasi SR dan ORI. Keduanya adalah produk surat berharga dari pemerintah Republik Indonesia yang diterbitkan melalui Kementerian Keuangan. 

obligasi pemerintah

Tujuan jenis Obligasi ini adalah selain sebagai bentuk investasi, juga merupakan dukungan pembangunan negara melalui APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Apa sajakah perbedaan kedua jenis Obligasi tersebut?

Obligasi Sukuk Ritel dan ORI, Ini Bedanya

Sebelum melakukan investasi pada Surat Berharga Negara (SBN) dalam bentuk Sukuk Ritel atau SR dan ORI atau Obligasi Retail Indonesia, ketahui informasi tentang keduanya. Walaupun sama – sama produk Pemerintah, ada perbedaan besar antara kedua Obligasi Pemerintah tersebut.

1. Konsep Investasi

Dilihat dari konsep investasinya, Sukuk Ritel disertai agunan aset pemerintah, sedangkan ORI tidak. Oleh karena itu, SR memiliki memiliki Underlying Asset atau SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) sebagai bukti kepemilikan investor atas obligasi. Sementara ORI tidak memiliki hal tersebut.

2. Pedoman Investasi

Dalam hal melakukan investasi, Sukuk Ritel berpedoman pada prinsip syariah. Berbeda dengan ORI yang tidak. Jika Anda ingin investasi didukung dengan agunan aset pemerintah yang berpedoman pada prinsip syariah, maka Obligasi Pemerintah SR adalah pilihannya.

Kedua opsi tersebut bisa dipilih berdasar preferensi atau pertimbangan investor yang berbeda – beda. Investor akan menemukan perbedaan antara SR dan ORI yang kebanyakan berkaitan dengan landasan syariah atau tidak.

3. Penggunaan Dana

Investor dapat mendukung program pemerintahan dengan mengambil investasi SR maupun ORI, jika Anda ingin memastikan bagaimana investasi Anda akan berkembang, maka ketahui definisi Obligasi dan perbedaan pemakaian dana antara kedua jenis Obligasi ini.

ORI memiliki kebebasan dalam penggunaan dana karena berupa instrumen konvensional. Sedangkan Sukuk harus memakai ketentuan syariah baik dalam pemilihan jenis industri maupun pengelolaan pendapatannya sesuai dengan ketetapan DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia).

5. Pengawasan

Investor perlu informasi menyeluruh mengenai pendanaan, proses, penggunaan dana dan informasi lain - lainnya. Jika membandingkan antara SR dan ORI maka Anda dapat melihatnya dari segi bimbingan dan pengawasan. Ini yang menjadi pembeda mendasar antara Sukuk Retail dan ORI.

Terdapat pengawasan Dewan Pengawas Syariah yang dinaungi oleh Majelis Ulama Indonesia untuk investasi Sukuk Retail, sementara investasi ORI tidak berada di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia atau pihak ketiga lainnya. 

Ini adalah landasan penting bagi investor yang memiliki pertimbangan dasar agama untuk bisa berinvestasi dengan nyaman. Ini merupakan informasi penting yang akan sangat menentukan pilihan investasi Anda.

6. Keuntungan

Walaupun jumlah keuntungan berbeda-beda, investor perlu mengetahui definisi Obligasi, jenis dan sumbernya untuk mempertimbangkan stabilitas profit tersebut. Dengan ORI, investor akan memperoleh kupon atau bunga serta capital gain. Hal ini terjadi jika Anda berhasil menjualnya di pasar sekunder.

Keuntungan Investasi pada Obligasi Pemerintah jenis SR berupa keuntungannya dari ketidakseimbangan antara uang sewa, margin, hasil bagi hasil, atau kesepakatan awal. Sukuk Retail juga bisa diperjualbelikan di pasar sekunder, hanya penyebutan dan prinsipnya yang berbeda.

Demikianlah perbedaan antara SR atau Sukuk Ritel dengan Obligasi Retail Indonesia atau ORI. Secara teknis, keduanya hampir tidak memiliki perbedaan berarti. Ada konsep dan pedoman yang menjadi pembeda terbesar antara kedua jenis investasi tersebut. 

Anda bisa melakukan investasi sesuai dengan kebutuhan Anda setelah mempertimbangkan perbedaan yang sudah dibahas di atas, antara keduanya.

Investasi Obligasi Pemerintah dalam Bentuk SR atau ORI di DBS Treasures

diterbitkan oleh pemerintah

Investor dapat melakukan investasi ORI atau SR melalui Aplikasi digibank by DBS dengan memanfaatkan berbagai keunggulannya. Dengan perbankan prioritas
DBS Treasures, investasi Obligasi Anda akan lebih mudah dan aman karena:

1. Diterbitkan Oleh Pemerintah

Investor dapat mempercayakan investasi Obligasinya dengan DBS Treasures karena hak dan kewajibannya dilindungi Undang – Undang. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ada hal – hal yang bisa merugikan investasi Anda.

2. Tersedia berbagai pilihan

Bentuk investasi ORI maupun SR bisa disesuaikan dengan pilihan investor. Selain itu ada jangka waktu tertentu yang dapat ditentukan sesuai preferensi begitu juga jenis mata yang akan dipakai. Investor dapat memilih antara uang IDR dan USD.

3. Kupon Reguler

Investor memperoleh kupon yang diterbitkan berkala selama periode investasi yang sudah ditetapkan oleh penerbit Obligasi sebelumnya.

4. Potensi Keuntungan Modal

Anda dapat mendapat keuntungan sesuai masa investasi. Tapi ada kelebihan lainnya yakni Obligasi bisa dijual sebelum masa jatuh tempo. Dengan demikian, investor dapat meraih potensi keuntungan berdasarkan kenaikan harga Obligasi.

5. Kupon kompetitif

Investor bisa mengandalkan DBS Treasures karena kupon yang diberikan memiliki nilai kompetitif bahkan relatif di atas rata-rata deposito berjangka pada umumnya.
Tidak ada biaya tambahan

Nikmati layanan investasi Obligasi yang transparan dengan tanpa adanya tambahan biaya. Investor mendapatkan selisih antara harga jual serta harga beli yang terjadi ketika melakukan (bid dan offer).

6. Transaksi 24/7

Kapan saja investor butuh bantuan, ada layanan 24 jam selama 7 hari yang bisa diakses. Tersedia bermacam – macam produk Obligasi di Aplikasi digibank by DBS.

Kini investor dapat memilih antara melakukan investasi Obligasi Pemerintah dengan SR atau ORI lebih baik dengan mengetahui perbedaan antara keduanya. Pilihan Anda bukan hanya akan menentukan pemilihan terbaik tapi juga ekspektasi dari investasi yang dilakukan. Akan ada biaya dan hal – hal lain sesuai bahasan di atas.

Anda dapat melakukan investasi SR maupun ORI melalui DBS Treasures. Kedua jenis investasi tersebut tersedia di DBS Treasures dan bisa dilakukan melalui aplikasi yang dipasangkan pada ponsel Anda. Jadi, Anda dapat yakin berinvestasi dengan mudah dan cepat bersama DBS Treasures.

Salam, 
Fadlimia obligasi pemerintah-


Posting Komentar untuk "Perbedaan Obligasi Pemerintah Seri SR & ORI, Simak Di Sini!"