Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Usaha Sampingan Menarik Untuk Dilakukan Di Waktu Senggang

Setiap orang yang bekerja pada suatu instansi atau perusahaan pasti akan mendapatkan gaji dari atasannya, tentu saja gajinya pun sesuai dengan jabatan dan pekerjaan yang dimilikinya. 

Beberapa orang mungkin merasa tercukupi untuk kehidupan sehari harinya melalui gaji tersebut, namun terkadang kita juga membutuhkan uang lebih, nah maka dari itu kita bisa melakukan usaha sampingan untuk menambahkan pemasukan bulanan kita.

Akan tetapi usaha apa yang sekiranya cocok untuk dilakukan di waktu senggang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut indozone telah merangkumnya dengan lengkap dari beberapa sumber artikel. Mari simak Bersama dibawah ini

1. Bisnis Makanan


indozone
                                                                   Bisnis Makanan (fooddetik.com)

Seperti yang kita ketahui bisnis makanan memang salah satu ide bisnis yang cukup baik di masyarakat karena mudah dilakukan dan memiliki target pasar yang pasti. Selain itu makanan apapun juga dapat dijadikan sebagai bisnis.

Tetapi sebelum memulai bisnis ini kamu perlu kecerdikan untuk melakukannya, pastikan kualitas makanan yang kamu jual itu yang terbaik agar dapat menarik pelanggan lebih banyak, dan pastikan target pasar yang akan dijadikan sasaran penjualan.

2. Bisnis Franchise


5 ide usaha sampingan
                                                 Bisnis franchise (instagram.com/pusatinfowaralaba)


Saat ini, banyak perusahaan bisnis yang menawarkan franshise untuk masyarakat. Franchise ini umumnya menawarkan bisnis makanan hingga minuman.

Untuk meraih keuntungan yang bisa didapatkan di bidang ini kamu perlu menentukan strategi yang tepat seperti menentukan pangsa pasar yang ingin dituju agar keuntungan bisa didapatkan dengan efektif lewat usaha sampingan ini.

3. Content Creator


usaha sampingan
Konten Kreator sebagai ide usaha sampingan (unsplash.com/@matcfelipe)


Ide usaha selanjutnya yaitu menjadi konten creator, pada saat ini ide usaha ini banyak digemari oleh para kalangan remaja. Konten creator sendiri merupakan usaha

Contoh Konten Kreator adalah influencer yang sering terlihat di media sosial atau Youtuber. Awalnya, mereka membuat konten dengan dasar ketertarikan pada suatu hal, lalu berkembang menjadi besar, dan perlahan konten-konten yang dibuat menghasilkan keuntungan melalui partnership bersama brand.

Untuk menjadi Konten Kreator tak hanya diperlukan kepercayaan diri, melainkan ilmu terhadap content marketing, juga kepiawaian diri dalam membawakan suatu hal yang diminati.

Jika ingin menjadikan hal ini sebagai ide usaha sampingan pastikan konten-konten yang dibuat tidak menyinggung SARA, keluar dari norma, atau melanggar hukum dan menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

4. Usaha Jasa


design graphics
                                          Ilustrasi usaha jasa design graphics (unsplash.com/@convertkit)


Dalam hal ini, jasa yang dijadikan usaha sampingan dapat berbentuk jasa apapun. Namun, jasa yang berhubungan dengan digital saat ini jadi yang paling menguntungkan.

Perlu diketahui, seluruh jasa editing ilustrasi digital tentu membutuhkan skill. Maka itu, jika kamu memiliki skill yang sekiranya dapat dijadikan jasa tertentu, tak ada salahnya dicoba.

5. Affiliate Marketing


ide usaha
Affiliate Marketing sebagai ide usaha sampingan (unsplash.com/@amandavickcreative)

Ide usaha sampingan lainnya adalah menjadi Affiliate Marketing. Cara kerja usaha ini adalah dengan menjadi affiliate marketing pada perusahaan tertentu dan membagikan produk yang mereka jual kepada orang lain dengan cara menyebar link ke orang lain dan itu akan terhubung dengan kode referralmu.

Jadi, jika ada yang meng-klik link tersebut dan membeli produknya, komisi akan didapatkan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Itulah beberapa ide usaha sampingan yang dapat anda coba untuk menambah pemasukan bulanan

9 komentar untuk "5 Ide Usaha Sampingan Menarik Untuk Dilakukan Di Waktu Senggang"

  1. Kecuali afiliate marketing itu semuanya sudah saya coba. Alhamdulillah hasilnya memang bisa membantu perekonomian keluarga. Bisa memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga juga

    BalasHapus
  2. Banyak pilihan bisnis jaman sekarang, memudahkan sekali dibantu dengan jaringan internet yang oke. Pilihan ditangan kita mau mencobanya atau gak. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  3. Mau usaha sampingan bisa coba rekomendasi di atas ya. Terpenting sesuaikan sama kemampuan. Kalau hobi masak, bisa tuh jual masakan. Atau bisa juga coba usaha franchise.

    BalasHapus
  4. Memang enak sekarang ya kak, meskipun menjadi ibu rumah tangga tapi bisa menjalankan banyak bisnis rumahan atau bekerja dari rumah.
    Bahkan usaha yang dijalankan ibu-ibu kadang malah bisa membuat roda ekonomi di rumah berputar..

    BalasHapus
  5. Menjadi konten kreator sepertinya yang masih bisa saya jalani saat ini. Yang lainnya, rada gimanaaaa gitu. Banyak kendala bagi sayah.

    BalasHapus
  6. Blogger masuk juga jadi usaha sampingan ya Mba? Semangat terus cari cuan walau sampingan atau dari rumah

    BalasHapus
  7. 5 ide usaha sampingan ini kalau dikerjakan oleh orang yang benar2 punya passion di situ walaupun sibuk kerja kantoran, dia bisa melakukannya dengan bersungguh2 ... saya sudah lihat nih beberapa di antara mereka.

    BalasHapus
  8. sekarang makin banyak ya usaha sampingan yang menjanjikan kalau kita mau :) keren deh yang udah bisa jalan dua-duanya gini

    BalasHapus

Pesan dimoderasi, terima kasih telah meninggalkan komentar yang santun. Sebab bisa jadi Anda dinilai dari komentar yang Anda ketikkan.